Note by Romo Matheus Antoro Joewono

Kej 3:24 Ia menghalau manusia itu dan di sebelah timur taman Eden ditempatkan-Nyala beberapa kerub dengan pedang yang bernyala-nyala dan menyambar-nyambar, untuk menjaga jalan ke pohon kehidupan. Firdaus hanya dpt dimiliki kembali oleh manusia,ttp hrs dg berkorban,berupa doa,amal,puasa,taat pd firmanNya,namun ternyata tak cukup,mk Allah menggenapi dg korban Kristus disalib. Oleh karena itu semua bentuk apapun yang dilakukan oleh manusia untuk mencari keselamatan dalam Allah hingga kini tak pernah cukup,dan kini manusia telah masuk ke dalam jaman Yesus,jaman Mesias,jaman keselamatan Allah telah datang dalam Yesus,maka orang harus mencari Yesus dan mengimani,namun jika orang masih mengandalkan bahwa segala pengorbanannya yg akan mendatangkan keselamatan,maka akan sia-sialah hidupnya hingga masuk liang kubur,sbb manusia ditawari hidup yang ringan dalam Yesus,tetapi tetap ngotot pilih jalannya sendiri

Kej 32:28 Lalu kata orang itu: “Namamu tidak akan disebutkan lagi Yakub, tetapi Israel, sebab engkau telah bergumul melawan Allah dan manusia, dan engkau menang.” Hidup ini memang suatu pergumulan,untuk mencapai harapannya,tanpa pergumulan yg keras bahkan super ekstra keras,harapannya akan kandas. Namun pada giliranya orang harus bergumul dengan Allah,untuk mencari jawab tugas utama dan panggilan jati dirinya yg sejati dihadapan Allah sehingga hidupnya bukan lagi soal cita2 dan harapan hidup yg serba fana persis seperti Yakub.Setelah Yakub menyerangkan seluruh keluarganya dan miliknya,ia seorang diri,di malam yang hening,sunyi,tenang,lengang,sendiri,ditepi sungai Yabok,yg mengalir lembut,dibawah pohon yg rindang,ia bergulat dengan Allah sampai fajar.Ia bermeditasi,berkotemplasi,berdialog dengan Allahnya,mencari jawab apa arti hidup yg sejati dihadapan Allahnya,hingga menang.Sbb ia mendapatkan,menemukan jawabnya yg pasti untuk melanjutkan tugas hidupnya yang tulen,murni,sejati dihadapan Allah dan manusia.Paradigma mengelola hidupnya berubah,dari Yakub menjadi Israel,dari berkadar serba fana menjadi berkadar illahi.Gebrakan hidupnya baru,sebab kini Allah selalu boleh intervensi pada hidupnya,kini membiarkan hidupnya total dipimpin, dibimbing,dibina,dituntun,diarahkan oleh Allah saja.Kini tanggungjawab jawab utama hidupnya selalu berurusan dengan Allah.Jika hidupnya tak sejalan,tak selaras, tak searus dengan Allah,total akan dilawan dan ditolak,sbb malu,takut,ajrih pada Allahnya,takut berbuat dosa.Yakub sadar total,semua kejahatan dan dosa lambat atau cepat ada hukumannya.Maka nama barunya,Isarel,nama baptisan Allah,yg menyatakan mau menjadi manusia baru,yg menandaskan untuk mengubah hidupnya,yg semula tidak berpola Allah,kini hanya mau hidup yg berkadar Allah.Sehingga ia tidak mau main-main dengan hidupnya,hidupnya dirawat jangan sampai terpeleset dan tersandung dosa, sebab setiap dosa ada hukumannya,bahkan hukuman tsb bisa terjadi ketika orang merasa justru hidupnya sangat terberkati Allah,saat itu orang sudah lupa dosa-dosa yg hitam di masa lalu,dan tanpa diduga bencanapun datang menggilasnya,hanya duka dan air mata yg bakal menandai hidupnya.Maka jangan dibiarkan hidup ini terlena, ternista,ternoda,aib,tercoreng,sebab hidupnya sama dengan berkhianat,melecehkan,menghina,meremehkan,merendahkan,mempersampahkan,mengecilkan,menyepelekan,menganggap angin lalu dan menganggap buta Allah maka bukan berkat yang bakal mengalir tetapi kutukan.

Matius 1:20-21 Tetapi ketika ia mempertimbangkan maksud itu, malaikat Tuhan nampak kepadanya dalam mimpi dan berkata: “Yusuf, anak Daud, janganlah engkau takut mengambil Maria sebagai isterimu, sebab anak yang di dalam kandungannya adalah dari Roh Kudus. Ia akan melahirkan anak laki-laki dan engkau akan menamakan Dia Yesus, karena Dialah yang akan menyelamatkan umat-Nya dari dosa mereka.” Yesus adalah NAMA yg diberikan oleh Allah,mk nama tsb bertuah,keramat,sakti.Sbb nama tsb dari surga.Dan surga adalah kediaman Allah.Mk mau menyatakan bahwa nama Allah adalah Yesus.Hanya Allahnya orang kristiani yg punya nama yg jelas.Allah yg t…ak bernama sm dg Allah gadungan.Mk nama tsb MENYELAMATKAN,sbb berkadar kuasa n wibawa Allah total. Rahasia NAMA Allah telah dideklarasikan via malaekat Gabriel adalah YESUS.Hanya Allah kita yang punya NAMA. Semua yg menyembah Allah adalah sama dengan menyembah Yesus. Namun yg hanya percaya kepada Yesus akan selamat,menerima jaminan hidup illahi yg sempurna,jaminan surgawi, jaminan kemuliaan illahi,jaminan kebangkitan dgn pasti.Yesus,sebuah nama yang diberikan oleh surga,alias Allah kita punya nama, Yesus. Hanya NAMA YESUS tsb yg bakal menentukan manusia berdosa dan tidak berdosa,selamat dan tidak selamat.Berarti hanya YESUS yang menentukan hidup dan mati,untung dan malang.

Matius 2:16 Ketika Herodes tahu, bahwa ia telah diperdayakan oleh orang-orang majus itu, ia sangat marah. Lalu ia menyuruh membunuh semua anak di Betlehem dan sekitarnya, yaitu anak-anak yang berumur dua tahun ke bawah, sesuai dengan waktu yang dapat diketahuinya dari orang-orang majus itu.Takut tersaingi,takut tak terpakai,takut tersingkir,dlm sekejab telah membunuh logika,merampas nurani,mk hanya watak binatangnya yg mencuat,sungguh menyedihkan jika hal itu justru masih melekat pd orang2 katolik yg katanya mau melayani,ttp justru men…jegal n menjagal yg dianggap menjadi penghambatnya,tak takut Tuhan justru akan dijegal Tuhan

Matius 4:12 Tetapi waktu Yesus mendengar, bahwa Yohanes telah ditangkap, menyingkirlah Ia ke Galilea..Kebenaran Allah harus dilakukan dan dikatakan,ttp jika ditolak,menyingkir saja,sbb masih banyak yg mau menerimanya.

Matius 4:20 Lalu merekapun segera meninggalkan jalanya dan mengikuti Dia. Belum pernah melakukan pekerjaan Tuhan hingga menguras energinya, semua jala hidupnya belum menyentuh Tuhan.

Matius 5:7 Berbahagialah orang yang murah hatinya, karena mereka akan beroleh kemurahan.Berhubung dg doa permohonan,org seolah-olah memaksa Tuhan agar slalu menjadi murah hati pdnya, doanya hrs slalu dikabulkan.Jika minta kemurahan hati Tuhan,hrs menjadi org yg murah hati dahulu,jangan pelit,pedit,kikir,ttp Tuhan dipaksa murah hati,ttp dirinya pedit setengah mati jika ingin menerima kemurahan hati Tuhan, orang harus menjadi orang yang murah hati terlebih dahulu, sebab ukuran yg kita pakai akan dipakai Tuhan,jika kita sangat pelit beramal, bermurah hati, maka Tuhan juga akan pelit,ttp kalau kita murah hati dg ukuran yang tumpah ruah,hingga luber kemana mana,kemurahan hati Tuhan juga bakal luber-luber bin tumpah ruah.

Matius 5:17 Janganlah kamu menyangka, bahwa Aku datang untuk meniadakan hukum Taurat atau kitab para nabi. Aku datang bukan untuk meniadakannya, melainkan untuk menggenapinya. Perjanjian Baru adalah penyempurna,puncak wahyu dan iman,Perjanjian Lama.Mk PL hrs dibaca dlm kacamata PB.Kristus adalah puncak iman,kepercayaan,agama apapun,mk jangan takut ajaran2 negatif pd ajaran mrk,sbb semuanya sudah ditebus,diruwat oleh Kristus.

Matius 5:26 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya engkau tidak akan keluar dari sana, sebelum engkau membayar hutangmu sampai lunas. Semua dosa ada hukumannya,slm masih hidup mns dpt menbus dg:bertobat, berdoa, berziarah,beramal,berpuasa,berpantang,bertapa,bermatiraga.Ttp sesudah mati n tinggal di api penucian,tempat menjalani hkuman dosa,manusia tak b…isa bertobat n menebus dosanya lagi,tergantung doa yg masih hidup.

Matius 5:48 Karena itu haruslah kamu sempurna, sama seperti Bapamu yang di sorga adalah sempurna.Sempurna seperti Allah,khususnya menjadi manusia tidak diskriminasi,tidak membeda-bedakan,tidak pilih kasih,tidak memilah-milah,tidak mengkotak-kotakan.Maka jika masih ada orang2 yg terlewat dari perhatian kita siapapun mereka,kita sama dg melukai Yesus.

Matius 6:1-6.16-18 APABILA ENGKAU SEDEKAH, BERDOA, BERPUASA. Agama yg tak punya tiga ajaran tsb,bukan wahyu Allah.Sedekah yg total adalah bela kemanusiaan lahir-batin.Semua DOA harus berpuncak pd MERAYAKAN EKARISTI liturgi Minggu,doa tsb mutlak,semua doa lain blm MENYEMBAH Tuhan penuh.Berpuasa,sadar hidupnya tergantung total p…d Allah n bertobat dg mengalahkan godaan atas keserakahan pd harta,kekuasaan n kehormatan

Matius 6:8 Jadi janganlah kamu seperti mereka, karena Bapamu mengetahui apa yang kamu perlukan, sebelum kamu minta kepada-Nya. Doa adalah nyawanya orang beriman,maka lakukan saja tanpa bertanya dan tanpa banyak cingcong.Kalau masih menyebut diri orang katolik yang kristiani

Matius 7:7 Mintalah, maka akan diberikan kepadamu; carilah, maka kamu akan mendapat; ketoklah, maka pintu akan dibukakan bagimu.Syarat iman doa permohonan.Yakin doanya akan dikabulkan Tuhan.Dimohon dlm nama Yesus.Dimohon dg tekun,tanpa henti,sabar.Krn mohon kemuran Tuhan,hrs jadi pula org yg murah hati,tak pelit.Sll berdamai dg sesama.Tidak minta demi kepuasan diri,ttp sesuai kehendak Tuhan.Dan harus diperjuangkan dg mati-matian.

Matius 7:24 Setiap orang yang mendengar perkataan-Ku ini dan melakukannya, ia sama dengan orang yang bijaksana, yang mendirikan rumahnya di atas batu. Beragama yg dismkan dg menjalani sebuah ritual yg dituntut Tuhan,n kalau sdh dilakukan mrs beres,tak punya utang lagi pd Tuhan adalah minus,pdhal org sekaligus dipanggil untk menjadi partner,kakitangan,anteknya Tuhan utk menjadi juruselamat kpd sesamanya.

Matius 8 :25 Maka datanglah murid-murid-Nya membangunkan Dia, katanya: “Tuhan, tolonglah, kita binasa.” Jika belum habis2an mengerahkan iman, doa,hati, pikiran,jiwa,energi,modal,relasi,hingga nyaris tidak berdaya lagi,nyaris krisis,nyaris putus asa,nyaris ludes,jangan berkata sudah berjuang mati2an menghadapi segala tantangan.

Matius 9:2 Maka dibawa oranglah kepada-Nya seorang lumpuh yang terbaring di tempat tidurnya. Ketika Yesus melihat iman mereka, berkatalah Ia kepada orang lumpuh itu: “Percayalah, hai anak-Ku, dosamu sudah diampuni.”Pada dasarnya penyebab penyakit dan kematian adalah dosa. Sebab jika diusut hingga mendetail sejarah hidup manusia nyaris akan selalu ditemukan unsur-unsur kesalahan dan kecerobohan manusia pada diri sendiri.

