Rumitnya dan Indahnya Suatu Pernikahan

wedding 2Cukup lama juga aku off dari menulis artikel di blogku.
Bukan karena apa-apa, tapi memang kesibukanku yang padat untuk menyiapkan pernikahan dan bulan maduku. Setelah semuanya selesai, seperti biasa, aku ingin sharing dengan teman-teman semua mengenai pengalamanku dalam mempersiapkan pernikahanku.

Setelah acara lamaran selesai, waktunya untuk mempersiapkan pernikahan. Hal pertama yang aku bicarakan dengan calonku adalah tanggal pernikahan. Tanpa tanggal pernikahan maka akan sulit untuk menentukan yang lain, seperti tempat resepsi pernikahan,
tempat pernikahan secara agama (pernikahanku secara katolik).

Setelah kami memutuskan tanggalnya, kami segera membooking jadwal gereja. Kami sangat beruntung karena kami mendapatkan jadwal yang kami mau.
Sayangnya informasi pernikahan di gereja sangat minim didapatkan secara online (aku bekerja di luar negeri).
Karenanya sangat besar keinginanku untuk segera membagikan.

Hal-hal yang perlu dipersiapkan untuk pernikahan katolik :
1. Sertifikat Kursus Persiapan Pernikahan (KPP).
Saat ini sertifikat KPP mempunyai masa berlaku 6 bulan.
Setelah 6 bulan dan calon penganten (capeng) belum menikah maka capeng harus mengambil KPP kembali.
KPP umumnya diadakan di gereja-gereja katolik.
Durasinya berlainan antara gereja, ada yang 2 hari, 3 hari, 4 hari dan seterusnya.
wedding1 Tapi pada dasarnya materi-materi yang diberikan adalah sama, seperti Keluarga Berencana Alamiah, Komunikasi Keluarga, Keuangan Keluarga, Pernikahan secara Katolik, dst.
Sebagai langkah pertama untuk ikut KPP adalah registrasi.
KPP tidak harus diikuti oleh calon suami dan istri. Calon suami/istri bisa mengambil KPP di tempat yang terpisah.
KPP juga tidak harus dilakukan di Gereja Katolik asal. Jika Anda bekerja di luar negeri, Anda bisa menghubungi Gereja Katolik yang ada di sana.
Beberapa gereja Katolik sudah dapat menerima KPP secara online, sayangnya di Indonesia belum ada KPP online.

2. Surat Baptis yang Diperbarui
Surat Baptis yang diperbarui bisa didapat di Gereja Katolik asal Anda (tempat Anda dibaptis).
Tujuan surat ini adalah untuk mengetahui status Anda secara Katolik. Segala kegiatan yang Anda lakukan dengan ijin Gereja Katolik akan dicatat dalam buku besar. Ketika Anda dibaptis, nama Anda akan masuk dalam buku besar Gereja Katolik, ketika Anda menerima sakramen Krisma, nama Anda juga akan dicatat telah menerima sakramen Krisma pada tanggal XX oleh Romo XX.
Jadi bagi Anda yang telah menikah secara Katolik dan menginginkan untuk menikah secara Katolik untuk kedua kalinya adalah tidak mungkin, karena di Gereja Katolik tidak mengenal arti perceraian.

3. Surat Keterangan dari Ketua Lingkungan
Surat ini dibuat untuk mengetahui bahwa Anda adalah warga Katolik.

4. Surat Kanonik
Surat Kanonik dilakukan satu bulan sebelum tanggal pemberkatan. Pengamatan kanonik dilakukan oleh Romo.
Idealnya pengamatan kanonik dilakukan oleh capeng wanita dan pria bersamaan, tetapi apabila hal itu tidak memungkinkan dikarenakan beda geografi, maka pengamatan kanonik tetap bisa dilakukan di tempat masing-masing capeng, asalkan capeng membicarakan terlebih dahulu dengan Romo yang berwenang.

5. Foto Berpasangan
wedding 3 Capeng menyiapkan foto berpasangan ukuran 4×6 sebanyak 3 lembar(umumnya).
Requirement foto :
-> Warna latar belakang bebas.
-> Posisi foto : pria di sebelah kanan wanita.
Foto ini dipergunakan untuk dokumen gereja, seperti surat perkawinan.

