Is it a pain to buy online ?

Kita menyadari maraknya bisnis online dewasa ini. Hampir setiap orang yang aktif di dunia maya sudah mengenal jenis bisnis ini, bahkan sebagian dari mereka terlibat, entah sebagai pembeli, penjual atau pembuat software toko online. Mengapa bisnis online menjadi makin populer ? Banyak alasan yang bisa diutarakan. Mari kita lihat dari sisi penjual. Mempunyai bisnis sampingan atau bisnis utama sepertinya sudah menjadi keinginan hampir banyak orang. Sayangnya kebanyakan dari mereka juga kepentok dengan urusan modal. Mereka perlu dana untuk mempunyai toko, punya modal untuk design toko mereka, punya modal untuk peralatan toko seperti mesin kas, pembersih, Air Conditioner, dll, perlu modal untuk membayar pekerja, dan masih banyak dana lainnya yang diperlukan untuk membuka toko, tanpa kita tahu apakah modal yang kita keluarkan akan kembali. Dengan menggunakan toko online, semua biaya tersebut bisa dihapus. Tidak perlu menyewa toko, ruko. Tidak perlu mempekerjakan karyawan. Tidak perlu menyediakan AC, mesin kas, dll. Semua bisa diatasi dengan toko online.

Toko online bisa didapat dengan berbagai cara, dari gratis sampai dengan biaya tertentu. Beberapa blog menyediakan jasa toko online secara gratis, atau kita bisa membeli software toko online. Beberapa orang/perusahaan menjual software toko online dengan biaya sangat terjangkau, yaitu 300ribu, Anda sudah bisa mempunyai toko sendiri. Wah! Sungguh menakjubkan!
Mempunyai toko online juga kita bisa menyediakan stok yang terbatas, tidak perlu menyediakan banyak stok untuk pajangan. Sungguh menyenangkan!

Dengan toko online, penjual juga tidak perlu menghabiskan banyak waktu dengan tokonya. Terkadang penjual cukup mencek email apakah ada pesanan atau enquiry masuk. Dengan toko online juga, pemasaran bisa dilakukan di seluruh dunia, tidak terbatas pada area tertentu saja. Semua orang yang terkoneksi internet bisa mampir ke toko online Anda! Benar-benar merupakan suatu terobosan teknologi.

Sekarang mari kita lihat keuntungan dari sisi pembeli. Pembeli sekarang bisa mengakses berbagai toko online yang menjual produk yang sama dalam waktu singkat. Pembeli bisa membandingkan harga dengan sangat cepat (jika harga tercantum di toko). Waktu yang biasanya dihabiskan berhari-hari untuk pergi dari suatu toko ke toko yang lain untuk memperoleh harga murah, yang biasanya menghabiskan berjam-jam bahkan berhari-hari, bisa dipersingkat jauh lebih cepat. Dan keuntungan bagi para pembeli yang paling tampak adalah harga yang murah dari pembeli. Dengan keuntungan dari internet untuk cepat mengakses berbagai toko online, dan membandingkan harga dengan cepat, para penjual menekan harga mereka serendah mungkin karena mereka mau membuat penjualan. Hal ini jelas sangat menguntungkan bagi pembeli. Harga murah, yipiii!

Para pembeli juga bisa shopping tanpa beranjak dari rumah. Ini merupakan keuntungan lain bagi pembeli. Pembeli bisa membeli produk dari US, dari China, dari Eropa, bahkan dari Afrika, tanpa perlu menghabiskan uang banyak untuk pergi ke sana! Wah, what a convenience.

Cara jual beli dalam toko online adalah sebagai berikut : pembeli berkeinginan untuk membeli suatu produk. Mereka mulai melakukan research tentang produk tersebut. Dimana mereka dapat membeli produk tersebut ? Berapa harga yang terbaik yang bisa didapat? Bagaimana pelayanan toko online tersebut ? dan bagaimana deliver produk ke pembeli.
Pembeli mulai mendekati penjual, dengan pertanyaan-pertanyaan mengenai produk, permintaan inquiry dan akhirnya memutuskan untuk membeli produk di salah satu toko online yang menurut mereka terbaik.
Pembayaran dilakukan. Setelah pembayaran dilakukan, penjual mulai menyiapkan produk dan mengirimkan kepada pembeli sesuai permintaan dan perjanjian jual-beli. Setelah menerima, pembeli bisa memberikan feedback kepada penjual terhadap pelayanan, produk dan pengiriman.