Matius 9:9 Setelah Yesus pergi dari situ, Ia melihat seorang yang bernama Matius duduk di rumah cukai, lalu Ia berkata kepadanya: “Ikutlah Aku.” Maka berdirilah Matius lalu mengikut Dia. Seperti Matius sadar total bahwa kesempatan yang terbaik harus segera disambar sebab tidak akan datang dua kali.Itulah saatnya bertobat,meninggalkan hidup yang sesat,selaku pemungut cukai yang disebut orang berdosa,sebab kasih karunia, kebenaran,kebahagiaan dan keselamatan hanya datang dari Yesus Kristus. Dalam hidup ini akan selalu ditemukan tawaran2 penting yang akan membawa perubahan hidup,tetapi datangnya hanya bagaikan kilat,lambat menyambar kesempatan pun hilang,entah menyangkut pertumbuhan rohani atau martabat.

Matius 9:14 Kemudian datanglah murid-murid Yohanes kepada Yesus dan berkata: “Mengapa kami dan orang Farisi berpuasa, tetapi murid-murid-Mu tidak?” Puasa,kata lain tak makan tak minum,adalah pernegasan teologis bahwa nasib hidup manusia yang murni dan sempurna tergantung total pada Allah.Dialahlah andalan dan jaminan hidupnya yang sejati.

Matius 9:28 Setelah Yesus masuk ke dalam sebuah rumah, datanglah kedua orang buta itu kepada-Nya dan Yesus berkata kepada mereka: “Percayakah kamu, bahwa Aku dapat melakukannya?” Mereka menjawab: “Ya Tuhan, kami percaya.” Kendati orang merasa mampu mengatasi berbagai persoalan hidupnya, namun bersama Tuhan akan lebih indah dan sempurna, sebab tanpa Tuhan tiada kehidupan, maka tak kenal waktu untuk selalu bergantung pada Tuhan.

Matius 10:8 Sembuhkanlah orang sakit; bangkitkanlah orang mati; tahirkanlah orang kusta; usirlah setan-setan. Kamu telah memperolehnya dengan cuma-cuma, karena itu berikanlah pula dengan cuma-cuma.Tanda ucapan syukur pada kebaikan Tuhan yang telah menebus dosa, adalah siap menyediakan diri untuk menjadi karyawan Kristus.

Matius 11:19 Kemudian Anak Manusia datang, Ia makan dan minum, dan mereka berkata: Lihatlah, Ia seorang pelahap dan peminum, sahabat pemungut cukai dan orang berdosa. Tetapi hikmat Allah dibenarkan oleh perbuatannya.” Hafal atau tahu banyak tentang firman Tuhan,tidak cukup,kalau tidak punya pengaruh dalam hidupnya,sehingga membangkitkan semangat hidup kristiani,dan membuat imannya semakin progressif

Matius 11:28 Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu. Hidup ini pd suatu saat akan terasa sungguh berat,krn tak sesuai dg keinginannya,sbb dituntut lain,dan hrs dilakoni,terkadang hrs mulai dr nol lagi.Ttp jika masih ada sedikit iman saja,bisa menjadi obat,sbb akhirnya yg akan bicara adalah imannya,kendati sulit.

Mat 12:50 Sebab siapapun yang melakukan kehendak Bapa-Ku di sorga, dialah saudara-Ku laki-laki, dialah saudara-Ku perempuan, dialah ibu-Ku. Krn tak punya iman yg total radikal kpd Allah,mk jg tak menghasilkan ikatan persaudaraan dlm Allah yg melampuhi persaudaraan dlm satu ikatan sedarah,bahkan dpt dikatakan ikatan persaudaraan dlm Tuhan masih super minim,bahkan blm terjadi,or blm ada,yg ada baru sebatas toleransi

Matius 15:36-37 Sesudah itu Ia mengambil ketujuh roti dan ikan-ikan itu, mengucap syukur, memecah-mecahkannya dan memberikannya kepada murid-murid-Nya, lalu murid-murid-Nya memberikannya pula kepada orang banyak. Dan mereka semuanya makan sampai kenyang. Kemudian orang mengumpulkan potongan-potongan roti yang sisa, tujuh bakul penuh. Peristiwa tsb sekaligus dapat diimani adalah mujizat,sakramen ekaristi,membagi milik bersama. Peristiwa mujizat perbanyakan roti diimani sungguh kenyataan,Tuhan sungguh mempergandakan 7 roti dan beberapa ikan,sehingga semua orang dikenyangkan, maka tak ada persembahan yg kecil,sedikit,sederhana bagi Tuhan,sebab Tuhan pasti akan melipatkan gandakannya dan akan menjadi berkat bagi sesama.Peristiwa tsb juga diimani adalah sakramen ekaristi, Yesus mengadakan sakramen ekaristi dan memberikan rejeki surgawi.Yesus yg adalah sakramen dunia,mengundang semua orang kedalam perjamuan surgawi dalam diriNya.Peristiwa tsb diimani,bahwa jemaat saling membagi miliknya sendiri demi kepentingan bersama,sbb iman kpd Kristus harus dibuktikan dalam perbuatan yg nyata.Kisah perbanyakan roti adalah pembelajaran bagi orang beriman jika selalu bersatu, selalu bisa mendatangkan mujizat,saling menjadi sakramen,dan membagi milik.

Matius 16:13 Setelah Yesus tiba di daerah Kaisarea Filipi, Ia bertanya kepada murid-murid-Nya: “Kata orang, siapakah Anak Manusia itu?” Demi pertumbuhan kepribadian,iman,rohani yang matang,harus mau dengar kata orang apapun tentang diri kita,jangan berkedok saja sebagai Mr.Clean, malah tambah bejad saja

Matius 16:24 Lalu Yesus berkata kepada murid-murid-Nya: “Setiap orang yang mau mengikut Aku, ia harus menyangkal dirinya, memikul salibnya dan mengikut Aku. Tuntutan mendasar untuk mengikuti Yesus bukan jalan toll,tetapi jalan derita dan salib.Tak menyadari pernyataan tsb,iman akan kandas dan berantakan ditengah jalan,maka ketika cermin dunia ini menjadi buram,biarkan… saja, tinggalkan saja,sebab bukan panutanmu,tetapi hanya Kristus cermin hidupmu yang kekal abadi.

Matius 17:13 Pada waktu itu mengertilah murid-murid Yesus bahwa Ia berbicara tentang Yohanes Pembaptis. Tak terhitung berapa banyak orang yang sebobot John Baptis,telah berjasa dan berperanan mendewasakan,menumbuhkan iman kita,siapapun mereka adalah termasuk utusan Tuhan untuk menjadi mentor hidup kita,ikutilah jejak mereka

Matius 18:3 lalu berkata: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika kamu tidak bertobat dan menjadi seperti anak kecil ini, kamu tidak akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga. Kristianitas menjadi nyata ketika tidak ada orang yang terbuang dari hidupnya.Sebab hidupnya selalu dihayati telah disergap oleh Kristus dan kuasa-Nya,sehingga tindakkannya bisa menerima siapa saja seperti apa adanya,tetapi khususnya mereka yang biasa disebut kaum marginal,yang tidak pernah termonitor.

Matius 18:15 Apabila saudaramu berbuat dosa, tegorlah dia di bawah empat mata. Jika ia mendengarkan nasihatmu engkau telah mendapatnya kembali. Yesus mengutuk semua dosa,ttp IA tetap mau menyelamatkan+melindungi,sbb tak ingin ada manusia yg hilang/binasa.Mk IA masih menyebutnya ‘saudara’ bukan mendampratnya+spy ditegur 4mata,sbb masih menghargai kehormatan+nama baiknya.Org yg sudah jatuh jangan dijatuhkan lagi,kendati tak suka pd org tsb.Bisa menerima org lain spt apa adanya=berhati Tuhan.

Matius 18:22 Yesus berkata kepadanya: “Bukan! Aku berkata kepadamu: Bukan sampai tujuh kali, melainkan sampai tujuh puluh kali tujuh kali. Kepada orang dekatpun,mengampuni itu sulit,ttp mutlak hrs dilakukan.Urusan pengampunan biasanya dg org dekat,yg setiap saat ada akses berelasi.Sehingga kekecewaan sering terjadi,krn org dekat tsb menyalahkan gunakan kedekatannya.Mk mengampuni tak berarti hrs selalu akrab lagi spt semula dg org dekat tsb.Namun tak simpan dendam dan kemudian gaul seperlunya saja.

Matius 18:33 Bukankah engkaupun harus mengasihani kawanmu seperti aku telah mengasihani engkau? Adanya kebenaran yang mutlak, hanya untk diterima,diikuti dan dihayati,maka taati saja,hidupmu pasti bersukacita.

Matius 19:6 Demikianlah mereka bukan lagi dua, melainkan satu. Karena itu, apa yang telah dipersatukan Allah, tidak boleh diceraikan manusia.” Org katolik yg menikah diluar Katolik kena ekskomunikasi,dikucilkan.Tak boleh trima semua Sakramen Gereja.Kalau ikut misa tak boleh trima komuni,kalau sakit tak boleh trima S.Orang Sakit,kalau merasa berdosa berat tak boleh trima S.Pengakuan,kalau blm te…rima S.Krisma tak boleh trima S.Krisma.Kecuali setelah menikah lagi diGereja Katolik+mengaku dosa.

Matius 19:14 Tetapi Yesus berkata: “Biarkanlah anak-anak itu, janganlah menghalang-halangi mereka datang kepada-Ku; sebab orang-orang yang seperti itulah yang empunya Kerajaan Sorga.” Siapapun yang mencegah orang lain melakukan yang baik,benar,suci,mengimani Yesus,Allah akan murka padanya.Orang itu bakal menjadi manusia yang paling celaka,sebab menutupi, memyembunyikan karya keselamatan Allah dan melawan perintah Tuhan: Jadikanlah semua bangsa muridKu dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Putera dan Roh Kudus.

Matius 20:9 Maka datanglah mereka yang mulai bekerja kira-kira pukul lima dan mereka menerima masing-masing satu dinar. Katolik lama dg katolik yg baru dibaptis,dimata Tuhan sama dan upahnya juga sama,jaminan keselamatan,surga,hidup kekal,kemuliaan ilahi,kebangkitan.Tidak ada yang lebih berjasa,tidak ada anak emas,tidak ada anak istimewa, semuanya anak2 Allah.Katolik lama/baru setelah dibaptis harus membuktikan menjadi murid Yesus yg militan sebelum kiamat hidupnya.

Matius 20:28 sama seperti Anak Manusia datang bukan untuk dilayani, melainkan untuk melayani dan untuk memberikan nyawa-Nya menjadi tebusan bagi banyak orang.” Tanpa Kristus peradaban manusia sudah punah,sebab manusia tidak mengenal atinya melayani dan berkorban,kecuali hukum rimba.Maka ikuti hidup seperti Kristus saja.Bahwa dunia ini selamat karena berkat Allah yang melayani manusia dalam Yesus oleh Roh Kudus

Matius 21:25 Dari manakah baptisan Yohanes? Dari sorga atau dari manusia?” Mereka memperbincangkannya di antara mereka, dan berkata: “Jikalau kita katakan: Dari sorga, Ia akan berkata kepada kita: Kalau begitu, mengapakah kamu tidak percaya kepadanya?Di mata Allah dalam satu sisi manusia hanyalah sekam,maka jangan merasa sudah menjadi orang yang benar,baik,bijak,tetapi panggilan hidup ini adalah menyelaraskan diri pada Allah non stop.

Matius 21:32 Sebab Yohanes datang untuk menunjukkan jalan kebenaran kepadamu, dan kamu tidak percaya kepadanya. Tetapi pemungut-pemungut cukai dan perempuan-perempuan sundal percaya kepadanya. Dan meskipun kamu melihatnya, tetapi kemudian kamu tidak menyesal dan kamu tidak juga percaya kepadanya.”Tidak disangkal keselamatan bagi orang2 yg bekehendak baik,yg tidak menjadi anggota Gereja namun mengikuti suara hati mereka dalam menghayati kebenaran2 yg mereka kenal.[LG16]. namun bagi kita kepastian keselamatan hanya diberikan oleh Allah dalam Kristus dan Gereja-Nya.Hanya iman kpd Kristus dan Gereja-Nya dan memberikan diri dibaptis,maka kita dengan pasti sejak dibaptis sudah memiliki jaminan hidup kekal,hidup surgawi,keselamatan Allah yang sempurna,hidup dalam kemuliaan illahi, hidup dalam kebangkitan.