6. Surat Krisma
Beberapa gereja katolik mewajibkan capeng sudah menerima Sakramen Krisma, sebelum menerima Sakramen Pernikahan.
Bagi capeng yang belum pernah menerima Sakramen Krisma, biasanya pada saat KPP disediakan penerimaan Sakramen Krisma.

7. Dokumen lain
Untuk pasangan yang salah satunya bukan katolik, tetapi menginginkan pemberkatan pernikahan secara Katolik,
maka ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, yaitu seorang saksi yang menyatakan bahwa capeng benar belum pernah menikah dan surat dispensasi.

8. Keterangan Saksi
Capeng wajib mencantumkan 2 orang saksi untuk pernikahan.
Sebaiknya saksi harus beragama Katolik, mengenal capeng dan hubungannya dengan pasangan,
berusia lebih tua dibanding capeng, saksi tidak termasuk keluarga inti, dan saksi harus sehat jiwa dan rohani.

Setelah dokumen selesai (administratif), maka ada beberapa persiapan yang dapat dilakukan :
1. Romo
Romo adalah orang yang wajib hadir dalam misa pernikahan selain capeng dan saksi.
Saran saya carilah Romo yang ‘click’ dengan anda.
Jangan lupa untuk memberi cendera mata kepada Romo setelah misa.

2. Misdinar
Dibutuhkan minimal 2 orang misdinar untuk misa sakramen pernikahan. Sebaiknya carilah misdinar yang sudah berpengalaman membantu misa Sakramen Pernikahan. Jangan lupa untuk memberi cendera mata kepada misdinar setelah misa.

3. Persembahan
gift Persembahan dilakukan pada awal Sakramen Ekaristi.
Minimal persembahan adalah 4 buah, yaitu sepasang lilin, Tubuh dan Darah Kristis.
Tubuh dan Darah Kristus disiapkan oleh Gereja Katolik, Anda perlu mengetahui siapa orang yang bertugas.
Persembahan juga bisa dilakukan dengan 6 macam, yaitu sepasang lilin, persembahan bunga dan buah, juga Tubuh dan Darah Kristus.

4. Lektor
Lektor bisa dilakukan oleh 1 orang, tapi alangkah baiknya jika Anda bisa menyiapkan 2 orang lektor.
Fungsi lektor adalah untuk menyampaikan kata pembukaan, membaca bacaan, membaca doa, membaca pengumuman, dan memberikan ucapan terima kasih dan pengumuman.

5. Wedding Book
Siapkan buku pernikahan yang berisi penyerahan kedua mempelai kepada Gereja Katolik, hingga pemberkatan oleh Romo setelah misa selesai.
Masukkan teks lagu-lagu yang akan dinyanyikan bersama. Dengan adanya teks lagu, semua orang yang hadir dapat bernyanyi bersama sehingga suasana misa lebih terasa.
Catat hal-hal yang harus dilakukan capeng pada saat tertentu jika memang diperlukan, seperti pada saat persembahan, pembukaan kerudung wanita, dll

6. Wedding song
Kayanya ada yang kurang jika misa pernikahan tanpa lagu-lagu liturgi.
Ada 2 cara dalam menyajikan lagu di misa pernikahan :
– melalui CD lagu
kumpulkan lagu-lagu liturgi dalam satu CD, dan informasikan kepada petugas gereja agar pada saat misa ada orang yang bertanggung-jawab terhadap terdengarnya lagu-lagu dari CD dan tidak salah putar. Biaya untuk ini cenderung gratis atau sangat murah, yaitu biaya CD, burn CD (jika tidak punya CD burner). Lagu bisa didapatkan di internet atau CD.
– melalui wedding koor
Jika mau live music dalam misa pernikahan gereja akan lebih bagus lagi, walaupun mungkin biaya yang dikeluarkan juga tidak sedikit. Live mucis akan memberi suasana lebih hidup dan liturgis. Carilah koor yang sesuai dengan kondisi gereja.
Jika gereja tempat berlangsungnya pernikahan adalah gereja yang besar, tetapi tidak didukung sound system yang baik, carilah koor dengan personil yang banyak. Tapi jika sound system bagus, 3-4 orang sudah cukup.

Pemilihan lagu hendaknya disesuaikan dengan kondisi para tamu, dan tentunya mempelai. Alasannya adalah liturgi yang baik adalah liturgi di mana para tamu dan mempelai berpartisipasi secara aktif.

