Lasagna

Untuk membuat lembaran lasagna sendiri,
2 ons terigu Cakra Kembar terus ditambahkan kocokan 1 telur ayam.
Setelah diaduk, tambahkan air sedikit demi sedikit sehingga kalis .
Adonan ini kemudian di giling hingga tebalnya sedikit lebih kecil dari 1 mm. Setelah itu dipotong-potong sehingga berukuran 5 x 10 cm sebanyak 5 lembar.

Untuk isinya:

Tumis irisan 2 siung bawang putih sehingga wangi. Kemudian tambahkan kira-kira 3 ons daging giling dan dipanaskan sehingga matang.

Tambahkan lagi ½ kaleng pasta tomat, 2 sdt garam, 2 sdm bubuk oregano, 1 beef cube, 1 sdm gula pasir, sedikit merica bubuk, dan 200 cc air.

Kemudian dimasak sehingga menjadi kental. Siapkan 5 sdm susu bubuk dan 1 sdt garam dan larutkan dalam 200 cc air. Juga parut ½ kotak keju cheddar dengan parutan yang agak kasar.

Kemudian selembar adonan lasagna dimasukkan ke dalamnya dengan ditarik-tarik terlebih dulu sehingga ukurannya menjadi kurang-lebih sama panjangnya dgn ukuran loyang pirexnya. Diatasnya dituangkan selapis daging giling yang sudah diolah, kemudian ditaburi dengan parutan keju ato boleh ditambah keju parmesan ato salahsatu jg boleh.

Setelah ditutupi lagi dengan lembaran adonan lasagna saya tuangkan larutan susu sehingga menutupi bagian atasnya. Hal ini diulang sehingga seluruh bahan masuk loyang pyrex tadi.

Tinggal kita panggang dengan api besar selama 25 menit, dan setelah itu api dikecilkan dan panggang lagi selama 10 menit.

(Variasi)
yg harus di beli :
1.lembaran lasagna siap pakai
2.susu UHT yg besar (kalo aku pakenya yg plain,bukan yg full cream)
3.daging cincang
4.keju kraft 2 blok (di parut)
5.bawang bombai (di iris2)
6.garem n lada secukupnya
7.bawang putih dirajang (dikit aja)
8.saos tomat delmonte yg besar
9.tepung terigu dikit aja (buat bantu ngentelin doang)

cara bikinnya :
*saos merah :
pertama tumis bawang putih n bawang bombai,masukin daging cincangnya.aduk sampe brubah warna trus kasih lada n garem sesuai selera.abis itu masukin deh saos tomatnya.aduk2 sampe kentel,jadi deh saos merahnya.

*saos putih :
panasin mentega,agak banyak.masukin terigu.aduk2 cepet sampe kalis.langsung masukin susunya.aduk2 pelan2 pake apinya kecil banget biar ga bau angus sampe agak kentel (tapi jangan terlalu lama juga) baru deh masukin kejunya smua.aduk2 sampe kentel (kalo kbanyakan susu ga kentel2 kasih aja maisena dikit,gapapa ko).

*lembaran lasagnanya di rebus aja sampe lemes trus angkat (jangan ditumpuk ya,ntar pada nempel jadinya..heheh)

*cara nyusunnya
lembarannya dulu paling bawah trus tiban pake saos merah baru tiban lagi pake saos putih.
mom yg paling atas ntar harus yg saos putih ya,biar jadinya ga keras.

aduh jdi ngiler deh pengen bikin!! hehehe ;p

selamat mencoba! =))

This entry was posted in Recipes. Bookmark the permalink.