Matius 21:42 Kata Yesus kepada mereka: “Belum pernahkah kamu baca dalam Kitab Suci: Batu yang dibuang oleh tukang-tukang bangunan telah menjadi batu penjuru: hal itu terjadi dari pihak Tuhan, suatu perbuatan ajaib di mata kita.Yesus menyatakan diri adalah batu pasak pengunci bangunan keselamatan Allah untuk manusia yang final,tanpa alternatif lain. Sebab jika Kristus dicabut,runtuhlah seluruh bangunan keselamatan manusia dan binasalah manusia. Bersyukurlah slalu karena Kristus mau menjadi batu penjuru hidup kita

Matius 22:12 Ia berkata kepadanya: Hai saudara, bagaimana engkau masuk ke mari dengan tidak mengenakan pakaian pesta? Tetapi orang itu diam saja.Sejak kini Allah sudah mengetahui orang yg mengatakan katolik,tetapi hatinya tetap hitam,munafik,plin plan,kedok saja.Allah pada waktunya tidak akan toleransi.Jika sebutan katoliknya hanya terus dibalut dengan pakaian dosa yg compaing camping,hidup jauh dari pengudusan diri,getar hidupnya bukan syaloom ilahi tetapi getar hidupnya membawa bencana.

Matius 22:21Jawab mereka: “Gambar dan tulisan Kaisar.” Lalu kata Yesus kepada mereka: “Berikanlah kepada Kaisar apa yang wajib kamu berikan kepada Kaisar dan kepada Allah apa yang wajib kamu berikan kepada Allah.” Sebutan katolik kendati dijungkir balik akan tetap katolik.Maka katoliknya mutlak dibuktikan dalam darma baktinya kepada Kristus dan GerejaNYA.Sejarah iman katoliknya ternyata tidak pernah luntur,gugur dan hancur, justru makin kental,jujur,tulus,militant,pilih tanding dan teruji dalam cuaca hidup apapun.Hanya manusia seperti dialah yang sungguh merdeka,bebas.

Matius 22:40 Pada kedua hukum inilah tergantung seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi.” Hanya cintakasih yg berkadar belaskasihan Allah sj yg dpt menyelesaiakan sejuta problema.Sbb belaskasihan tsb hanya berupa tindakkan nyata yg rela memberikan nyawanya alias menyelamatkan, menebus, membahagiakan, menyayangi, memihak, merawat,menjaga,memelihara,membela,berkorban,menjadi berkat,sesamanya adalah saudara n sahabat.

Matius 23:8-10 Tetapi kamu, janganlah kamu disebut Rabi; karena hanya satu Rabimu dan kamu semua adalah saudara. Dan janganlah kamu menyebut siapapun bapa di bumi ini, karena hanya satu Bapamu, yaitu Dia yang di sorga. Janganlah pula kamu disebut pemimpin, karena hanya satu Pemimpinmu, yaitu Mesias. Di dunia ini Tuhan hanya menghendaki bahwa hubungan antar manusia harus berkadar saudara.Tak ada musuh,tak ada orang lain, tak ada orang asing.Yang ada dalam diri manusia harus mengedepankan persaudaraan,sbb persudaraan mencerminkan tatanan hidup surgawi.Maka murid Kristus yg sejati mutlak harus menciptakan relasi antar manusia yg hanya berkadar surga saja. Katolik yang militan,hanya akan berguru kpd Yesus,berkeyakinan tiada Allah selain Bapa disurga,dan tiada pemimpin kehidupan yg sejati dan unggul kecuali Kristus.Maka iman katoliknya akan diproteksi dengan bergaul sebanyak-banyaknya de…ngan orang katolik,dimanapun berada pertama-tama yg akan dicari Gereja Katolik,warganya,kegiatannya.

Matius 23:23 Celakalah kamu, hai ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi, hai kamu orang-orang munafik, sebab persepuluhan dari selasih, adas manis dan jintan kamu bayar, tetapi yang terpenting dalam hukum Taurat kamu abaikan, yaitu: keadilan dan belas kasihan dan kesetiaan. Yang satu harus dilakukan dan yang lain jangan diabaikan.Ibadat ritual tanpa ibadat sosial adalah munafik, dekil, kumal, bahkan durjana.Sebab kesalehannya hanyalah basa-basi.Bibirnya dgn hatinya kontras,padahal jaraknya hanya sejengkal saja.Bibirnya memang sarat dgn pujian kepadaNya,tetapi auranya merah kusumba,sebab tangannya berlumuran darah,dan derap kakinya melindas mereka yang tidak sepaham dan sepikiran.

Matius 23:27 Celakalah kamu, hai ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi, hai kamu orang-orang munafik, sebab kamu sama seperti kuburan yang dilabur putih, yang sebelah luarnya memang bersih tampaknya, tetapi yang sebelah dalamnya penuh tulang belulang dan pelbagai jenis kotoran.Tanpa menyadari bahwa dalam dirinya juga seperti tanah kuburan dan menggunung sejuta kebusukan,akibatnya orang mudah mendamprat dan menjagal orang lain dengan innocent,tanpa dosa.Tanah kuburan adalah tanah najis,dimana roh jahat gentayangan yang sengaja akan menghambat manusia agar jangan sampai hidup menurut kehendak Allah.

Matius 24:42 Karena itu berjaga-jagalah, sebab kamu tidak tahu pada hari mana Tuhanmu datang. Hidup yg benar adalah utk melakukan pekerjaan2 Tuhan dan menyelesaikanNya,hanya mrk itu yg disebut berjaga2.Namun berjaga2 pd dasarnya adalah mengimani Kristus,sebab keselamatan Allah yg sempurna hanya diberikan dalam Kristus,shgg hidupnya sll dibangun dg pertobatan tanpa henti,makin dekat dengan Allah,mk hidupnya siap dipanggil Tuhan kapan saja.

Matius 25:4 sedangkan gadis-gadis yang bijaksana itu membawa pelitanya dan juga minyak dalam buli-buli mereka.. Hidup yang benar hrs menjadi terang,cahaya,surya bagi sesamanya.Namun org bisa menjadi terang,jika minyak dlm buli2 imannya sll penuh.Minyak adalah semua amal bakti yg merupakan harta rohani yg menjadi sumber cahaya.Krn hidup dihayati hrs menjadi pelita, lampu, matahari,maka tak membiarkan hidupnya hampa dari menjadi abdi Allah yg proaktif,kreatif

Matius 26:24 Anak Manusia memang akan pergi sesuai dengan yang ada tertulis tentang Dia, akan tetapi celakalah orang yang olehnya Anak Manusia itu diserahkan. Adalah lebih baik bagi orang itu sekiranya ia tidak dilahirkan.” Yesus dengan tegas menandaskan bahwa siapa pun orangnya yang bermental Yudas Iskariot tidak pantas hidup di dunia ini, dan mereka itu tidak akan selamat dalam Allah.

Matius 28:9 Tiba-tiba Yesus berjumpa dengan mereka dan berkata: “Salam bagimu.” Mereka mendekati-Nya dan memeluk kaki-Nya serta menyembah-Nya. Kristus yang bangkit masih sama dengan aslinya ketika belum disalibkan. Maka tepatlah, beruntunglah, berbahagialah orang yang mengimani Yesus yang bangkit, sebab ajaran imanya ada buktinya, tanda agama yang benar dan dibenarkan Allah.

Yoh1:1.14 Pada awal mula adalah Firman.Firman itu ada bersama-sama dg Allah,dan Firman itu adalah ALLAH.Firman itu telah menjadi manusia,dan diam diantara kita. Dia adalah Yesus.Penebus dosa.Juruselamat.Kristus.Tuhan.Maka hanya kpd Dia saja manusia harus menyembah.Sbb Dialah puncak Tuhannya manusia.Seluruh perkataanNya dan tindakkanNya adalah wahyu Allah yg difinitif demi penyelamatan manusia dunia-akhirat. Krn Dia adalah Allah.

Yoh1:20 Ia [Yohanes] mengaku dan tidak berdusta, katanya: “Aku bukan Mesias.”.Hidup tanpa dusta,karena berani berlindung kepada Allah, tak hanya tergantung roti saja, sebab takut akan dosa

Yoh 1:47 Kata Filipus kepadanya: “Mari dan lihatlah!” Yesus melihat Natanael datang kepada-Nya, lalu berkata tentang dia: “Lihat, inilah seorang Israel sejati, tidak ada kepalsuan di dalamnya!” Sebutan yg tulus dari Yesus yg serupa tsb,misalnya,kau org lembut,kau org benar,kau org sejati,kau org baik,selayaknya pernah didengar dari orang lain.Krn ketika orang lain bertemu dgnmu dpt menangkap+merasakan getar2 hidupmu yg tulus dan luhur.Sebutan tsb penting,sbb menyatakan bahwa hidupmu selaku anak-anak Tuhan,ternyata tidak hampa.

Yoh1:49 Kata Natanael kepada-Nya: “Rabi, Engkau Anak Allah, Engkau Raja orang Israel!”Tanpa pengakuan iman yg telak,tandas kpd Yesus spt Natanael,hidup rohaninya bakal menjadi hampa,sbb tanpa fondamen.Pengakuan iman Natanael kpd Yesus adalah ANAK ALLAH dlm tradisi Israel sm dg mengimani Yesus adalah Mesias yaitu Kristus,…Sang Juru Slamat mns;pengakuan Yesus adlh RAJA dlm tradisi Israel sm dg mengimani Yesus adlh ALLAH.Hanya mengimani Yesus,manusia akan menemukan KESELAMATAN dan ALLAH yg sejati dan sempurna.Maka Natanael disebut Yesus adalah “Lihat,inilah seorang Israel sejati,tidak ada kepalsuan di dalamnya.” Maka seiman dengan Natael tsb akan pula disebut oleh Yesus adalah SEORANG YANG BERIMAN SEJATI.

Yoh 3:7 Janganlah engkau heran, karena Aku berkata kepadamu: Kamu harus dilahirkan kembali. Ular sj suka ganti kulit,menandakan bahwa hidup tak boleh tetap sama sj.Hrs ada pertumbuhan dlm imannya shgg menjadi semakin baik,semakin benar,semakin sempurna,semakin suci,semakin bijaksana.Hrs ada obsesi MENJADI SEMAKIN DLM HIDUP ROHANINYA.Ada reformasi,innovasi,pertobatan non stop,bahkan revolusi diri kalau perlu,rombak total kalau hidupnya mmg sudah kumal,dekil,blepotan dosa.

Yoh 3:14 Dan sama seperti Musa meninggikan ular di padang gurun, demikian juga Anak Manusia harus ditinggikan.The cross is sign of the victory.Salib adalah tanda kemenangan. In Cruce Salus. Dalam salib adalah keselamatan.

Yoh 3:15 supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya beroleh hidup yang kekal.Yesus hrs disalibkan,sbb tanpa salib tak ada karya penebusan n keselamatan manusia.Salib adalah kemenangan atas maut,dosa,penederitaan,kejahatan,iblis,yg semula semuanya itu penyebab kematian kekal.Kita hrs bangga akan salib Yesus Kristus n tetap setia mengimani Yesus dlm cuaca hidup apapun.

Yoh 3:16 Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.Cinta Allah dengan habis habisan hingga membiarkan diri-Nya dihancurkan di kayu salib,asal manusia ciptaan-Nya yang paling Ia cintai tidak hancur,siapapun mereka dan apapun dosanya,sebab adanya diri-Nya hanya untuk menyelamatkan manusia.Hidup ini hanya berkadar cintakasih Allah semata adanya.Kerdillah manusia yang acuh atas cintakasih Allah tsb.

Yoh 3:30 Ia (Yesus) harus makin besar,tetapi aku (Yohanaes Baptis) harus makin kecil. Berani menjadi rendah hati sama dengan tidak pernah akan mengingat lagi segala darma baktinya yang lalu.

Yoh 3:36 Barangsiapa percaya kepada Anak, ia beroleh hidup yang kekal, tetapi barangsiapa tidak taat kepada Anak, ia tidak akan melihat hidup, melainkan murka Allah tetap ada di atasnya.” Adalah mungkin org tertimpa bencana n malapetaka,bukan krn murka Allah,ttp sbb tahu,mengimani kebenaran Allah ttp sengaja dilecehkan,dilanggar,dianggap angin,membangkang,n tidak mrs berdosa

Yoh 4:50 Kata Yesus kepadanya: “Pergilah, anakmu hidup!” Orang itu percaya akan perkataan yang dikatakan Yesus kepadanya, lalu pergi. Kuasa firman Tuhan dari dulu sampai kini sama.Maka hanya yang totalnya hidupnya berani mengandalkan Tuhan,hidupnya akan penuh dengan berkat Tuhan

Yoh 5:8 Kata Yesus kepadanya: “Bangunlah, angkatlah tilammu dan berjalanlah.” Firman-Nya adalah sabda penciptaan,begitu terucap, langsung terjadi. Maka yang kehilangan akan iman tsb, gugurlah jati diri kristianinya.

