Langkah-langkah untuk mengajukan visa tunangan/fiance visa/K1 visa Amerika Serikat

Untuk mengajukan visa tunangan, Anda (pasangan Anda) haruslah seorang warga negara US. Sebagai warga negara US, Anda akan memulai untuk mengajukan berkas I-129F, petisi untuk visa tunangan. Sebagai bagian dari proses petisi awal, Anda akan diminta untuk menunjukkan bahwa Anda secara pribadi telah bertemu dengan calon tunangan Anda dalam 2 tahun terakhir. Bukti ini harus ada. Jika tunangan Anda mempunyai anak berusia di bawah 21 tahun, mereka dapat pindah ke US juga. Cantumkan semua anak di bawah usia 21 tahun di petisi I-129F, baik mereka akan pindah atau tidak ke US akhirnya. Ketika petisi ini disetujui, tunangan dapat mengajukan visa K1/K3. Visa K2 untuk anak-anak.

Petisi I-129F dikirim ke USCIS Service Center, dimana saat diterima dan diproses, tanda terima Notice of Action (NOA) Form I-797 (biasa disebut NOA1) dibuat dan dikirim ke petitor awal (warga negara US). NOA1 adalah bukti bahwa Service Center telah menerima petisi Anda. Pada poin ini I-129F diletakkan di kotak surat hingga diproses oleh ajudikator. Waktu yang diperlukan tergantung pada berapa banyak petisi yang ada sebelum petisi Anda dan rata-rata kecepatan ajudikator memprosesnya.

Jika ajudikator membutuhkan bukti tambahan, mereka akan menempatkan petisi pada posisi’tunggu’ sementara mereka membuat dan mengirimkan petitor Request for Evidence (RFE). Petitor akan dikirimkan RFE dengan spesial special cover sheet dimana ketika digunakan akan otomatis langsung ke ruangan Service Center untuk mengabungkan bukti tambahan dengan petisi awal. Dengan demikian I-129F siap diproses kembali. Sekali I-129F diterima atau ditolak, sebuah surat akan dikirimkan ke petitor awal dalam bentuk Notice of Action Form I-797 (biasa disebut NOA2). Untuk petisi I-129F yang disetujui, di NOA2 akan terdapat apa yang harus dilakukan berikutnya, A# (Alien File Number digunakan oleh USCIS), tanggal persetujuan dan detil lainnya. Pada poin ini petisi I-129F dikirim ke National Visa Center (NVC).

Untuk visa K1 tugas NVC adalah untuk memproses, mengecek latar belakang penerima petisi, mengepak I-129F dan mengirimkan ke kedutaan di negara penerima petisi.Kode pengecek internal dibuat dan dikirimkan ke petitor. Pemberitahuan biasanya sampai ke petitor setelah NVC mengirimkan paket ke kedutaan. Proses internal dari menerima sampai mengirim petisi umumnya memakan waktu seminggu di NVC (walau kadang-kadang memakan waktu lebih lama). NVC biasanya menggunakan jasa DHL yang biasanya memakan waktu 3 hari untuk sampai ke kedutaan.

Cara paling mudah untuk men-download form I-129 F adalah melalui internet.

Berikut adalah formulir dan lainnya yang perlu Anda sertakan saat mengajukan I-129F :
1. Pembayaran yang diminta oleh USCIS.
2. Cover letter
3. Form I-129F
4. Deklarasi yang menyatakan bagaimana Anda bertemu secara pribadi dengan pasangan dalam 2 tahun terakhir.
5. Pernyataan asli (dari kedua belah pihak) yang menyatakan keinginan mereka untuk menikah dalam waktu 90 hari setelah memasuki US dengan visa K1
6. Bukti telah bertemu secara pribadi dalam waktu 2 tahun terakhir
7. G-325A diajukan oleh petitor, ditandatangani dan diberi tanggal
8. Satu buah photo ukuran passport dari petitor. Tulis nama lengkap dari petitor di bagian belakang. Masukkan ke kantung plastik bening dan ditandai dengan nama lengkap ‘petitor’. Lekatkan kantung plastik ke kertas dibelakang G-325A
9. G-325A diajukan oleh tunangan petitor, ditandatangani dan diberi tanggal
10. Satu buah photo ukuran passport dari tunangan petitor. Tulis nama lengkap dari tunangan petitor di bagian belakang. Masukkan ke kantung plastik bening dan ditandai dengan nama lengkap ‘tunangan petitor’. Lekatkan kantung plastik ke kertas dibelakang G-325A
11. Foto kopi dari akte kelahiran dari petitor (bagian depan dan bagian belakang) atau semua halaman passport US petitor yang dikeluarkan dan berlaku paling sedikit 5 tahun terakhir atau foto kopi sertifikat naturalisasi warga negara US (bagian depan dan bagian belakang). Ini untuk membuktikan kewarganegaraan US.
12. Foto kopi dari akte perceraian untuk petitor atau tunangan petitor jika salah satu atau keduanya pernah menikah sebelumnya. Jika pernikahan dari salah satu atau keduanya diakhiri dengan kematian, sertakan foto kopi akte kematian yang bersangkutan.
13. Bukti sah perubahan nama dari salah satu atau keduanya jika ada dokumen lain yang berbeda nama. Anda harus memberikan USCIS foto kopi dari dokumen sah yang membuktikan pergantian, seperti akte pernikahan, adoptsi atau surat pengadilan.