7. Pemberian orang tua
gift parentPemberian orang tua berupa Alkitab, Rosario dan Salib. Ketiganya ditempatkan di satu baki. Jika Anda menginginkan agar tampak lebih manis (termasuk dalam foto), Anda dapat memberikan seikat bunga.
Maksud dari pemberian orang tua adalah bahwa orang tua berperan aktif dalam mendukung pernikahan putra/putrinya didalam Tuhan. Ini merupakan simbol bahwa orang tua memberikan bekal rohani terhadap pernikahan.

8. Pemberkatan Bunda Maria
Pemberkatan Bunda Maria sebaiknya dilakukan di misa pernikahan Katolik, mengingat begitu besarnya peran Bunda Maria dalam Gereja Katolik. Pemberkatan Bunda Maria bisa dilakukan dengan memberikan seikat hand bouquet (biasanya harganya lebih murah dibanding yang lain).

Kalau mau lebih ‘wah’, bisa juga disertai dengan pemberian lilin.
Lilin biasanya lebih besar dari persembahan lilin dan bunganya pun lebih banyak.
unity candleAda 2 macam bentuk unity candle :
1. Unity candle yang terdiri dari 3 lilin (1 besar dan 2 kecil).
Cara menggunakannya misdinar akan membawa lilin yang sudah menyala, mempelasi pria dan wanita mengambil lilin kecil (masing-masing 1 buah) kemudian mengambil api dari lilin yang dipegang misdinar. Lalu mereka bersama-sama menyalakan lilin besar dengan menggunakan lilin kecil.
2. Unity candle yang terdiri dari 1 lilin besar.
Cara menggunakannya misdinar akan membawa lilin yang sudah menyala dan diberikan ke mempelai. Mempelai pria dan wanita secara bersamaan memegang lilin tersebut ( 1 buah).
Kemudian mereka bersama-sama menyalakan lilin besar dengan menggunakan lilin tersebut.
Harga unity candle no 2 lebih mura dibanding nomor 1.

9. Dekorasi.
Jika ingin tampilan lebih manis untuk misa pernikahan, Anda bisa menggunakan beberapa dekorasi bunga. Tetapi jika Anda tidak rasa perlu menggunakan dekorasi juga tidak apa-apa. Karena dekorasi hanya tambahan. Tanpa dekorasipun, misa pernikahan Anda tetap berjalan. Yang penting adalah misa pernikahan Anda berjalan dengan hikmat, karena dekorasi tercantik dalam misa pernikaan adalah mempelai wanita itu sendiri.
Cara kerjanya adalah pada saat kita sudah mensubmit semua dokumentasi yang dibutuhkan Gereja, maka Gereja akan saling bekerja sama mengkoordinir proses yang diperlukan. Jika Anda mengadakan misa pernikahan Anda bukan di gereja asal, maka Gereja tempat Anda melangsungkan pernikahan dengan Gereja Asal Anda akan saling berhubungan. Setelah Anda selesai menyerahkan semua dokumen yang diminta oleh Gereja tempat Anda akan melangsungkan pernikahan, Gereja tempat Anda melangsungkan pernikahan akan menghubungi Gereja Asal Anda. Kedua Gereja tersebut akan mengumumkan pernikahan Anda bersama minimal 1 kali, idealnya adalah 4 kali. Guna pengumuman ini adalah untuk memastikan bahwa Anda benar-benar belum pernah menikah. Karena di dalam Gereja Katolik pernikahan adalah sekali seumur hidup, tidak ada perceraian.

Selama masa persiapan misa pernikahan, banyak suka duka yang saya temui. Sukanya adalah ketika saya bertemu dengan banyak orang yang saling memberikan masukan, menemui hal-hal baru, mendesign misa pernikahan, seperti buku pernikahan, lagu pernikahan, persembahan, dan sebagainya. Saya mewujudkan semua impian pernikahan yang ada sewaktu kecil, terlebih lagi calon suami sangat mendukung. Saya sungguh beruntung.