Yoh 5:17 Tetapi Ia berkata kepada mereka: “Bapa-Ku bekerja sampai sekarang, maka Akupun bekerja juga.”. Belaskasihan Allah tidak mengenal batas waktu,tidak mengenal libur,sebab jika Allah stop bekerja sama dengan stop mencitai,stop menebar belakasihan,stop mencurahkan rahmat dan berkat-Nya sama dengan kiamat.Bekerja yang sejati harus dijiwai semangat seperti Allah.

Yoh 5:32 ada yang lain yang bersaksi tentang Aku dan Aku tahu, bahwa kesaksian yang diberikan-Nya tentang Aku adalah benar. Bukti telah menjadi saksi Kristus,jika : aktif menjadi pewarta Injil , aktif terlibat dalam kegiatan dan persekutuan Gereja , aktif terlibat dalam penghayatan liturgis , aktif terlibat dalam pelayanan , aktif mengikuti jejak Kristus dengan militant.

Yoh6:14 Ketika orang-orang itu melihat mujizat yang telah diadakan-Nya, mereka berkata: “Dia ini adalah benar-benar nabi yang akan datang ke dalam dunia.” Apapun orang menyebut Yesus,adalah tidak penting,kalau Yesus tidak menjadi Allah-Nya,sebab hidupnya hanya akan tetap hampa. Sebab tidak meiliki jaminan keslamatan dalam Allah yang sempurna.

Yoh 6:20 Tetapi Ia berkata kepada mereka: “Aku ini, jangan takut!”Manusia ditentukan Tuhan utk hidup bahagia,ttp kalahkah dahulu setiap jengkal badai kehidupan yg menggasak hidupnya,yg digarap dg setia dlm teks n konteks kebenaran Allah.Sbb ketika orang sudah mati-matian mengatasi badai hidupnya hingga nyaris tak berdaya,saat itu Tuhan berkata ‘ini Aku jangan takut’,percerahan-Nya pasti datang tepat pada waktunya.

Yoh 6:26 Yesus menjawab mereka: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya kamu mencari Aku, bukan karena kamu telah melihat tanda-tanda, melainkan karena kamu telah makan roti itu dan kamu kenyang. Memilih Kristus dan Gereja Katolik,normalnya imannya bertumbuh,bahkan mutlak imannya harus semakin bersemangat kristiani, jika yang terjadi diluar itu imannya berarti hanya pura-pura dan palsu belaka.

Yoh 6:35 Kata Yesus kepada mereka: “Akulah roti hidup; barangsiapa datang kepada-Ku, ia tidak akan lapar lagi, dan barangsiapa percaya kepada-Ku, ia tidak akan haus lagi. Yesus menyatakan adalah makanan, sumber hidup,maka harus dimakan,dikunyah hingga lumat,yaitu hidup-Nya,kesengsaraan-Nya,kematian-Nya,kebangkitan-Nya, ajaran-Nya,biarpun enak atau tidak enak,keras,tak masuk akal,pahit harus ditelan saja,sebab hanya Yesus yang menentukan keselamatan manusia. Yesus penuh percaya diri yang memberikan diri-Nya menjadi jaminan hidup manusia.Sebab Ia sama dengan berkata:Inilah Aku Yesus andalah asal muasal segenap hidup dan kehidupanmu,tanpa Aku kamu binasa.Maka adalah mutlak siap menjadi orang yang dewasa yang dapat diandalkan oleh orang lain,harus menjadi komitment hidup

Yoh 6:44 Tidak ada seorangpun yang dapat datang kepada-Ku, jikalau ia tidak ditarik oleh Bapa yang mengutus Aku, dan ia akan Kubangkitkan pada akhir zaman. Hingga kini setiap orang kristiani masih terus ditarik oleh Bapa,sebab Ia mutlak menghendaki agar kita menjadi orang kristiani yang semakin militan,imannya terus bertumbuh, tidak sama saja, mandeg, statis, lembek dan loyo

Yoh6:54 Barangsiapa makan daging-Ku dan minum darah-Ku, ia mempunyai hidup yang kekal dan Aku akan membangkitkan dia pada akhir zaman. Semua makanan/minuman kendati 4 sehat 5 sempurna,termasuk najis,apalagi yg didpt dr kejahatan,sbb hanya berakhir pd kebinasaan.Mk hrs sll menyambut+menyantap Tubuh Kristus dlm Ekaristi,sbb Daging+Darah Kristus,mk hrs kunyah hgg lumat+hancur lebur,telan hgg tandas.Org katolik tulen tak mangkir misa..Segenap kepribadian Kristus,adalah ukuran kebenarah ilahi,maka adalah sesat hidup kita, jika dalam diri kita ada pribadi lain, selain hanya Yesus Kristus.

Yoh 6:67 Maka kata Yesus kepada kedua belas murid-Nya: “Apakah kamu tidak mau pergi juga?” Orang katolik boleh saja,silahkan saja : protes,komentar,tidak setuju,beropini,tak suka,sulit menerima berbagai ajaran resmi iman katolik apapun yang diajarkan oleh Yesus dalam Injilnya dan oleh Gereja katolik, tetapi ujungnya orang katolik harus mutlak bersikap taat, patuh,setia saja secara total pada semua ajaran iman resmi Gereja katolik, titik.

Yoh 6:68-69 Jawab Simon Petrus kepada-Nya: “Tuhan, kepada siapakah kami akan pergi? Perkataan-Mu adalah perkataan hidup yang kekal; dan kami telah percaya dan tahu, bahwa Engkau adalah Yang Kudus dari Allah.” Tanpa sependirian iman dgn Petrus tsb,akan menjadi orang katolik yg bersyarat,bukan katolik yg taat tanpa syarat dan militan,sbb a…kan mudah membangkang,krn bukan taat pada Gereja ttp Gereja harus taat padanya,itu katolik keblinger.

Yoh 7:46 Jawab penjaga-penjaga itu: “Belum pernah seorang manusia berkata seperti orang itu!”Tidak pernah punya kata-kata yg indah,bijak bestari,jernih,murni,tulus,bertuah,berwibawa, berkuasa,lidahnya sm dg beracun,sm dg blm pernah berbicara,sm dg bisu bin gagap. Sbb kata-katanya tak ada yg dpt diandalkan,tak ada yg dpt menyentuh dan menyapa kedalaman kalbu sesamanya.

Yoh 8:7 Dan ketika mereka terus-menerus bertanya kepada-Nya, Iapun bangkit berdiri lalu berkata kepada mereka: “Barangsiapa di antara kamu tidak berdosa, hendaklah ia yang pertama melemparkan batu kepada perempuan itu.” Lebih mudah mengoreksi org lain d/p mengoreksi diri sendiri,sbb orang takut terhadap kebusukkan n kebiadaban dirinya sendiri,sbb dosanya sdh menjadi deret ukur,mk slalu mengedepankan wajah yg innocent,ikut pela…yanan,menodorkan diri menjadi aktifis greja,ttp hanya kedok belaka,biar disebut org baik.

Yoh 8:24 Karena itu tadi Aku berkata kepadamu, bahwa kamu akan mati dalam dosamu; sebab jikalau kamu tidak percaya, bahwa Akulah Dia, kamu akan mati dalam dosamu.” Penegasan diri Yesus siapa diri-Nya,bahwa jika orang tidak mengakui dan mengimani Yesus adalah Mesias, Kristus, artinya yang diurapi Allah,akan tetap hidup dalam dosa, berarti tidak punya jaminan keselamatan Allah yang sejati.

Yoh 8:39 Jawab mereka kepada-Nya: “Bapa kami ialah Abraham.” Kata Yesus kepada mereka: “Jikalau sekiranya kamu anak-anak Abraham, tentulah kamu mengerjakan pekerjaan yang dikerjakan oleh Abraham. Keyakinan fanatisme org Yahudi sbg keturunan Abraham,menolak semua ajaran agama apapun yg berseberangan dg ortodoksi ajaran Taurat,sbb berkeyakinan secara otomatis akan mendapat keselamatan pd Allah kendati hidupnya mengabaikan sesamanya.Namun keyakinan tsb sudah ditumbangkan oleh Yesus. Yaitu pada kisah orang kaya dam Lazarus si pengemis yg kumal,dekil dan borokan,ketika keduanya mati langsuh yg masuk neraka jahanam dan Lazarus ada dipangkuan Abraham di surga.Keyakianan fanatisme sbg keturunan Abraham langsung KO,sbb keyakinan bukan kebenaran kalau tanpa bukti darma bakti,punya keyakinan dengan anggapan,yang penting … See Morepercaya pasti selamat,tetapi telah disanggah Yesus.Keyakinan penting,tetapi membuktikan menjadi kebenaran yang nyata lebih penting.Punya keyakinan menjadi katolik pasti selamat,tetapi tanpa bukti kebenaran yang nyata,adalah keyakinan yang karatan,maka harus melakukan misi yang punya kesan dan pesan yang nyata dan positif.Minimal hidupnya punya kesan, dia itu orang baik,saleh,taqwa, namun juga punya pesan bahwa menjadi katolik hidupnya, pertama, berkadar kenabian Kristus,khususnya tak jemu mewartakan Injil agar orang lain mengimani Yesus Kristus adalah Allahnya dan Juruselamatnya,menjadi injil yang hidup.Kedua, hidupnya berkadar imamat Kristus,selalu mempersembahkan hidupnya kepada Allah dalam liturgi untuk mencapai kesucian hidup yang ditopang dengan menghayati hidup dalam Sakramen.Ketiga,hidupnya berkadar raja Kristus,bahwa raja sejati hanyalah melayani rakyatnya agar damai sejahtera,hidupnya berkadar mengabdi dan berbakti kepada sesama.Sebab keyakinan tanpa kesan dan pesan kebenaran yang nyata sama dengan munafik dan fanatisme.

Yoh 10:9 Akulah pintu; barangsiapa masuk melalui Aku, ia akan selamat dan ia akan masuk dan keluar dan menemukan padang rumput. Diluar Kristus tidak ada pintu lain yang sejati dan langsung menuju Allah,menuju surgawi, menuju keselamatan sempurna dalam Allah.Semua pintu lain sekaligus berkadar kesesatan. Atau bahkan pintu kebinasaan.Kristus adalah pintu tunggal yang disediakan Allah yang lurus menuju kebenaran dan keabadian hidup

Yoh 10:24 Maka orang-orang Yahudi mengelilingi Dia dan berkata kepada-Nya: “Berapa lama lagi Engkau membiarkan kami hidup dalam kebimbangan? Jikalau Engkau Mesias, katakanlah terus terang kepada kami.” Pangkal semua kejahatan dan dosa adalah sikap tidak berterus terang,tidak jujur.Ciri orang yang jahat atau yang hidup dalam dosa, perkataannya tidak lepas dari dusta dan pembohong.Sebab hidupnya tidak sehati,sepikir,sejiwa dengan Mesias, tidak tersentuh oleh perkataan dan pekerjaan Kristus

Yoh 10:27 Domba-domba-Ku mendengarkan suara-Ku dan Aku mengenal mereka dan mereka mengikut Aku. Kini banyak beredar SUARA:sumbang,dusta,beracun,kutuk,sumpah serapah,menghasut,menjilat,bujuk rayu,tipu daya,terror,fitnah,gossip.Hanya suara Yesus yang sali,tulen.Mengaku pengikut Yesus Kristus berarti mau mengikis habis suara dusta n kebohongan dimana saja,tetapi terutama… mau menguras habis dusta dan kebohongan yang bercokol dalam dirinya sendiri.

Yoh 10:38 tetapi jikalau Aku melakukannya dan kamu tidak mau percaya kepada-Ku, percayalah akan pekerjaan-pekerjaan itu, supaya kamu boleh mengetahui dan mengerti, bahwa Bapa di dalam Aku dan Aku di dalam Bapa.” Kendati sehalus dan sekejam apapun penolakan akan segala sesuatu yang berlabel salib,tetapi melakukan pekerajaan Allah tidak boleh berhenti,ajaran iman katolik,Injil harus terus dipasarkan,dijual tanpa henti laku atau tidak laku

Yoh 11:47 Lalu imam-imam kepala dan orang-orang Farisi memanggil Mahkamah Agama untuk berkumpul dan mereka berkata: “Apakah yang harus kita buat? Sebab orang itu membuat banyak mujizat. Jika masih percaya bahwa mujizat Tuhan Yesus masih berlangsung hingga detik ini,seharusnya tidak gentar menghdapi hidup ini,sebab akan didukung oleh mujizat Tuhan kapan saja.