Bagi para orang IT, ini menjadi lahan baru mereka untuk menghasilkan uang. Mereka membuat software toko online dengan banyak feature yang diperlukan bagi penjual. Toko online membawa berkah bagi banyak pihak, JIKA digunakan dengan benar. Sayangnya, beberapa pihak menyalahgunakan kemudahan ini. Tanpa disadari bahwa ini merugikan banyak pihak. Toko online adalah toko di dunia maya yang memerlukan attitude yang tepat dari pihak-pihak terkait untuk menjadikan metoda ini berjalan dan sukses. Janganlah menyalahgunakan kemudahan, teknologi dan keuntungan toko online.

Banyak kasus belakangan ini makin menjadi-jadi dalam jual-beli online. Banyak keluhan mulai terjadi baik bagi penjual maupun pembeli, walaupun yang banyak dirugikan adalah pembeli. Attitude buruk penjual mulai meresahkan pembeli dalam urusan jual-beli online. Mereka biasanya sangat ramah dan menjanjikan ketika pembeli mendekati mereka, penjual merespon dengan sangat cepat setiap pertanyaan dan inquiry dari pembeli.
Penjual menjanjikan hal yang manis-manis dan meyakinkan pembeli.
Hasilnya pembeli memutuskan untuk membeli, dan apa yang terjadi setelah pembayaran dilakukan ? Penjual mulai sulit dihubungi, walaupun mereka berhasil dihubungi, mereka mulai mengatakan kata-kata yang tidak pantas, kasar, dan jenis-jenis penundaan terhadap pengiriman barang, atau yang paling pahit adalah mereka raib begitu saja dengan uang Anda. Menyedihkan!
Banyak pembeli dikecewakan, buntutnya hal ini akan merugikan bagi para penjual yang memang bernia berjualan online.

Kerugian dari ini semua adalah pertama para pembeli menjadi ragu untuk membeli online. Kedua mematikan bisnis online para penjual yang berniat betul-betul berjualan. Ketiga mematikan peluang bisnis dengan modal kecil, yang bisa merugikan masyarakat. Kita tahu bahwa bisnis online memerlukan sedikit modal, jika bisnis model ini hidup di masyarakat, berapa orang akan menjadi pengusaha dan berapa besar peluang peningkatan bisnis pengusaha kecil.

Bisnis online memerlukan attitude yang benar dari pihak-pihak terkait. Kejujuran dari penjual dalam mendeskripsikan produk, pengiriman, dan penerimaan pembayaran sangat diperlukan. Janganlah penjual mendeskripsikan berlebihan produk yang dijual sehingga ketika pembeli menerima produk, mereka dikecewakan. Janganlah penjual mengatakan sudah mengirimkan barang jika mereka belum. Janganlah penjual mengatakan belum menerima pembayaran jika pembeli sudah membayar.
Janganlah penjual menolak atau lama merespon pembeli jika mereka sudah membayar. Janganlah penjual merespon dengan cuek dan marah pada saat penjual sudah menerima pembayaran. Kejujuran dari pihak pembeli juga diperlukan, yaitu dalam pembayaran, penerimaan produk dan pemberian feedback. Janganlah pembeli berbohong dengan mengatakan sudah mengirimkan pembayaran ketika mereka belum melakukan. Janganlah mereka berbohong ketika mereka sudah menerima produk tapi mereka mengatakan belum. Janganlah mereka berbohong ketika memberikan feedback kepada toko online ketika penjual memberikan servis baik tapi pembeli memberikan feedback buruk. Janganlah berbohong dan menipu!

