Kemudahan Baru bagi Warga Negara Indonesia

Pembuatan Pasport Online
Apabila Anda akan membuat pasport, sekarang terdapat fasilitas yang memudahkan Anda dan menghemat waktu Anda.
1. Buka website http://www.imigrasi.go.id , pilih layanan publik, kemudian pilih layanan online dan kemudian pilih Pra Permohonan
2. Siapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan seperti KTP, KK, Ijasah/Akte Kelahiran, Surat Keterangan Bekerja dari Perusahaan, dan lain-lain dalam bentuk jpg. Anda dapan menscan dokumen Anda dan mengecilkan kapasitas file Anda, karena maksimal pengiriman dokumen adalah 100KB.
3. Isi semua form yang ada, dan upload dokumen-dokumen pendukung. Anda akan memperoleh Nomor Registrasi.
4. Setelah 2 atau 3 hari, Anda dapat mendatangi kantor imigrasi dengan membawa semua dokumen pendukung yang asli, berikut nomor registrasi.
5. Pada saat di kantor imigrasi, kita akan menginformasikan kepada petugas bahwa kita telah mendaftar secara online. Apabila layanan tidak banyak, Anda akan diminta untuk membayar resi dan mengantri untuk diambil foto Anda secara langsung.
6. Setelah 3-5 hari, Anda dapat mendatangi kembali kantor imigrasi untuk pengambilan pasport Anda. Jika yang mengambil bukan Anda, tetapi orang lain, jangan lupa berikan surat kuasa kepada orang tersebut.

Total pengurusan pasport adalah 1 hari, dengan biaya 270.000rp.
Pembuatan Pasport Online ini selain menguntungkan bagi kita, juga menguntungkan bagi petugas imigrasi karena mereka tidak perlu meng-entry data.

Biaya Fiskal Gratis
Biaya fiskal adalah biaya yang harus dibayar oleh semua warga negera Indonesia pada saat akan ke luar negari baik melalui udara maupun laut. Besarnya biaya fiskal tergantung pada port dimana mereka akan meninggalkan Indonesia untuk pergi ke luar negeri. Umumnya melalui laut akan lebih murah dibanding melalui udara. Biaya fiskal untuk satu orangnya adalah 2,5 juta rp.

Namun demikian, terdapat beberapa pengecualian bagi warga negara Indonesia untuk tidak membayar biaya fiskal. Pertama adalah warga negara Indonesia yang kerja di luar Indonesia dan memiliki stempel dari kedutaan tempa dia bekerja. Mereka cukup menunjukkan stempel pada pasport mereka pada saa check-in di port-port.
Kedua, adalah warga negara Indonesia yang memiliki kartu pajak. Mereka perlu membawa fotokopi kartu pajak, fotokopi KTP, fotokopi KK, dokumen asli dan tiket. Umumnya dengan membawa fotokopi KTP, fotokopi Kartu Pajak, dokumen asli dan tiket itu sudah cukup. Tapi tidak ada salahnya, Anda berjaga-jaga dengan membawa KK.

This entry was posted in Good to Know and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Notify me of followup comments via e-mail. You can also subscribe without commenting.