Yoh 12:5 Mengapa minyak narwastu ini tidak dijual tiga ratus dinar dan uangnya diberikan kepada orang-orang miskin? Orang yang berjiwa sosial tidak pernah genbar gembor,sebab cintakasih bukan pamer.

Yoh12:24 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya jikalau biji gandum tidak jatuh ke dalam tanah dan mati, ia tetap satu biji saja; tetapi jika ia mati, ia akan menghasilkan banyak buah. Melayani sejati,mewartakan Injil yg murni,hanya berprinsip bahwa kebenaran Allah apapun yg terjadi,ditolak,dilecehkan,ditindas,tidak berhasil,akan terus diwartakan,sebab pewarta sejati, pelayan sejati, tidak pernah akan bertanya mana hasilnya,semuanya diserahkan kpd Tuhan.

Yoh 12:47 Dan jikalau seorang mendengar perkataan-Ku, tetapi tidak melakukannya, Aku tidak menjadi hakimnya, sebab Aku datang bukan untuk menghakimi dunia, melainkan untuk menyelamatkannya. Hidup dan beriman dalam Kristus tidak ada hukuman, kutukan, ujian, cobaan, tetapi yg ada hanya hidup melulu dalam berkat-Nya dan rahmat-Nya saja. Jika manusia mengalami berbagai situasi buruk jangan salahkan Tuhan, tetapi salahkan diri… sendiri, dan salah satu penyebabnya yg pasti adalah hidup diluar Kristus, Injil-Nya dan Gereja-Nya.

Yoh 13:8 Kata Petrus kepada-Nya: “Engkau tidak akan membasuh kakiku sampai selama-lamanya.” Jawab Yesus: “Jikalau Aku tidak membasuh engkau, engkau tidak mendapat bagian dalam Aku.” Siapapun yang tidak mau menerima pembaptisan dalam iman kepada Yesus Kristus tidak akan selamat dalam Allah, sebab tidak mempunya kebenaran tentang Allah yang asli,outentik dalam Yesus Kristus.

Yoh 13:18 Bukan tentang kamu semua Aku berkata. Aku tahu, siapa yang telah Kupilih. Tetapi haruslah genap nas ini: Orang yang makan roti-Ku, telah mengangkat tumitnya terhadap Aku. Ayat tsb kata2 Yesus kpd Yudas Iskariot,sahabatNya yg mengkhianatiNya.Sahabat is org yg sdh dianggap belahan jiwanya,jika tiba2 melawannya,menterorr,memfitnah is kekejaman yg sulit dipahami,sm dg mengangkat tumitnya.Mengecewakan!Singkiri/disingki…rkan org spt Yudas,sbb akan berpengaruh buruk kpd komunitas,Yesuspun perintah dia hrs pergi [ay27].

Yoh 13:21 Setelah Yesus berkata demikian Ia sangat terharu, lalu bersaksi: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya seorang di antara kamu akan menyerahkan Aku.” Orang pada tahu bahwa dalam dirinya ada iblisnya, tetapi gengsi mengakuinya, namun iblisnya akan nampak pada perbuatannya lambat atau cepat.

Yoh13:35 Dengan demikian semua orang akan tahu, bahwa kamu adalah murid-murid-Ku, yaitu jikalau kamu saling mengasihi.” Yesus menghendaki bahwa dalam Gereja-Nya,umat-Nya, mutlak harus dibangun ikatan yang tinggi dalam cintakasih, tidak hanya dalam bentuk solidaritas,sehingga menandai sebagai identitas khususnya selaku murid2 Yesus.

Yoh 14:6 Kata Yesus kepadanya: “Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku. Yesus menyataan diriNya adalah jaminan,andalan keselamatan Allah bagi manusia.Tak ada nabi manapun yg berkata spt itu,sbb mrk hanya meneruskan pesan Allah sj.Mk hanya dlm Yesus tak ada jalan Allah yg menyesatkan;krn hanya Yesus yg menghayati kebenaran Allah dg sempurna,total,radikal; dan hanya dlm hidup Yesus dinyatakan hidup Allah yang asli,sejati.

Yoh 14:8 Kata Filipus kepada-Nya: “Tuhan, tunjukkanlah Bapa itu kepada kami, itu sudah cukup bagi kami.” Tandanya orang beriman yang jujur,hanya menerima saja semua ajaran Yesus dan Gereja-Nya dengan tanpa syarat,tanpa protes,sebab tabu, kebenaran wahyu tak mungkin diprotes.

Yoh 14:23 Jawab Yesus: “Jika seorang mengasihi Aku, ia akan menuruti firman-Ku dan Bapa-Ku akan mengasihi dia dan Kami akan datang kepadanya dan diam bersama-sama dengan dia. Jati diri orang katolik yang makin katolik hanya mungkin, jika dibarengi dengan selalu haus dan lapar akan firman Tuhan .

Yoh 14:27 Damai sejahtera Kutinggalkan bagimu. Damai sejahtera-Ku Kuberikan kepadamu, dan apa yang Kuberikan tidak seperti yang diberikan oleh dunia kepadamu. Janganlah gelisah dan gentar hatimu. Damai sejahtera adalah SYALOM ALLAH yaitu segala sesuatu yang akan mendatangkan kebaikan yang tertinggi bagi hidup semua murid-Nya,tetapi orang harus tekun menghayati segala pekerjaan Tuhan,apapun resikonya,terutama harus tetap tegak berdiri ditengah berbagai derita dan salib,sebab tidak bisa menolak salib apapun,tetapi semua salib harus dipikulnya.

Yoh 15:5 Akulah pokok anggur dan kamulah ranting-rantingnya. Barangsiapa tinggal di dalam Aku dan Aku di dalam dia, ia berbuah banyak, sebab di luar Aku kamu tidak dapat berbuat apa-apa. Ranting hanyalah bagian terkecil dari dahan,dan dahan hanya bagian kecil dari cabang,dan cabang hanya bagian kecil dari pohon pokoknya.Umurnya super pendek.Maka hidup ini selaku murid Yesus yg hanya berupa sbg ranting yg rapuh,adalah kesempatan emas yang pertama dan terakhir untuk mengikuti jejak Yesus dg semaksimal mungkin.

Yoh 15:11 Semuanya itu Kukatakan kepadamu, supaya sukacita-Ku ada di dalam kamu dan sukacitamu menjadi penuh. Siapapun orangnya yang tidak mati-matian melawan perilaku hidup yang serba minus dan minor dalam dirinya,mereka sebenarnya tidak punya kehendak untuk meraih hidup sukacita dalam Tuhan.

Yoh 15:15 Aku tidak menyebut kamu lagi hamba, sebab hamba tidak tahu, apa yang diperbuat oleh tuannya, tetapi Aku menyebut kamu sahabat, karena Aku telah memberitahukan kepada kamu segala sesuatu yang telah Kudengar dari Bapa-Ku. Sahabat adalah sebutan dari surga.Tak ada para nabi yg menyebut umat-Nya adalah sahabat.Hanya Yesus satu-satunya yg menyebut semua murid-Nya,sahabat.Maka marilah antara kita pun saling menyebut satu sama lain : SAHABAT.Krn kita semua boleh tahu ttg rahasia illahi.Tak spt sebutan budak,tak boleh tahu urusan tuannya n bertanya perintah tuannya.

Yoh 15:16 Bukan kamu yang memilih Aku, tetapi Akulah yang memilih kamu. Dan Aku telah menetapkan kamu, supaya kamu pergi dan menghasilkan buah dan buahmu itu tetap, supaya apa yang kamu minta kepada Bapa dalam nama-Ku, diberikan-Nya kepadamu. Menjadi orang katolik yang berkwalitas dengan otomatis akan menjadi iklan-iklannya Kristus, menjadi iklannya Gereja Katolik,menjadi iklannya agama katolik,sebab dengan sendirinya akan memikat orang lain sehingga terpikat menjadi katolik.

Yoh 15:19 Sekiranya kamu dari dunia, tentulah dunia mengasihi kamu sebagai miliknya. Tetapi karena kamu bukan dari dunia, melainkan Aku telah memilih kamu dari dunia, sebab itulah dunia membenci kamu. Siapapun yang oposisi atas penghayatan iman kristiani,tandanya mereka tidak punya kebenaran ilahi yang sejati,biarpun mereka beragama.Maka jangan gentar. Yesus selalu akan berkata : INI AKU, JANGAN TAKUT.

Yoh 16:2 Kamu akan dikucilkan, bahkan akan datang saatnya bahwa setiap orang yang membunuh kamu akan menyangka bahwa ia berbuat bakti bagi Allah. Beragama tetapi perilakunya tidak beradab adalah sama dengan tidak mengenal Allah yang benar atau tidak ada Roh Allah dalam dirinya, tetapi yang ada dalam dirinya hanyalah roh jahat bin setan, iblis.

Yoh 16:8 Dan kalau Ia datang, Ia akan menginsafkan dunia akan dosa, kebenaran dan penghakiman; Kristiani yang ada Yesusnya akan anti berbuat dosa, akan taat pada firman-Nya dengan tanpa syarat, dan takut akan hari pengadilan Tuhan, sehingga hidupnya punya idealisme,kometment dan obsesi untuk menjadi orang suci dan sempurna dihadapan Tuhan Allah

Yoh 16:15 Segala sesuatu yang Bapa punya, adalah Aku punya; sebab itu Aku berkata: Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterimanya dari pada-Ku.” Semua ajaran resmi iman Gereja Katolik,apapun itu yang diajarkannya, adalah mutlak berasal dari Kristus,yang bangkit dan telah naik kesurga,yang IA sampaikan lewat Roh Kudus, imani saja dengan tanpa syarat,sebab kebenaran ilahi,kebenara…n surgawi,pasti akan membawa sukacita,kegembiraan,damai dan ketenteraman dalam Tuhan.

Yoh 16:24 Sampai sekarang kamu belum meminta sesuatupun dalam nama-Ku. Mintalah maka kamu akan menerima, supaya penuhlah sukacitamu. Meminta hal yang sejati kepada Kristus,berarti meminta hal-hal berkadar ilahi, surgawi,bukan hal-hal yang fana,temporer,tidak menjadi jaminan keselamatan ilahi.Maka permohonan yang sejati adalah mohon ROH KUDUS non stop,artinya hidupnya hanya mau dit…erangi,dicerahkan,dipimpin,dibina,dibimbing,dituntun,diarahkan kpd rencana Allah n kehendak Allah.

Yoh 16:32 Lihat, saatnya datang, bahkan sudah datang, bahwa kamu diceraiberaikan masing-masing ke tempatnya sendiri dan kamu meninggalkan Aku seorang diri. Namun Aku tidak seorang diri, sebab Bapa menyertai Aku. Orang yg punya kata2 spt Yesus tsb,dr bibirnya tak pernah akan terdengar kt KESEPIAN,KESENDIRIAN,sbb bagi dia tak mengenal kt2 tsb,baginya tak ada detik tanpa Tuhan,apalagi yg tiap hari sambut TUBUH TUHAN,riil dialami TUHAN… besertanya.Biar dunia+manusia meninggalkannya/secara fisik sendirian,ttp tak pernah mrasa sendirian.

Yoh 17:9 Aku berdoa untuk mereka. Bukan untuk dunia Aku berdoa, tetapi untuk mereka, yang telah Engkau berikan kepada-Ku, sebab mereka adalah milik-Mu. Merasul bukan hanya melayani dg aktif,ttp dpt merasul dg berdoa.Mendoakan orang lain,Gereja,Hirarkie,keluarga,masyarakat,bangsa,negara,dunia.Yg sehat fisik mental dpt merasul aktif+mendoakan sesama.Yg sakit,tua jompo dpt merasul dg mendoakan orang lain.Gunakan dari buku2 doa yg sudah ada.Orang yg bersemangat merasul secara aktif atau hanya mendoakan saja,akan slalu kekurangan waktu.

Yoh 17:14 Aku telah memberikan firman-Mu kepada mereka dan dunia membenci mereka, karena mereka bukan dari dunia, sama seperti Aku bukan dari dunia. Kekudusan anak-anak Tuhan hanya menjadi nyata karena dihayati di dunia yang ganas ini dengan hidup dalam kebenaran Allah dengan taat.

Yoh 17:20-21 Dan bukan untuk mereka ini saja Aku berdoa, tetapi juga untuk orang-orang, yang percaya kepada-Ku oleh pemberitaan mereka; supaya mereka semua menjadi satu, sama seperti Engkau, ya Bapa, di dalam Aku dan Aku di dalam Engkau, agar mereka juga di dalam Kita, supaya dunia percaya, bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku.Kesatuan Allah Tritunggal seharusnya menjadi dasar kesatuan kaum beriman dg mengedepankan persamaan bukan perbedaan.Sbb terjadinya perpecahan dlm relasi antar umat,warga,keluarga,krn imannya meremehkan Allah Tritunggal.Maka ikatan kasih dlm kesatuan Allah Tritunggal seharusnya menjadi kiblat persatuan umat.