This entry was posted in Seputar Visa and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

130 Responses to Langkah-langkah untuk mengajukan visa tunangan/fiance visa/K1 visa Amerika Serikat

  1. sezy says:

    Kalo mengajukan petisi waktunya sudah lewat tapi visa belum proses maka kmu harus apply kembali…bayar kembali..yg apply si suami…
    Police record bisa didapat di mabes polri , INGAT police record atau SKCK international hanya berlaku 9bulan..artinya meskipun udh urus kalo udah lebih 9bulan ya bikin lagi…
    Lama visa K1 atau K3 tergantung dari bukti2 yg kalian ajukan untuk apply..dan ingat yg mengajukan banyak tidak cuma satu dua orang sehingga harus sabar menunggu… Tercepat 3bulan…terlama ada yg 1tahun setengah…
    Untuk nama yg belum sama antara paspor, KTP or ijazah..samakan dulu…karna akan bermasalah…
    Setelah visa K1 dapat segeralah berangkat dan menikah disana kmudian Adjust it..

  2. sezy says:

    Deby… Kalo udah diperiksa USCIS semua data dikirim ke NVC…national visa centre… Merekalah yang mengecek keaslian support documentmu.. Kmu menunggu dulu…

  3. Rina says:

    Hiii mba uly,

    Salam kenal kebetulan aku juga sama ky mba uly akta lahir tidak ada marga sedangkan dipasport ada..itu gimana ya? Aku sm pasanganku baru mau mulai urus2 bulan juli 2014 ini. Terima Kasih..

  4. irna manurung says:

    hallo, saya mau ajukan visa tunangan, tapi hubungan kami sudah berjalan setahun lebih,apakah kami bisa ajukan visa tunangan? Pcara saya warga negara USA bekerja di hospital dan singel…

  5. Yuliana says:

    Dear Melissa and all here,

    Terima kasih banyak atas adanya blok ini, dimana saya dan yang lain bisa mendapatkan informasi dan bertanya kepada teman2 mengenai visa K1.

    Melissa atau teman2, saya ada pertanyaan dan boleh dengan pengalaman kalian pertanyaan saya dapat diberikan masukan.

    Pengajuan petisi untuk visa K1 sudah disetujui di USA oleh pasangan saya September 2014 ini. Dan pasangan saya sudah memberitahukan hal ini. Tetapi saya bingung apa yang harus dilakukan? Apakah saya harus menungggu informasi dari USA Embassy Jakarta, untuk saya selanjutnya mengisi form DS-160, medical check up, dll atau saya mengisi form DS-160, medical check up dll dan mengajukan jadwal interview ke USA Embassy Jakarta setelah saya melakukan step2 tersebut.

    Untuk ukuran photograph, masih seperti dulu 5 x 5 and backgroundnya putih?

    Saya sudah minta pasangan saya untuk mengirimkan semua copi document yang telah dia ajukan untuk petisi K1 yang telah disetujui.

    Aku tunggu masukannya Mel and teman2.

    Note : aku akan stay di BOSTON bila disetujui nanti dan menikah di Vegas karena orangtuanya stay di Vegas. Jadi bila ada teman2 yang stay di kota2 tersebut kita bisa jadi sahabat dan keluarga.

    Salam,Yuli

  6. Desy says:

    Hello Melisa,
    Pastinya blog ini membantu untuk teman Indonesia yang lagi urus K-1 visa..
    additional comment, untuk point 6:
    “….6. Bukti telah bertemu secara pribadi dalam waktu 2 tahun terakhir”
    kayaknya tergantung say… bisa juga kalo kurang dari 1 thn.. asalkan banyak pics berdua dan pics ama keluarga(ini paling utama).. plus text messaging and emails ..phone calls..etc…

    trs untuk comment kamu ke salah satu commentor “Mending ditunda dulu aja nikahnya sampe udah dapet fiance visa, baru nikah, atau nikah dulu, baru apply spouse visa.” –> so true say! aku bantuin 2 teman dari Bandung untuk proses Spouse Visa (in 2010 and 2011).. omg! it is complicated.. and takes over a year …. :-(

    In addition, good luck for those of you who are trying to come to the US. :-)

    Anyway, thanks for an awesome posting, Melisa and have a great day!

