Kehidupan di Brunei




Road Safety – Tell a Friend

Brunei


Brunei Shell Petroleum (BSP) adalah perusahaan minyak terbesar no 2 di dunia. Di dalam menjalankan usahanya, BSP sangat memperhatikan safety di segala aspeknya, bahkan yang kita anggap hal-hal yang kecil, tapi bagi BSP hal kecil itu malah menjadi aspek penting yang harus diperhatikan dalam menjaga keselamatan karyawannya. Sebagai contoh : peraturan menaiki/menuruni tangga, setiap orang wajib selalu berada di posisi sebelah kiri, dengan tangan kiri harus memegang pada pegangan tangga. Jika kita lupa dan tidak menjalankan peraturan ini, maka kita akan diingatkan baik oleh petugas security ataupun orang di sekitar kita.

Pada bulan Juli ini, BSP melakukan campaign Road Safety – Tell a Friend. Yang dimaksud dengan Road Safety adalah beberapa peraturan mengenai keselamatan dalam menggunakan fasilitas jalan, baik sebagai pengendara maupun sebagai pejalan kaki.
Peraturan ini simpel saja (dan saya rasa semua orang sudah tahu hal ini), tapi bagi BSP hal ini sangat pening dalam penerapan keselamatan di jalan raya.
Peraturan tersebut adalah :
– selalu menggunakan sabuk pengaman pada saat mengendarai mobil (supir maupun penumpang)
– kecepatan berkendaraan adalah maksimal 80 km /jam
– dilarang menggunakan handphone pada saat mengendarai mobil
– bagi pejalan kaki yang akan menyebrang jalan, diharapkan menggunakan zebra cross
– bagi pengendara motor, diwajibkan untuk menggunakan helm

Sedangkan yang dimaksud dengan Tell a Friend adalah BSP meminta keterlibatan para karyawan dan para vendornya untuk memberitahukan ke lima point Road Safety di atas kepada semua orang.

Thanks BSP…

17 Agustus-an di Kuala Belait – Brunei
Hari Minggu lalu, tgl 31 Agustus adalah peringatan 17 Agustus – Hari Kemerdekaan Indonesia di Kuala Belait, Brunei Darussalam. Puncak peringatan itu diadakan di BSRC (Brunei Shell Recreation Center), dimulai pk 7 pagi hingga 2 siang. Acaranya dihadiri oleh sekitar 120 keluarga…wah..cukup banyak bukan ?

Brunei


Sebenarnya acara peringatan ini telah diadakan dari jauh-jauh hari yaitu sejak bulan Juli dengan dilakukan perlombaan2 olah raga, kesenian. Olah raga yang diperlombakan yaitu bulu tangkis, sepak bola, voli, basket, tenis, tenis meja, golf, catur. Sedangkan kesenian ada karaoke, serta bermacam-macam game, seperti makan krupuk, lomba balap karung, lomba melukis, dll. Setelah banyak final game diadakan dan didapatkan pemenangnya, maka pemberian hadiah untuk pemenangnya disatukan dengan acara puncak peringatan 17 Agustus.

Aku datang pukul 9 ;p…wah, semua yang datang sudah memakai baju seragam merah putih, termasuk balita-balita. Harga per satunya 12B$, alias 82 ribu. Ada topinya juga lho….
Aku datang dan aku makan…hahaha
Makanan paginya banyak sekali. Makanan ini disediakan oleh para ibu-ibu dan istri-istri yang ada di Kuala Belait. Ada mie goreng, kwe tiau goreng, tahu goreng, lemper, pukis, klepon, buras, sosis, ayam goreng, baso, ada macam-macam juice (apel, jeruk), ada macam-macam buah (pepaya, lemon, anggur, semangka), ada es krim dan es lilin. Kenyang deh…hehehe…

Selesai makan, aku lihat berbagai perlombaan yang diadakan, kebanyakan untuk anak-anak seh, untuk dewasanya sudah diadakan sebelumnya. Pukul 11, kita menuju ke hall. Di sini akan dibagikan hadiah2 kepada pemenang perlombaan, sekaligus diadakan pertunjukan tari2an, dari daerah sampai modern.
Yang anak-anak menyumbangkan tari Bali, modern, remaja putri dan para ibu menyumbangkan tarian modern dan bapak-bapak ga mau kalah, ikut menyumbangkan tari poco-poco. Sambil menonton pentas seni, kita menikmati hidangan makan siang.

Brunei


Di akhir penghujung acara, diputarlah music video buatan rekan-rekan kita. Lagunya adalah lagu-lagu nasional dan aktrisnya adalah orang Indonesia yang tinggal di Kuala Belait. Wah…lucunya, mendengar mereka bernyanyi. Suaranya…memang jauh dari artis-artis…hahaha. Tapi memang video klip ini membuat acara ini jadi berbeda. Selamat merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia!

Sultan Brunei’s Birthday
Happy Birthday Sultan !
Hari ini tanggal 15 Juli 2008 adalah hari ulang tahun Sultan Brunei, Sultan Haji Hassanal Bolkiah yang ke 62 tahun.

This entry was posted in Sekilas Dunia and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

4 Responses to Kehidupan di Brunei

  1. agus says:

    ini mbak kalau kusus penumpang mek ngantukan gmn mbak,..kena denda kah,.ha ha

  2. agus says:

    kalau hari ultah ak 1 agustus 1985 mbak.,.

  3. jay otorit says:

    suatu saat pasti ak ksana jg

  4. kalo ada kawan Brunei, welcome buka gerai donuts ‘n coffee premium di Brunei,
    bisa contact saya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Notify me of followup comments via e-mail. You can also subscribe without commenting.