Yoh 18:37 Maka kata Pilatus kepada-Nya: “Jadi Engkau adalah raja?” Jawab Yesus: “Engkau mengatakan, bahwa Aku adalah raja. Untuk itulah Aku lahir dan untuk itulah Aku datang ke dalam dunia ini, supaya Aku memberi kesaksian tentang kebenaran; setiap orang yang berasal dari kebenaran mendengarkan suara-Ku.” Tri tugas Yesus sbg nabi,imam,raja.Yg hrs menjd tugas tiap org katolik.NABI,mewartakan injil,menjadi Injil yg hidup,jg mengkatolikkan org lain.IMAM,menguduskan diri tanpa henti,jg dunia,via hidup dlm sakramen n kehendak Tuhan.RAJA, sejati memerintah dg melayani saja,berkorban demi rakyat

Yoh 19:15 Maka berteriaklah mereka: “Enyahkan Dia! Enyahkan Dia! Salibkan Dia!” Kata Pilatus kepada mereka: “Haruskah aku menyalibkan rajamu?” Jawab imam-imam kepala: “Kami tidak mempunyai raja selain dari pada Kaisar!” Salib telah mengalahkan : maut , dosa , kejahatan , penderitaan , iblis . The Cross is the sign of Victory. Dalam salib adalah keselamatan : IN CRUCE SALUS. Sebab dalam Kristus hanya hidup kekal, tidak kebinasaan . Semula lima oknum tsb adalah pembinasa manusia, tetapi karena salib dan kebangkitan-Nya mereka dikalahkan.

Yoh19:25-27 Dan dekat salib Yesus berdiri ibu-Nya dan saudara ibu-Nya, Maria, isteri Klopas dan Maria Magdalena. Ketika Yesus melihat ibu-Nya dan murid yang dikasihi-Nya di sampingnya, berkatalah Ia kepada ibu-Nya: “Ibu, inilah, anakmu!” Kemudian kata-Nya kepada murid-murid-Nya: “Inilah ibumu!” Dan sejak saat itu murid itu menerima dia di dalam rumahnya. Yesus melantik Bunda Maria menjadi Bunda Gereja,Bunda kaum beriman,dan menyerahkan kaum beriman dalam naungan sepenuhnya ibu-Nya yg berhati ilahi,dan agar kaum beriman menjadikan Bunda Maria adalah Bundanya yg sejati.Maka …sapa dan cari Bunda Maria setiap waktu,sbb ia tahu suka duka anak-anaknya.

Yoh 20:1 Pada hari pertama minggu itu, pagi-pagi benar ketika hari masih gelap, pergilah Maria Magdalena ke kubur itu dan ia melihat bahwa batu telah diambil dari kubur. Tanpa kebangkitan Yesus sama dengan tidak ada Allah. Sehingga semua ajaran agama tentang Allah akan tumbang. Tepatlah mereka yang haus dan lapar yang mencari kebenaran hidup dalam Allah, mengimani Yesus yang bangkit, sebab kuasa Allah nyata dalam kebangkitan-Nya tsb, sebab belum ada orang mati yang bangkit. SELAMAT PASKAH all of you.

Yoh 20:7 sedang kain peluh yang tadinya ada di kepala Yesus tidak terletak dekat kain kapan itu, tetapi agak di samping di tempat yang lain dan sudah tergulung. Org katolik yg normal hus pernah punya pengalaman akan Allah,shigg ketika itu mengalami kekaguman, keheranan, keajaiban, terpukau, bangga,senang,gembira,bersukacita n bahagia krn imannya katoliknya,agama katoliknya,Gereja katoliknya,shgg semakin membuat kepasti…an dg imannya n pengalaman rohani tsb hrs pula dibagiakn kpd org lain,tak dimiliki sendiri

Yoh20:29 Kata Yesus kepadanya: “Karena engkau telah melihat Aku, maka engkau percaya. Berbahagialah mereka yang tidak melihat, namun percaya.”Kendati suka ada yang minta bukti atas kuasa Tuhan,karena Tuhan baik hati, akan memberikan. Namun dibalik mujizat tsb sesungguhnya Tuhan menuntut pertobatan,iman yang makin radikal dan murni.

Yoh21:15 Sesudah sarapan Yesus berkata kepada Simon Petrus: “Simon, anak Yohanes, apakah engkau mengasihi Aku lebih dari pada mereka ini?” Jawab Petrus kepada-Nya: “Benar Tuhan, Engkau tahu, bahwa aku mengasihi Engkau.” Kata Yesus kepadanya: “Gembalakanlah domba-domba-Ku.” Mengaku beriman ttp tak diresapi firman tsb & tak pernah tergugat firman tsb sm dg tak membutuhkan Tuhan Allah,iman,agama,Gereja.Sbb jika pengakuan imannya persis sm dg firman tsb,ia sm dg menghayati ikrar sumpah setia smp mati akan membuktikan kasihnya kpd Tuhan,sbb firman tsb sm dg berkata,Tuhan jangan menyangsikan imanku kpdMu

Yoh 21:22 Jawab Yesus: “Jikalau Aku menghendaki, supaya ia tinggal hidup sampai Aku datang, itu bukan urusanmu. Tetapi engkau[Petrus]: ikutlah Aku.” Hingga detik ini,Yesus menantang semua murid-Nya,harus konskwen dg tekadnya yg pernah diikrarkan dalam imannya,untuk menjadi orang Kristiani yg setia dalam mengikuti jejak Kristus.Tak usah ikut campur urusan orang lain yg bukan urusannya,sbb urusan dirinya adalah total menjadi saksi Kristus dan InjilNya,apapun yg terjadi di luar dirinya,cermin tunggalnya hanya Kristus.

Markus 1:1.5 Inilah permulaan Injil tentang Yesus Kristus, Anak Allah. Lalu datanglah kepadanya orang-orang dari seluruh daerah Yudea dan semua penduduk Yerusalem, dan sambil mengaku dosanya mereka dibaptis di sungai Yordan. Punya dua tangan yang kuat dan sehat,tetapi tidak mendatangkan karunia berkat bagi orang lain, tidak bisa menjadi menjadi penyambung tangan-tangan Tuhan,adalah tangan yang mati,lumpuh,bengkok,kusta,’tekle’.

Markus 1:17 Yesus berkata kepada mereka: “Mari, ikutlah Aku dan kamu akan Kujadikan penjala manusia.” Hidup tidak berharga di mata Allah,jika tanpa melayani,tanpa mengkatolikkan orang lain,ujungnya bakal binasa abadi bersama dunia ini,sbb hanya mendewakan keselamatan dunia saja.Maka harus sekaligus menjadi orang katolik yg militant, yg menolak menjadi budaknya dunia,ttp prioritas menjadi budaknya Allah.

Markus 1:25-26 Tetapi Yesus menghardiknya, kata-Nya: “Diam, keluarlah dari padanya!” Roh jahat itu menggoncang-goncang orang itu, dan sambil menjerit dengan suara nyaring ia keluar dari padanya. Yesus dimana saja slalu menghardik dg keras dan tanpa kompromi para preman berkedok nabi atau berkedok holyman,sbb hanyalah iblis yg gentayangan,maka harus kita teruskan pekerjaan Yesus tsb,kita ikuti jejakNya tsb,jangan menolak,yg menolak sama dg kolaborasi dg iblis,menjadi budaknya iblis.

Markus 1:35 Pagi-pagi benar, waktu hari masih gelap, Ia bangun dan pergi ke luar. Ia pergi ke tempat yang sunyi dan berdoa di sana. Hadir dihadapan Allah selain utk memuji, memuliakan, berterimakasih, bersyukur, mengagungkan,memohon,ttp adalah juga tempat yg paling tepat utk mengambil keputusan yg penting apa yg harus dikerjakan pada hari ini.Hal itu akan slalu dilakukan siapapun jika mau hidup menurut kehendak Allah

Markus 1:40 Seorang yang sakit kusta datang kepada Yesus, dan sambil berlutut di hadapan-Nya ia memohon bantuan-Nya, katanya: “Kalau Engkau mau, Engkau dapat mentahirkan aku.”Dalam Yesus segala kebutuhan manusia sudah tersedia,jika iman tsb ada,akan membuat hidup ini selalu damai.

Markus 2:5 Ketika Yesus melihat iman mereka, berkatalah Ia kepada orang lumpuh itu: “Hai anak-Ku, dosamu sudah diampuni!” Doa yang dilandasi iman yang total kepada Yesus,doanya pasti dikabulkan,kendati mendoakan orang lain yang tidak seiman.

Markus 2:14 Kemudian ketika Ia berjalan lewat di situ, Ia melihat Lewi anak Alfeus duduk di rumah cukai lalu Ia berkata kepadanya: “Ikutlah Aku!” Maka berdirilah Lewi lalu mengikuti Dia. Orang yang aktif,kreatif,produktif iman katoliknya,adalah mereka yang layak disebut pengikut Yesus

Markus 2:22 Demikian juga tidak seorangpun mengisikan anggur yang baru ke dalam kantong kulit yang tua, karena jika demikian anggur itu akan mengoyakkan kantong itu, sehingga anggur itu dan kantongnya dua-duanya terbuang. Tetapi anggur yang baru hendaknya disimpan dalam kantong yang baru pula.” Anggur baru=imankatolik, ajarankatolik, tradisikatolik, liturgikatolik,agamakatolik,Gerejakatolik,Yesus Kristus,yg menandaskan dg total TAK MAU disatukan,dimadu,dipoligami dg macam2 kepercayaan+agama lama yg masih dipercayai,semua itu HRS TOTAL dibersihka…n,org hrs menjadi katong baru utk imani Kristus,baru IA akan menjadi juruselamat,berkat yg sempurna

Markus 2:28 jadi Anak Manusia adalah juga Tuhan atas hari Sabat.” Dari firmanNya tsb Yesus menyatakan Diri Penguasa atas segalanya,atas langit dan bumi,atas manusia dan semua kepecayaan dan agamanya,atau Ia menyatakan Diri, ALLAH. Adalah signal ilahi,agar manusia melucuti seluruh keparcayaan dan agamanya yg kontas dg iman katolik,maka sembah total Yesus katolik saja.

Markus 3:13 Kemudian naiklah Yesus ke atas bukit. Ia memanggil orang-orang yang dikehendaki-Nya dan merekapun datang kepada-Nya. Ia menetapkan dua belas orang untuk menyertai Dia dan untuk diutus-Nya memberitakan InjilJika iblis dpt menyebut jati diri Yesus yg asli,smg sebutan kita pd Yesus Anak Allah,bukan sekedar dibibir,latah,ttp sudah menjadi penghayatan iman yg total,sbb sudah menjadi darah-dagingnya sendiri,s…ehingga dirinya selaku anak Allah sungguh menjadi dublikatnya Yesus Anak Allah. Siapa terpilih,termasuk bilangan manusia langka bin istimewa,spt rasul2,sbb bisa lolos dari saringan,test,ujian,menjadi bukan sembarang manusia,itulah realitas diri kita,sbg bangsa pilihan Allah yg ditetapkan sejak semula diselamatkan dlm Kristus,karuniaNya yg tiada tara,mk kita hrs bahagia dan bangga menjadi katolik

Markus 3:21 Waktu kaum keluarga-Nya mendengar hal itu, mereka datang hendak mengambil Dia, sebab kata mereka Ia tidak waras lagi. Penghayatan iman katolik yang total,kendati sendirian saja, tidak gentar hidup dalam kebenaran Allah yang murni,apapun resikonya. Memang tidak enak disebut:tidak waras,kerasukan iblis,pelahap,peminum,kerasukan baalsebul penghulu setan.Ttp memikul salib tak bisa ditolak

Markus 3:35 Barangsiapa melakukan kehendak Allah, dialah saudara-Ku laki-laki, dialah saudara-Ku perempuan, dialah ibu-Ku.” Yesus tak anti relasi sedarah,ttp relasi sedarah mudah pudar.Ikatan persaudaraan sejati harus menghadirkan surga dimana-mana,kuncinya kalau manusia rela melakukan kehendak Allah=melakukan Firman Tuhan.Relasi sedarah dapat menjadi modalnya.

