BECHAMEL Sauce

Bahan:
60gr mentega
1/3 cup tepung terigu
4 1/2 cup susu cair
75gr parmesan cheese, parut halus
1/4 sendok teh garam
nutmeg ground (pala) 1/4 sendok teh
Cara membuat:
Mentega dicairkan di wajan ukuran sedang, setelah cair masukkan tepung, diaduk sampai rata, sekitar 1-2 menit sampai bubble (apa ya, berbusa ..), angkat wajan dari api, masukkan susu, campur – aduk merata sampai tercampur semua. Kembalikan wajan ke atas api, biarkan 1-2 menit, aduk sekitar 10-ment sampai mendidih, dan mengental. Angkkat wajan dari api. Masukkan garam, parmesan dan bubuk pala, aduk rata.

Saus siap dicampurkan dengan spaghetti/ fetuccini yang sudah direbus al dente terpisah. Jangan lupa setelah matang, siram spaghetti/fetuccini dengan air dingin untuk menghentikan proses pematangan, subaya tidak terlalu matang.

Untuk memasak saus ini paling baik jika menggunakan sendok/solet/spatula kayu…jangan tanya saya ya, apa alasan ilmiahnya, pengalaman membuktikan kalo pakai sendok kayu hasil sausnya lebih smooth…saya juga nggak tahu pasti kenapa, harusnya memang tanya ke kayu-nya 🙂

Saus ini bisa dipakai untuk Lasagna juga.

Kayaknya kemarin ada yang nanya juga, resep Lasagna (mbak Niken bukan ya?)…

Cara termudah bikin lasagna buat yang malas bikin pasta-nya, sekarang di supermarket sudah banyak lasagna lembaran…
saya biasa bikin dengan lapisan 2 macam saus, saus putih ( bechamel) dengan resep seperti diatas dan saus merah ( bolognaise) biasa. Tinggal diselang seling sausnya saat mengatur di loyang. Yang penting paling bawah lapisan lasagna sheet dulu, baru saus nya (boleh merah dulu atau putih dulu, terserah…
Selain itu, saat melapisi lasagna sheet dengan saus, seluruh permukaan sheet harus tertutup saus, lebih tebal lebih baik, karena jika tertutup tidak merata maka lasagna sheet akan kering saat dipanggang, walhasil bisa bantat saat matang.
Juga paling atas, tutupi dengan mozarella seluruhnya, jangan sampai ada yang terbuka sedikitpun, karena mozarella ini membantu mematangkan lasagna sheet tsb.

This entry was posted in Recipes. Bookmark the permalink.