Dukanya, terkadang menemui vendor-vendor untuk pendukung gereja, seperti pendingin ruangan, dekorator yang suka memaksa untuk menggunakan produk mereka. Walau sudah ditolak, tetapi tetap menelpon dan memaksa. Sungguh mengganggu.
Saran saya dalam menyiapkan pernikahan Anda, Anda boleh mendengarkan saran orang lain, tapi hati Andalah yang menentukan.
Bagaimanapun ini adalah pernikahan Anda, dan bukan pernikahan orang lain, sehingga jadikanlah pernikahan ini adalah pernikahan yang Anda inginkan.

Setelah urusan misa pernikahan selesai, maka urusan resepsi sebagai syukuran atas resminya ikatan suami istri harus dipikirkan juga.
Dalam resepsi yang harus dipikirkan sebagai berikut :
1. Tempat resepsi
Carilah tempat yang sesuai dengan tema pernikahan Anda. Tapi yang paling penting carilah tempat yang sesuai dengan budget Anda. Jangan lupa untuk memperhatikan kapasitas tamu yang akan diundang dengan tempat yang dipilih, perhatikan tempat parkir untuk para tamu.
Usahakan untuk mencari tempat yang sudah termasuk makanannya sebagai satu paket, biasanya akan jauh lebih murah atau hanya dihitung makanannya saja.

Dalam menentukan tempat, perhatikan fasilitas yang diberikan tempat itu, misalnya parkir gratis untuk keluarga mempelai dan mobil pengantin, dekorasi standar dari tempat itu, ataupun rekanan tempat itu (biasanya akan mendapat diskon atau bonus). Jika terdapat proyektor, maka kita dapat menggunakan fasilitas tersebut atau menggunakannya dengan biaya murah. Jika ada TV di sekitar ruangan, kita bisa memanfaatkan untuk slide show foto-foto pre-wedding mempelai.

Perhatikan bahwa beberapa tempat mengenakan charge tambahan untuk alat-alat listrik yang dibawa ke dalam ruangan, seperti listrik untuk photo dan video (untuk lampu), biaya dekorasi dari luar, dll.

Tanyakan jika tempat itu mempunyai paket-paket pernikahan, jika ada, manfaatkan!

2. Menu makanan
Makanan yang dipilih, sebaiknya mempunyai variasi yang beragam. Jangan memilih terlalu banyak sayur, atau terlalu banyak daging.
Tapi menu makanan harus seimbang. Perhatikan juga dengan tamu yang diundang. Jika tamu yang diundang mempunyai pantangan makanan tertentu, maka harus diperhatikan.
Jika mau tetap diadakan, beri informasi terhadap makanan tersebut. Lauk sebagiknya jangan terlalu sedikit, karena siapa tahu ada tamu yang tidak menyukai menu yang kita sajikan. Jika lebih banyak variasi, maka kekuatiran akan hal tersebut makin minimal.

Jangan kehabisan air minum! Saya pernah menghadiri pesta pernikahan di mana semua makanan habis, bahkan air untuk minum, mengakibatkan banyak tamu menggerutu. Kalau memungkinkan, sediakan air minum yang refill.

Bila budget Anda memungkinkan, sediakan buah dan makanan pencuci mulut, seperti kue atau puding.

3. Dekorasi
Dekorasi di tempat resepsi cukup penting, karena sebagai tempat pelaminan mempelai bersanding. Pilihlah dekorator yang peka terhadap selera Anda. Alangkah menyenangkan bisa bertemu dengan dekorator yang mengerti keinginan kita dan style kita. Dekorasi pelaminan akan memakan tempat yang cukup besar dan salah satu tempat dimana semua mata memandang, karena itu dekorasi sebaiknya direncanakan dengan baik.

Kebutuhan dekor sebaiknya disesuaikan dengan budget, karena harga dekorasi sekarang cukup menguras kocek Anda. Tidak diharuskan menggunakan bunga hidup jika memang terlalu mahal. Dekorasi bisa menggunakan perpaduan yang manis dengan kain, lampu, pita, bunga-bungaan dan pernak-pernik yang lain. Warna dekorasi disesuaikan dengan tema pernikahan Anda. Jangan terlalu banyak warna di pernikahan Anda, karena akan memberi nuansa terlalu rame, dan menjadi tidak harmonis.

Jika dekorasi di tempat resepsi terlalu mahal buat Anda, Anda bisa menanyakan kepada penyedia tempat/ruangan resepsi jika mereka menyediakan dekorasi standar (biasanya gratis).
Atau jika Anda mau, Anda bisa meminta ijin kepada management tempat resepsi untuk menghias sendiri jika memungkinkan. Tanyakan kemungkinan free of charge-nya.