Markus 4:3 Dengarlah! Adalah seorang penabur keluar untuk menabur (benih=Injil).RELA MENJADI PENABUR nilai-nilai hidup yang Injili,jangan cepat-cepat bertanya mana hasilnya,sebab dasarnya adalah komitment untuk menjadi PENABUR dengan setia,tanpa henti,tak kenal lelah,hasil atau tidak berhasil,berbuah atau tidak berbuah,maju terus pantang mundur.

Markus 4:25 Karena siapa yang mempunyai, kepadanya akan diberi, tetapi siapa yang tidak mempunyai, apapun juga yang ada padanya akan diambil dari padanya.”Semua ajaran Gereja Katolik hrs diimani sbg wahyu Allah yg tak dpt menyesatkan.Sbb semua ajaran iman katolik persis yg dikatakan pd Kitab Suci ttp sekaligus penggalian ajaran iman apapun yg masih tersirat,tersembunyi,rahasia pd KS+apapun yg diajarkan Gereja Katolik direstui Sorga.Imani sj dg tanpa syarat.

Markus 4:31 Hal Kerajaan itu seumpama biji sesawi yang ditaburkan di tanah. Memang biji itu yang paling kecil dari pada segala jenis benih yang ada di bumi. Jika seseorang sadar bahwa imannya,hidup rohaninya harus bertumbuh,seperti pohon hingga makin besar,perkasa,maka orang akan menghidupinya dengan segala pekerjaan yang berkadar demi Yesus Kristus,demi iman katolik,demi Injil,demi agama katolik,demi Gereja katolik non stop.

Markus 4:40 Lalu Ia berkata kepada mereka: “Mengapa kamu begitu takut? Mengapa kamu tidak percaya?”Abaikan Allah yg peduli,akan andalkan kekuatannya sendiri,ttp ketahanannya hanya seumur jagung saja.Pd sisi lain,org sering takut menghadapi badai kehidupan,hanya mau berdamai dg penderitaan tsb,hidup ini enak tidak enak akan dilakoni,krn selama masih didunia,derita+air mata akan selalu terjadi

Markus 5:8 Karena sebelumnya Yesus mengatakan kepadanya: “Hai engkau roh jahat! Keluar dari orang ini!” Berani menyebut diri:’aku iblis’,’aku dikalahkan setan’.Ketika perkataan n tindakkan,salah n buruk,sbb kontras dg jati diri katolik yg tulen kristiani.Jangan hanya bisa mengkambing hitamkan iblis,setan,roh jahat,ttp hrs juga berani mengkambing hitamkan diri sendiri,ketika penghayatan iman katoliknya minus n minor.

Markus 6:3 Bukankah Ia ini tukang kayu, anak Maria, saudara Yakobus, Yoses, Yudas dan Simon? Dan bukankah saudara-saudara-Nya yang perempuan ada bersama kita?” Lalu mereka kecewa dan menolak Dia. Jangan takut ditolak. Kendati menyakitkan. Manusia mengukur sesamanya sering hanya sebatas yang nampak.Like and dislike. Namun Tuhan akan melihat hati,jiwa,nalar manusia yang punya kelebihan : iman,rohani, kebaikan,kebenaran,kejujuran,kebijaksanaan. Sbb semua itu lebih berharga di mata Tuhan.

Markus 6:8-9 dan berpesan kepada mereka supaya jangan membawa apa-apa dalam perjalanan mereka, kecuali tongkat, rotipun jangan, bekalpun jangan, uang dalam ikat pinggangpun jangan, boleh memakai alas kaki, tetapi jangan memakai dua baju.Tanggap menjadi utusan Tuhan,spt kita katakan pd akhir misa, imam berkata,MARILAH PERGI!KITA DIUTUS.AMIN.utusan tak boleh bawa apa-apa, mau menekankan bahwa menjadi utusan Allah hanya total mewartakan ajaran Yesus dan Gereja-Nya,orang tidak boleh mewartakan pendapatnya sendiri,logika sendiri,keinginannya sendiri,kehendaknya sendiri,juga tidak boleh membawa-bawa adat,budayanya,latar belakang hidupnya sendiri,tetapi murni yg harus diwartakan hanya Injil,adat istiadat katolik,ajaran katolik,tradisi katolik, iman katolik, liturgi katolik,devosi katolik,dogma katolik saja.

Markus 6:18 Karena Yohanes pernah menegor Herodes: “Tidak halal engkau mengambil isteri saudaramu!” Hidup tanpa teguran,kritik bagaikan pisau tak pernah diasah,akibatnya kepribadiannya,imannya,rohaninya tak tumbuh normal.Hidup spt itu abnormal.Kritik tak menyenangkan,ttp bagi org yg sehat,kritik,teguran tsb justru menjadi motivasi utk membenahi segala kelemahan dirinya,bahkan diteguhkan dg berani mengritik, menegur,menyalahkan diri,itulah penghayatan hidup katolik yg benar

Markus 6:22 Pada waktu itu anak perempuan Herodias tampil lalu menari, dan ia menyukakan hati Herodes dan tamu-tamunya. Raja berkata kepada gadis itu: “Minta dari padaku apa saja yang kauingini, maka akan kuberikan kepadamu!” Kata-kata yang sudah diucapkan tidak bisa dijilat kembali. Jika berupa kutukan akan menjadi kutukan. jika berupa fitnah akan tetap menjadi fitnah, jika berupa berkat akan tetap menjadi berkat, jika berupa gosip, menghasut, akan sama. semua kata yang terucap tidak akan berubah, kalau sudah meluncur dari bibir. penyesalan kemudian terlambat.

Markus 6:31 Lalu Ia berkata kepada mereka: “Marilah ke tempat yang sunyi, supaya kita sendirian, dan beristirahatlah seketika!” Sebab memang begitu banyaknya orang yang datang dan yang pergi, sehingga makanpun mereka tidak sempat. Ada waktu sendirian dengan Yesus, untuk memurnikan diri, harus dipaksakan, sebab karya dan pelayanan sering sulit ditinggalkan, agar motivasi karya dan pelayanan tetap selaras dengan kehendak Tuhan.

Markus 6:38 Tetapi Ia berkata kepada mereka: “Berapa banyak roti yang ada padamu? Cobalah periksa!” Sesudah memeriksanya mereka berkata: “Lima roti dan dua ikan.” Berkorban adalah intinya melayani. Jika keduanya ada, orang baru dapat memberikan diri yang terbaik kepada sesamanya.

Markus 6:50 sebab mereka semua melihat Dia dan merekapun sangat terkejut. Tetapi segera Ia berkata kepada mereka: “Tenanglah! Aku ini, jangan takut!” Jika belum berjuang habis-habisan dengan mengerahkan seluruh energinya,skillnya,ilmunya,relasinya,modalnya,harta miliknya, keyakinannya, imannya,nyaris di leher, demi mengatasi krisis hidup apapun, [ekonomi, sosial, politik]. Tuhan belum akan menjadi malaekat penolong.

Markus 6:56 Ke manapun Ia pergi, ke desa-desa, ke kota-kota, atau ke kampung-kampung, orang meletakkan orang-orang sakit di pasar dan memohon kepada-Nya, supaya mereka diperkenankan hanya menjamah jumbai jubah-Nya saja. Dan semua orang yang menjamah-Nya menjadi sembuh. Permohonan yg hanya berkadar kebutuhan2 fisik,tanda imannya kpd Tuhan masih terbatas,tak mengimani Tuhan sumber hidupnya total,doa tsb belum minta apa2,sbb masih serba fana,dan semua yg fana bakal lenyap dibawa mati,mk mintalah semua anugerahNYA yg berkadar hidup kekal. anugerah yg berkadar kekal sperti : keselamatan, kejujuran,kebenaran, pengabdian,pengorbanan,cintakasih,kebaikan,kerendahan hati,persahbatan,mengampuni,mengerti,menerima orang lain seperti apa adanya,ketabahan,kesetiaan,kesabaran,kebijaksanaan,sukacita,kesalehan,kesucian,….dst, semuanya itu ada pada Tuhan,mengapa tidak diminta padaNYA,karena tidak mengimani Tuhan bisa memberikan semua anugerah tsb,jika iman tsb terus berlanjut,katoliknya bakal luntur,mungkin gugur.

Markus 7:8 Perintah Allah kamu abaikan untuk berpegang pada adat istiadat manusia.” Adat istiadat dan agama apapun tak sebanding dgn iman kpd Yesus Kristus,sbb Ysus Kristus adalah puncak wahyu Allah,Ia inkarnasi Allah,mk selamatnya-tidaknya manusia ditangan Yesus Kristus.So,hanya iman,agama,Gereja,tradisi,liturgi,ajaran,adat Katolik saja yg menyelamatkan manusia.

Markus 7:15 Apapun dari luar, yang masuk ke dalam seseorang, tidak dapat menajiskannya, tetapi apa yang keluar dari seseorang, itulah yang menajiskannya.” Dikatakan semua makanan dihalalkan.Ttp makanan beracun,busuk,tak bergizi,dapat curi,dpt beli dari uang KKN,rampasan,jarahan adalah najis.

Markus 7:18 Maka jawab-Nya: “Apakah kamu juga tidak dapat memahaminya? Tidak tahukah kamu bahwa segala sesuatu dari luar yang masuk ke dalam seseorang tidak dapat menajiskannya. Kendati demikian,toh jika orang menyantap makanan yang didapat dg kejahatan,milik apapun pula yg didapat dg kejahatan adalah najis,juga makanan yg basi,beracun,busuk,tak bergisi,termasuk najis kalau dimakan.Termasuk miras,narkoba tidak menye…hatkan,termasuk najis.makan yg jor-joran,tak tahu batas,terbilang najis sbb tidak menyehatkan,buruk.

Markus 7:28 Tetapi perempuan itu menjawab: “Benar, Tuhan. Tetapi anjing yang di bawah meja juga makan remah-remah yang dijatuhkan anak-anak.” Sikap iman yg mengandalkan pd ketergantungan total dgn tanpa syarat kep Allah,mk org akan menerima cintakasih yg sejati dari Allah.Sbb sikap iman tsb mengandaikan mau melenyapkan semua ketergantungan diri pada apapun,dan hanya berkomitment mengutamakan utk mencari Kerajaan Allah n kebenaranNya terlebih dahulu

Markus  7:37 Mereka takjub dan tercengang dan berkata: “Ia menjadikan segala-galanya baik, yang tuli dijadikan-Nya mendengar, yang bisu dijadikan-Nya berkata-kata.” Orang-orang katolik yang bergelar anak-anak Allah harus punya komitmen dalam kata dan perbuatan hanya akan memberikan diri yang terbaik saja dalam menghayati imannya dan hidupnya

Markus 8:2 Hati-Ku tergerak oleh belas kasihan kepada orang banyak ini. Sudah tiga hari mereka mengikuti Aku dan mereka tidak mempunyai makanan. Memberi seketika pada yang butuh,jika Anda mampu, berikanlah.Jangan ditunda.Anda tak akan bangkrut. Menjadi seperti orang Samaria yang baik, tak perlu pakai teori sosial dan logika. Barulah Anda punya belaskasihan Allah.

Markus 8:12 Maka mengeluhlah Ia dalam hati-Nya dan berkata: “Mengapa angkatan ini meminta tanda? Aku berkata kepadamu, sesungguhnya kepada angkatan ini sekali-kali tidak akan diberi tanda.” Secara tersirat ayat tsb menegaskan bahwa Yesus adalah juru selamat mns.Org yg minta tanda dr surga,takkan selamat.Sbb sm dg menolak diselamatkan Allah dalam,melalui,oleh Yesus Kristus.Dan org yg menolak diselamatkan Allah sm dgn menghojat Roh Kudus.Maka takkan diampuni,ditebus dosanya bin tidak diselamatkan,sbb menyangkal Yesus adalah Mesias

Markus 8:15 Lalu Yesus memperingatkan mereka, kata-Nya: “Berjaga-jagalah dan awaslah terhadap ragi orang Farisi dan ragi Herodes.” .Herodes simbol sejuta kejahatan,Farisi simbol kesalehan yg munafik.Sadari diri kalau memang blm punya iman militan,setangguh batu karang,bahwa Kristus saja juruselamatnya,Tuhannya,Allahnya,Penebusnya,yg tunggal,tak terbantahkan,tak tertandingi,tak terbadingkan,jangan sembarangan memasuki wilayah Farisi dan Herodes,pasti tergilas n lumat

Markus 8:34 Lalu Yesus memanggil orang banyak dan murid-murid-Nya dan berkata kepada mereka: “Setiap orang yang mau mengikut Aku, ia harus menyangkal dirinya, memikul salibnya dan mengikut Aku. Jangan merasa telah memikul salib hidupnya,kalau belum jungkir balik hingga nyaris tak berdaya dan nyaris kehabisan energi dalam rangka mempertahankan iman katoliknya agar tetap setia dan taat kepada Kristus dan Gereja-Nya.