  7. Ika says:

    Salam kenal,
    Saya sedang mengajukan fiance visa. Lg bingung nih mba, untuk mengurus SKCK apakah bisa lgsg ke mabes polri ataukah harus ada pengantar rt/rw/keluarahan dsb?
    Thanks ya

  8. irna manurung says:

    hello,saya mau mengajukan visa tunangan, tapi hubungan saya dengan tunangan saya sudah 1tahun, jika saya mengajukan visa tunangan itu tidak masalah karena hubungan saya baru 1tahun? bagaimana dengan surat kesehatan, saya masih binggung. bisa minta penjelasan. makasih

  9. Lidya says:

    Hai sis, apakah ada yang sedang menunggu proses untuk konfirmasi dr embassy usa di jkt untuk visa k1 pdahal saya udah mndapatkan no case yg JAK…..? Saya sdah 2bln, ttpi blm2 dpt info untuk kpan bs medical dan interview

  10. Yuliana says:

    Hi Mel,

    Aku sudah dapat email dari US Embassy di Jakarta. Tinggal minta schedule buat medical di sos dan interview di Kedutaan.

    Kak Irna, silakan ajukan saja. Yang penting sudah ketemuan dan ada komunikasi seperti yang diinfokan oleh Kak Desy diatas. Tidak masalah kan petisinya yang ajukan pasangan kamu, jadi semuanya diurus dia di US. Kamu tinggal tunggu info sudah di approve nah kemudian dapat email dari kedutaan baru deh kita proses untuk kita di Jakarta/Indonesia.

  11. irna manurung says:

    Hello,yuliana….
    Saya hanya binggung dengan Surat kesehatan, iyaa semua dokumen Sudah diurus, Dan saya harus kirim photo seperti passport yeah. ITU bagaimana? Dan says perna mengajukan visa touris 2x Dan gagal Karna alasanya ,hubungan aku tidak terlalu kuat, ITU gimana? Bisa balas keemail saya, irnahoney@ymail.com

  12. Marle Nopardi says:

    Hallo mba Yuli….
    Aku juga lagi sama bingungnya. Visa udah di approve di Us, sekarang nunggu kiriman dokumen dari tunanganku. Dan bingung apa yang harus dilakukan selanjutnya. Oh ya aku juga nanti di Boston, mba. Tepatnya di Massachusetts. Mba kapan jadwal interview nya?

    Regards
    Marle

  13. Marle says:

    Mba Yuliana aku minggu ini dapat kiriman dokumen dari tunanganku. Nantinya kami tinggal di Boston. Boleh tau emailnya? Tks

  14. irna manurung says:

    hello, pacar saya sudah mendapatkan email dari USCIS Acceptance Confirmation. Nah…..kalau masalah medical checkup itu bagaimana? saya sudah perna suntk vaksin, ditahun 1997-an,apakah vaksin itu ditentukan oleh dubes yang di Indonesia?
    butuh info
    makasih

  15. irna manurung says:

    Hello…. semuanya, saya ingin tanya, saat ini saya mengajukan visa tunangan, dan saya sudah mendapat pemberitahuan dari USCIS berisikan On December 4, 2014, we approved your Form I-129F, Petition for Fiance(E). Setalah ini apa yang saya lakukan sebagai non USA, sayamasih binggung masalah medical checkup. dan dokumen apa saja yang saja ajukan untuk ke jakarta. Tolong infonya.
    makasih :’)
    Email : irnahoney@ymail.com

    Have a nice day

  16. Yuliana says:

    Hi Marley,

    Visa suka approve. Ini alamat emailku yulianasinaga@yahoo.com
    Aku tinggal di Boston Massachussets. Berarti kita bisa ketemuan.
    Kirim email ke aku kapan kamu interview dan berangkat ke Boston?

    Irna,
    Dikau sudah dapat visa nya? email aku diatas.

    Salam,
    Yuli

  17. Ririn says:

    Hai,
    Salam kenal saya juga sedang proses Visa Fiancee, nantinya tinggal di Plano, Texas.
    Bagi teman2 yang ingin tau secara lengkap simak di blok ini http://momentku.bitfreedom.com/langkah-langkah-untuk-mengajukan-visa-tunanganfiance-visak1-visa#comments
    Ada tahap 1, 2 dan terakhir pengurusan green card.
    Salam kenal, Ririn.

  18. irna manurung says:

    Hello Karen yuliana, aku lagi nungguin email Dari embassy Jakarta ka, tapi semua Sudah READY ,email aku kenapa gak dijawab???? Kapan ke USA???