4. MC
Carilah Master of Ceremony (MC) yang sesuai dengan pesta resepsi Anda. Jika tamu Anda berbahasa Inggris, sediakan MC yang mempunyai kemampuan berbahasa Inggris dengan baik.

MC sangat membantu dalam menciptakan suasana resepsi. Carilah MC yang pandai membangun suasana gembira, penuh tawa dan komunikatif. Pesta Anda akan jauh lebih menyenangkan. Anda akan merasakan perbedaannya.

5. Photograher dan Video
Photographer dan video taker tidak harus orang yang professional, karena berarti lebih banyak kocek yang harus keluar. Jika ada teman Anda yang bisa menjadi photographer (tentunya yang memang hobi dan bagus kualitas fotonya), Anda bisa meminta tolong mereka. Begitu juga dengan video, ada bisa meminta teman Anda atau anggota keluarga untuk pengambilan video. Lihatlah beberapa contoh video pernikahan lainnya, sehingga teman atau anggota keluarga punya ide, apa saja yang harus di-shoot.
Begitu juga dengan photographer, jika Anda mau menggunakan teman, anggota keluarga, ataupun photographer sungguhan, Anda bisa
menyiapkan beberapa list berisi apa dan situasi bagaimana yang harus diambil.

Berikut saya lampirkan beberapa list yang saya punya :
a. Persiapan
– Penganten wanita pada saat menjalani rias wajah dan rambut
– Gaun penganten atau jas yang digantung di hanger, dihamparkan di ranjang atan menjuntai di sandaran kursi.
– Shot dari accesorries penganten, dasi, sepatu, dll
– Detail foto dari hand bouquest penganten dan pengiring
– Foto candid saat penganten mengenakan gaun penganten.
– Ibu membantu mengancingkan gaun atau kebaya penganten.
– Ibu membantu merapikan pakaian penganten, seperti veil gaun penganten, atau lipatan baju kebaya.
– Foto dari seluruh badan penganten yang telah mengenakan gaun penganten atau kebayanya sambil berkaca di cermin
– Ayah menatap penganten wanita dalam gaun atau kebayanya.
– Penganten putri bersama orang tua dan saudaranya
– Penganten putri bersama pengiringnya
– Penganten pria bersama ayah dan pengiringnya
– Foto close up dari cincin kawin
– Penganten pria bersama orang tua dan saudara-saudaranya
– Penganten pria bersama pengiringnya
– Penganten pria merapikan jas dan dasinya.
– Kedua penganten secara terpisah menuju lokasi pemberkatan atau akad.

b. Acara jemput-jemputan
– Meliput keberangkatan mempelai pria dari rumahnya (cipika, cipiki dengan orang tua, siap2 pakai jas, orang tua memberikan karangan bunga untuk diserahkan kepada mempelai wanita)
– jemput2an, penganten pria berangkat dengan best man dengan mobil penganten
– Mobil kru foto akan mendahului mobil penganten pria dan mulai meliput penganten wanita (foto penganten bersama keluarga, dan pemakaian veil oleh orang tua )
– Meliput penganten pria dan best man yang keluar dari mobil dan menemui penganten wanita.
– Penganten pria menyerahkan hand bouquet kepada mempelai wanita dan mempelai wanita menyematkan corsage ke jas penganten pria.
– foto2 bersama
– penganten menaiki mobil menuju gereja

c. Upacara Perkawinan
– bagian interior dan eksterior dari lokasi upacara sebelum tamu tiba.
– Kedua penganten menunggu untuk memasuki lokasi pemberkatan/akad nikah
– Ekspresi kedua penganten secara close-up saat memasuki lokasi pemberkatan/akad nikah
– Kedua orang tua penganten berjalan memasuki tempat upacara
– Orang tua dan keluarga penganten menempati tempat duduk masing2
– Kedua penganten duduk di tempat yang sudah disediakan
– Ekspresi kedua penganten saat upacara berlangsung
– Wide shot dari altar atau mesjid dari sudut pandang tamu
– Wide shot tamu, dari sudut pandang penganten
– Moment khusus seperti saat penganten pria mengucapkan ijab khabul
– close-up penganten pada saat mengucapkan janji nikah
– close-up tangan penganten pada saat menyematkan cincin.