Markus 9:42 Barangsiapa menyesatkan salah satu dari anak-anak kecil yang percaya ini, lebih baik baginya jika sebuah batu kilangan diikatkan pada lehernya lalu ia dibuang ke dalam laut. Betapa Tuhan tidak bisa toleransi kpd siapapun yg menyesatkan anak-anak Tuhan.Bahwa orang spt mereka adalah lebih baik dibinasakan sebelum kiamat. Sungguh berbahagia kita sebab telah menjadi anak-anak Tuhan.Ternyata kita tepat,jitu,persis pada sasarannya dalam mencari keselamatan dalam Tuhan,dan ternyata pula secara luar biasa kita dibela Tuhan dengan super sempurna.Sebab kita telah menjadi milik pusaka kepunyaan-Nya yang permanent dan kekal,sehingga tidak seorangpun boleh merusak-Nya.

Markus 10:5 Lalu kata Yesus kepada mereka: “Justru karena ketegaran hatimulah maka Musa menuliskan perintah ini untuk kamu. Yg nikah diGereja Katolik,nekad cerai lalu nikah lagi [biasanya diluar katolik,sbb tak bisa nikah lagi dikatolik] adalah berdosa berat,sbb dg sengaja,sadar,berterus terang,tanpa tedeng aling2 melawan ajaran iman katolik,bahkan=murtad.Mk setiap pasutri hrs sll berkiblat pd pasutri Adam Hawa,hidupnya pasti terberkati. Adam Hawa ketika di firdaus rukun,ketika di dunia kendati hidup mereka sulit dan berat tetap rukun.Dari situlah pernikahan mendapat maknanya yg tidak terceraikan. Namun makna paling mendasar atas ajaran ‘tak terceraikan’ tsb sesungguhnya adalah kata lain dari pada ajaran Yesus tentang menghayati iman yg lurus,murni,tulen hanya kepada Kristus dalam teks dan konteks katolik,dengan setia,taat tanpa syarat,dgn pendirian yg membaja, hanya Kristus saja juruselamatnya,Tuhan Allahnya,yg tunggal dan mutllak,tak terbatahkan,tak tergantikan,tak terbadingkan.Dan lebih mendalam lagi adalah penandasan diri Allah bahwa hubungan Kristus dan Gereja-Nya,Umat Allah, adalah selalu setia ; Gereja-Nya setia kpd Kristus dan sebaliknya Kristus setia kpd Gereja-Nya.Maka perceraian menandakan bahwa orang ngaku beragama,beriman,berTuhan,berAllah,tetapi tidak pernah mencari Allah,sebab tidak takut pada Allah,alias tidak takut dengan dosa,tidak takut akan akibat minus dari dosa.

Markus 10:11-12 Lalu kata-Nya kepada mereka: “Barangsiapa menceraikan isterinya lalu kawin dengan perempuan lain, ia hidup dalam perzinahan terhadap isterinya itu. Dan jika si isteri menceraikan suaminya dan kawin dengan laki-laki lain, ia berbuat zinah.”Orang cerai biasanya calon baru sudah menunggu.Ttp ayat tsb menandaskan,perceraian bukan alternatif dari perkawinan kristen. Jika demikian bercerai adlh dosa;kawin lagi juga dosa.Zinah adalah dosa berat,sbb melawan 10perintah. Cerai melawan injil. Melawan Injil sama dg melawan Kristus. Melawan Kristus sama dg melawan ALLAH TRITUNGGAL MAHA KUDUS. Yg menjadi inti iman kristiani. Menyangkal Allah Tritunggal samadengan hidup dalam kutuk dosa, tidak ada segala sesuatu yg dilakukan dalam hidupnya yg bakal mendatangkan keselamatan.Mungkin hidupnya dalam dunia ini nampak selamat, ttp batinnya, rohaninya keropos. Batin yg keropos,hidupnya tak akan merasa tenang,damai,tenteram,bahagia,segala tawa dan senyumnya hanya kepalsuan,sebab tak bisa bersyukur,jika bersyukur tidak tulus sbb hanya kumpulan kata-kata yg hambar saja,sebab bukan keluar dari hati yg suci,yg taat pada Tuhan. Bgmn mungkin hidup yg melawan firman Tuhan bisa bersyukur kpd Tuhan.

Markus 10:21 Tetapi Yesus memandang dia dan menaruh kasih kepadanya, lalu berkata kepadanya: “Hanya satu lagi kekuranganmu: pergilah, juallah apa yang kaumiliki dan berikanlah itu kepada orang-orang miskin, maka engkau akan beroleh harta di sorga, kemudian datanglah ke mari dan ikutlah Aku.Tuhan sudah menentukan tugas panggilan mulia tertentu bagi setiap muridNya demi Kerajaan Allah,apapun bentuk pekerjaannya,maka mutlak harus dilakukan dg mati-matian,sbb setiap murid yg menyadari tugasnya berbobot spt itu,mereka tidak akan usil,jahil atas tugas orang lain,sbb orang harus mempertanggungjawabkan tugasnya dg habis-habisan.

Markus 10:25 Lebih mudah seekor unta melewati lobang jarum dari pada seorang kaya masuk ke dalam Kerajaan Allah.”Kawatir miliknya berkurang kendati hanya seibarat lobang jarum,Tuhan tak bisa menyelamatkan,sbb keselamatan mutlak mengikatkan diri total pd Tuhan,shgg diluar Tuhan baginya tak ada ikatan yg mutlak,mk tak takut kehilangan milik,bahkan orang yg paling dicintainya.

Markus 10:31 Tetapi banyak orang yang terdahulu akan menjadi yang terakhir dan yang terakhir akan menjadi yang terdahulu.” Jaminan keselamatan surgawi dan kemuliaan ilahi yang pasti,karena rahmat pembaptisan,jika tidak dihidupi dengan semangat kristiani yang permanen,akhirnya akan terhapus.Sbb beriman yang jujur dan benar mutlak harus aktif,tidak apatis dan statis,harus mengolah dan menaggapi imannya tanpa henti.

Mk 10:34 dan Ia akan diolok-olokkan, diludahi, disesah dan dibunuh, dan sesudah tiga hari Ia akan bangkit.” Siapapun orangnya tidak ada yang mau diperlakukan sehina dan senista itu,sebab punya harga diri,maka hukumnya pula kalau merasa sebagai orang yang terhormat,tindakkannya juga harus terhormat,janganlah sampai bertindak seburuk apapun kepada sesamanya.Namun de…mi membela imannya kpd kristus kalau harus dihina,akan dihadapi dg sukacita.

Markus 10:45 Karena Anak Manusia juga datang bukan untuk dilayani, melainkan untuk melayani dan untuk memberikan nyawa-Nya menjadi tebusan bagi banyak orang.” Kata pelayan dari kata SLAVE, budak,hamba,jongos. Jongos tulen di jaman Yesus siap bekerja apa saja,kapan saja,hidupnya hanya untuk berbakti dan mengabdi total majikannya.Murid Yesus yg tulen tidak malu menyebut diri : Akulah jongos Kristus

Markus 10:51 Tanya Yesus kepadanya: “Apa yang kaukehendaki supaya Aku perbuat bagimu?” Jawab orang buta itu: “Rabuni, supaya aku dapat melihat!” Org yg melek dlm Tuhan,slalu akan bertanya kpdNya. “Tuhan,apa yg ENGKAU kehendaki aku perbuat bagimu?” Yg melek takkan menjadi bencana+petaka bagi sesamanya,ttp menjadi berkat,menjadi kaki-tangan Tuhan, menjadi anteknya Tuhan,menjadi penyambung hati,tangan,lidah Tuhan.Dapat melihat dg mata fisik saja adalah biasa,kendati demikian masih ada yg tak bisa melihat,namun orang yang punya mata sejati berarti bisa melihat dg mata hati,mata batin,mata rohani,dan finalnya bisa melihat bahwa keselamatan Allah yg sejati hanya mutlak diberikan dalam Yesus Kristus,hingga terpikat menghayati hidup mengikuti hidup Yesus.

Markus 11:23 Barangsiapa berkata kepada gunung itu : Beranjaklah dan tercampaklah kedalam laut, maka hal itu akan terjadi asal ia tidak bimbang hatinya. Iman yg total kpd Kristus akan mengalahkan benturan dan salib seberat apapun,bahkan kendati kokoh kuat spt gunung.Iman kristianinya akan tetap murni,utuh,tidak luntur,gugur,hancur,sbb imannya lebih berharga dari segala miliknya dan tantangannya.

Markus 11:33 AKUPUN TAK AKAN MENGATAKAN KEPADA KALIAN DENGAN KUASA MANAKAH AKU MELAKUKAN HAL-HAL ITU.Orang yg mengetahui suatu kebenaran,yg seharusnya iapun melakukannya,ttp ia tak mau melakukannya,justru malah pura-pura tak tahu,ia adalah sm dg iblis,waspadai orang2 seperti itu,cirinya pandai bersilat lidah,awas terjebak …dg kata-katanya yg suka diplintir,kemana-mana membawa onar dan oposisi,karena bermental farisi

Markus 12:30 Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu dan dengan segenap kekuatanmu. Jangan menyebut diri telah menyembah Tuhan Allahmu,kalau dalam hidupmu masih kental dengan sikap like and dislike pada ajaran iman resmi Gereja katolik.

Markus 12:42 Lalu datanglah seorang janda yang miskin dan ia memasukkan dua peser, yaitu satu duit. Inti hidup selaku orang katolik ialah beribadah secara benar+beribadah yang benar kpd Allah yang benar,sbb berani berbagi hidup,keberanian utk berkorban,menjadikan diri bagaikan altar Tuhan,mengalirkan makanan+minuman yg cukup bagi siapa saja

Markus 13:32 Tetapi tentang hari atau saat itu tidak seorangpun yang tahu, malaikat-malaikat di sorga tidak, dan Anakpun tidak, hanya Bapa saja.” Org suka gengsi mengatakan TIDAK TAHU,maka lalu menjadi SOK TAHU,akibatnya menjadi angkuh,tak mengenal sikap rendah hati,akibatnya sikapnya anarkis dan destruktif.Yesus,Tuhan kita saja berani berkata jujur, TIDAK TAHU kapan kiamat. Maka orang katolik yg sok tahu dalam arti apapun,katoliknya busuk,setali tiga uang dgn kafir,murtad,sesat,atheis, sebab tidak memiliki sikap sang gurunya Yesus yg jujur,rendah hati.Yesus mengajarkan kita berani berkata TIDAK TAHU, agar hidup selalu berjuang mati-matian untuk mengusahakan hidup yang terbaik,selaras dg iman katolik,dg Injil,dg Yesus Kristus,sbb kiamat hidup kita tak pernah kita ketetahui,Allah Bapa tidak membuka rahasia kiamat hidup kita,karena tidak ada artinya beriman,percaya,menyembah Allah kalau sudah tahu segala rahasia-Nya.Kiamat yang berarti dibangkitkan atau dibinasakan tsb,mengandaikan agar hidup masa kini harus dirawat,dijaga,dipelihara dengan hati2,sehingga segala tindakkan kita yang bakal mendatangkan sesal kemudian jangan sampai terjadi,sesal kemudian tidak ada artinya.Apalagi kalau tindakkan masa lalu tsb telah mendatangkan bencan dan malapetaka yang super buruk. Perbuatan bejad,buruk, bobrok masa lalu tidak bisa dipulihkan lagi,derita,duka,air mata tak bisa dihapus hanya dgn sesal,hukuman dan kutuk lambat atau cepat akan menimpa manusia SOK TAHU tsb.Sebab setiap dosa ada hukumannya.

Markus 16:15 Lalu Ia berkata kepada mereka: “Pergilah ke seluruh dunia, beritakanlah Injil kepada segala makhluk. Berobsesi mengkatolikkan orang lain adalah wajib.Namun menghayati iman katolik dengan tanpa syarat adalah mutlak.

Markus 16:18 mereka akan memegang ular, dan sekalipun mereka minum racun maut, mereka tidak akan mendapat celaka; mereka akan meletakkan tangannya atas orang sakit, dan orang itu akan sembuh.” Seorang abdi Allah sejati,pelayan asli,diakon tulen,pantang mundur kendati medan pelayanannya membahayakan nyawanya.Sbb landasannya tanpa pamrih dan hidupnya hanya berkadar memberikan diri total kepada Allah yang agung,bahkan yang hidup dalam dirinya hanyalah logika Allah,hati Allah,jiwa Allah.

This entry was posted in Religi and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Notify me of followup comments via e-mail. You can also subscribe without commenting.