  19. irna manurung says:

    my visa was approved

  20. Novi says:

    Hallo semua, saya mau tny seputar pengisian DS 160 dong. disitu ada field yg bagian passport dan ada kolom “passport book number” nah kira2 ada teman2 yg tau ga passport umum punya passpor book number ato ga, kalo ada kira2 di bagian mana ya? saya udah tahap mau schedule buat interview visa aja cuma stuck di DS 160. haha

    Makasi banyak atas bantuannya
    Salam

  21. Mely says:

    Hi Mbak Irma, selamat ya.
    Salam kenal, saya Mely, saya menikah dengar WN USA, sponsorship dari suami dah diapproved oleh USCIS dah dalam process di NVC. Jika berkenan boleh saya minta sharing pengalaman?
    1. Apa saja yang kita hadapin saat wawancara, pertanyaannya apa saja?
    2. Berapa lama pengalaman mbak dari konfirmasi dari NVC sampai interviewnya?
    3. Apakah setelah dapat visa tsb, jalan kita masuk ke US dah mulus atau masih melalui wawancara dengan pihak custom disana?
    Mungkin ada saran dan masukkan buat kita2 yang sedang berharap2 cemas Mbak?

    Sebelumnya, terima kasih banyak.
    Mely-Balige

  22. novi says:

    Hi, visa aku udah di approved tadi. Praise God! Buat yg masih nunggu jgn kuatir usahakan smw dokumen lengkap, interviewer nya ramah banget loh. Sebagai info tambahan per 1 maret kemaren medical check up udah dipindah ke RS Premier Bintaro. Tetap semangat

  23. mawar says:

    Hy..
    Aku ingin mngurus visa tunangan,bgaimna caranya?

  24. lialita says:

    Mau share nih..saya telah mengajukan visa fiance tgl 7 july 2014 lalu. Kemudian calon saya wna amerika. Datang ke indonesia.menemui saya dan bertunangan di indo tgl 10 oct 2014..proses visa kami terus berjalan.dokumen evidence pun sdh lengkap.namu ternyata baru beberapa jari lalu .dapet email yg menganatlan bahwa hub kami belum yerhitung 2 tahun setelah tgl petisi diterima..sekarang saya bingung apa ug harus saya lakukam ??

  25. lialita says:

    Mau share nih..saya telah mengajukan visa fiance tgl 7 july 2014 lalu. Kemudian calon saya wna amerika. Datang ke indonesia.menemui saya dan bertunangan di indo tgl 10 oct 2014..proses visa kami terus berjalan.dokumen evidence pun sdh lengkap.namu ternyata baru beberapa jari lalu .dapet email yg menganatlan bahwa hub kami belum yerhitung 2 tahun setelah tgl petisi diterima..sekarang saya bingung apa ug harus saya lakukan

  26. leiya says:

    dear girls.. aku lagi galau nih, aku bertemu pacarku yang sekarang awal tahun 2015 via online site, kemudian dia datang ke Jakarta bulan April, tak kusangka tak kuduga, dia malah ngebet ngajak menikah, secara yang aku tau kan di US embassy kalo aku baca peraturannya kan harus sudah bertemu dalam waktu dua tahun. Aku udah jelasin ke doi tentang hal ini tapi dia bilang itu relatif. Selain itu, sebelum aku berkenalan dengan pria ini aku pernah ajukan visa turis akhir tahun 2014 dan ditolak. Padahal saat itu murni pengen holiday aja. aku agak sedikit trauma dengan kedubes AS.

    kira2 ada chance ga visa fiancee aku bakalan di approve? ada yang punya pengalaman serupa kah kalau visanya pernah ditolak? lagi butuh pencerahan banget nih masalahnya doi mikirnya aku ga serius padahal aku takut banget kalo apply lagi trus ditolak, karena kan minimal 6 bulan baru bisa apply lagi.

    Terimakasih sebelumnya temen2. Aku butuh banget pencerahan.

  27. Lena lestari says:

    Mba melisa saya mau tanya, kalo seumpama akte cerai tidak ada karena menikah dibawah tangan , itu gimana yah , sebelumnya terima kasih banyak

  28. irna manurung says:

    Lena Lestari : disaat kamu isi data online nanti akan ditanya ,tp kalo tdk ada anak gpp sih

  29. irna manurung says:

    Leiya : tdk masalah dgn brp lm hubungan kamu dgn tunangan kamu,asal kamu bisa tunjukin saat wwncara poto kebersamaan email skype,sms or call. Kalo visa tunangan tdk prn gagal .saya sdh 2x gagal turis tdk masalah dgn apply visa tunangan.

  30. irna manurung says:

    Mawar : kalo apply visa tunangan ,yang ajuin itu us citizen dan krm ke uscis setelah approve dr uscis akan ditransfer ke nvc dan keembassy indonesia, sebagai WNI kita cuma lengkapain persyaratan yang sdh dikasi embassy ,medical chehkcup,dan lengkapin dokumen2 saat mau wwncara. Good luck

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Notify me of followup comments via e-mail. You can also subscribe without commenting.