d. Sungkem, cium, peluk
– Kedua penganten sungkem pada kedua orang tua untuk meminta doa restu
– Kedua penganten saling mencium pipi
– Ekspresi close-up dari kedua penganten setelah sah menjadi suami-istri
– Kedua penganten berpelukan dengan keluarga dan teman
– Kedua penganten berjalan keluar dari tempat upacara

e. Sebelum resepsi
– Kedua penganten berdiri bersama
– Penganten wanita dengan orang tua
– Penganten wanita dengan saudara-saudaranya
– Penganten wanita dengan seluruh keluarga
– Penganten pria dengan orang tua
– Penganten pria dengan saudara-saudaranya
– Penganten pria dengan seluruh keluarga
– Kedua penganten dengan orang tua penganten wanita
– Kedua penganten dengan orang tua penganten pria
– Kedua penganten dengan kedua orang tua
– Kedua penganten dengan seluruh keluarga
– Kedua penganten dengan pengiring
– Kedua penganten dengan panitia

f. Resepsi
– eksterior dan interior ruangan resepsi
– shot dari dekorasi, bunga, menu, table setting, kue penganten, tumpeng, gelas campaigne (jika ada)
– tamu-tamu tiba dan menandatangani buku tamu
– kedua penganten tiba
– ekspresi para tamu menyaksikan penganten
– Kedua penganten menyesap champagne
– Kedua penganten saling bertegur sapa dengan tamu
– kedua penganten saling berdansa (jika ada)
– Kedua penganten menerima salam dari para tamu
– shot dari MC dan pengisi acara saat tampil
– Kedua penganten memotong kue penganten (atau tumpeng)
– Acara lempar bunga
– Kedua penganten keluar dari resepsi
– Kedua penganten memasuki mobil penganten

Tulisan ini bukannya melarang untuk menggunakan photographer profesional, karena saya sendiri juga menggunakan photographer profesional.
Hanya dalam memilih photographer, sekali lagi adalah cari photographer yang mau mengerti keinginan kita dan memperhatikan kebutuhan kita.
Adalah sangat mengesalkan jika photographer itu cuek bebek dengan apa yang kita inginkan, karenanya dari awal Anda harus jeli melihatnya.
Mintalah bonus yang banyak kepada photographer sebelum Anda deal.

6. Kue penganten
WeddingCakeKue penganten juga harus disamakan dengan tema pernikahan Anda.
Jangan terlalu banyak tema dalam pernikahan Anda. Gunakan warna yang sama, dan motif/tema yang sama. Padukan keinginan Anda dalam kue, termasuk meja kue. Mintalah pendapat dari si tukang kue tentang keinginan-keinginan Anda, ide Anda dan tema Anda. Biasanya si tukang kue bisa memberikan masukan yang berguna mengenai keserasian kue, meja kue, dekorasi, dll.

Ada 2 macam kue penganten :
– memakai kue penganten yang tidak real
Saat ini hampir semua kue penganten adalah tidak real, alias tidak asli. Mereka hanya hiasan, jadi jika Anda menyukai motifnya, tapi tidak suka warnanya. Mudah…tukang kue akan menyulap warnanya menjadi yang warna yang Anda mau.
– memakai kue penganten yang real
Harganya pasti lebih mahal. Tapi kue yang asli mempunyai rasa tersendiri ketika acara memotong kue.

Pada saat pemesanan kue, pastikan untuk penyediaan pisau, dan kue untuk acara dulang2an, termasuk tissue (sehingga Anda tida kusah repot nantinya).
Jangan lupa untuk memberikan tempat, tanggal dan jam acara kepada si tukang kue, sehingga bisa di-set jam berapa si kue harus ada di tempat resepsi.
Jangan lupa untuk memberikan surat jalan(surat ijin membawa barang ke tempat resepsi). Surat ini bisa diminta kepada management tempat resepsi (jika memang diminta surat seperti itu).

7. Entertainment
Hiburan mempunyai peranan yang penting dalam resepsi pernikahan.
Mereka akan menghiburkan para tamu ketika mereka sedang menikmati hidangan yang disediakan.