Di negara maju, beberapa hal tersebut sudah diminimalisasi, karenanya banyak kita temukan toko online raksasa, seperti amazon, ebay, dll.
Mereka seolah menjadi pihak ketiga, yang menerima pembayaran dari pembeli dan membayar kepada penjual setelah penjual mengirimkan barang. Umumnya pihak ketiga ini akan memihak kepada pembeli dibanding penjual. Jika penjual mengklaim sudah mengirim barang, tapi pembeli mengatakan tidak menerimanya, maka pihak ketiga ini tidak akan pernah membayar kepada penjual dan mengembalikan 100% uang yang telah dibayar kepada pembeli. Karenanya tidak hanya dituntut kejujuran penjual, tapi juga kejujuran pembeli. Rata-rata toko store mempunyai feedback yang digunakan pembeli untuk memberikan nilai kepada penjual. Kita namakan rating penjual. Rating penjual menunjukkan kepada pembeli seberapa tingkat kepercayaan pembeli terhadap penjual tersebut.

Untuk Indonesia, dimana bisnis online belum sematang bisnis online di negara lain. Kita perlu lebih berhati-hati. Untuk menghindari tipuan dari penjual, pembeli harus rajin mengecek! Cari tau no HP penjual, telepon mereka di waktu yang berbeda, cari tau alamat mereka, apakah alamat tersebut benar ada. Cari di internet apakah penjual ini atau email ini melakukan penipuan. Cari tau apakah nomor rekening bank tersebut telah melakukan penipuan. Saat ini Indonesia belum terlalu aktif dalam hal ini, karenanya dengan blog ini, kita bisa melakukan saling menginfomasikan jika ada penjual toko online melakukan kecurangan, melayani tidak ramah, dan sebagainya. Catat nama penjual, nama toko, no HP/telpon, alamat, nomor rekening, email dan lainnya. Jika semakin banyak yang menuliskan tentang pengalaman pahit Anda dalam transaksi online, jangan ragu menuliskan di sini. Mari kita mulai mengingatkan satu sama lain, agar yang lain tidak tertimpa pengalaman buruk yang pernah Anda alami. Tapi ingat, jangan berbohong dalam memberi kesaksian!

=========================

These days online trade become one way to shop.  There are many reasons we can consider : first, people is getting lazy to go out shopping after spent many hours working. They want to spend times for themselves more than
go out to fight the bad traffic only to buy one or two things. Second, people want to get cheaper price by shopping online. Selling online encourage seller
to put a competitive price.And there are many more reasons.

Online shopping have many advantages for the customers. First, we can see one products from many online stores and start to compare their price, their products and their service. Second, we usually get cheaper price by shopping online because people can compare the price from many sellers very quickly.
Third, you can give a online feedback to the store to let others customer know how is their products and how is their services.

Now, we see the disadvantages of shopping online. Since we know that this is a digit world transaction, a lot of people got scammed. Many people tried to get money by doing fraud. That is very bad. In countries that online transaction regulation is still not strong, people found a way to get others people money by having a fake online store.  Or people make it hard for the buyer after they paid. The seller suddenly change their behaviour, from quick responce become silence answer. From friendly service become mad and anger service.

To avoid those kind of things, you should do the research first before you buy online.  Research online if the store does scam. Search for the seller’s name. Ask for their phone number. Try to call them. Do your homework.

This entry was posted in Berita Bisnis and tagged , , , . Bookmark the permalink.

One Response to Is it a pain to buy online ?

  1. linda says:

    hi, mau ikutan sharing boleh ya… sebenarnya yg sy alami bkn penipuan, tapi lebih ke sales after service yg kurang ok… sy beli dvd game di P*s*rdvd, dah repeat order sampe 2x, tp problem udah 2bulan gak beres2 dan si penjual gak komit sm statement terakhir dia dgn byk alasan.. bete bgt aja ngurusnya krn pertanyaannya diulang2 padahal dah dijwb dr awal masalah. trs pake acara nyalahin komputer sy (pdhl spec komputer dah sy kastau) hanya krn yg komplain lebih sedikit dibanding yg gak bermalasah. jadi saya merasa hak sbg konsumen dirampas oleh toko online ybs. klo butuh info lbh lanjut bs lwt japri aja, semua email komplain selama 2 bln msh sy simpan. tkx

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Notify me of followup comments via e-mail. You can also subscribe without commenting.