Ada bermacam-macam hiburan yang bisa disediakan, misalnya
– entertainment band, bisa terdiri dari pemain alat musik dan penyanyi.
Entertainment ini yang paling banyak hadir di resepsi pernikahan.
– entertainment musik instrument
– entertainment tarian
– entertainment puisi

8. Souvenir
weddingsouvenirSouvenir sebagai tanda terima kasih dari keluarga penganten dan penganten kepada tamu yang hadir di acara mereka. Souvenir juga merupakan bentuk tanda kenangan akan peristiwa indah yang menyatukan pria dan wanita menjadi satu, karenanya tidak ada salahnya memberikan souvenir yang unik sebagai cendera mata terhadap peristiwa yang terjadi seumur hidup sekali itu.

Jika budget Anda terhadap souvenir tidak besar, tidak masalah. Perlu diingat juga jangan menjadikan acara pernikahan membebani Anda.
Sediakan souvenir yang memang Anda rasa cocok dengan pernikahan Anda. Jangan terlalu memaksakan kehendak untuk membeli souvenir yang mahal. Souvenir yang simple dengan kemasan yang cantik juga sudah cukup. Atau jika Anda menyediakan souvenir sederhana juga tidak masalah, ingat yang penting adalah Anda berbahagia di pernikahan Anda, dan pernikahan dan segala detilnya membuat Anda bahagia. Jangan memaksakan sesuatu pada pernikahan Anda.

Jika Anda mau memberikan souvenir yang cantik dan unik beserta kemasan yang menarik, ini juga tidak dilarang. Souvenir yang cantik akan disimpan oleh para tamu dan dikenang.

9. Undangan
Untuk memberitahukan para kerabat, teman, dan rekan mengenai lokasi, tanggal dan waktu pernikahan maka perlu dibuat undangan.
Undangan perlu mencantumkan nama kedua mempelai, lokasi, tanggal dan waktu upacara pernikahan (dan resepsi). Untuk mempermanis undangan, biasanya akan diberikan beberapa kalimat yang diambil dari Al-Quran, Alkitab, dll yang berhubungan dengan pernikahan.

Saat ini di Indonesia undangan masih berbentuk kartu, yang didalamnya terdapat informasi pernikahan dan peta lokasi pernikahan.
Tetapi kedepannya akan mulai ada undangan dengan RSVP, yaitu para tamu mengkonfirmasi kehadiran mereka sebelum acara dimulai.
Undangan yang berbentuk RSVP biasanya disebarkan 2-3 bulan sebelumnya, di mana didalamnya terdapat kartu keci yang akan dikirimkan para tamu ke keluarga mempelai mengenai kehadiran mereka.
RSVP ini akan sangat berguna bagi mempelai untuk memprediksi jumlah tamu, sehingga segala sesuatu yang dipersiapkan untuk keperluan pernikahan tidak kekurangan dan juga tidak kelebihan.

Dalam beberapa tahun kedepan, juga akan marak undangan pernikahan online, dimana akan lebih hemat, lebih global, dan lebih mudah.
Masyarakat yang makin gaul dengan teknologi dewasa ini akan memungkinkan adanya undangan pernikahan online.

10. Hand bouquet
wedding 9Handbouquet akan dipakai penganten pada hari H. Sebaiknya gunakan vendor yang sama dengan dekorasi di ruang resepsi, sebab vendor yang sama
akan memberikan efek yang baik pada pengembilan foto. Sebaiknya gunakan bunga asli, minta juga kepada vendor bunga jas untuk penganten pria dan keluarga inti beserta panitia.

11. Mobil Penganten
Mobil penganten dipakai oleh pengantin selama hari H untuk menuju satu lokasi ke lokasi lain. Ada baiknya siapkan mobil backup di belakang mobil penganten, sehingga jika terjadi kecelakaan atau mogok di jalan, si penganten bisa pindah ke mobil back up. Untuk kota Jakarta dan kota sibuk lainnya, carilah supir yang sudah berpengalaman terhadap daerah diadakannya acara pernikahan, sehingga tidak terjebak macet, atau tersasar pada hari H.

Urutan acara pada hari H :
1. Pemakaian jas pria dan penyerahan hand bouquet pada mempelai wanita.
Kedua orang tua penganten pria akan memakaikan jas penganten kepada penganten pria. Mereka juga memakaikan sarung tangan kepada penganten pria, dan menyerahkan hand bouquet kepada penganten pria yang nantinya akan diberikan kepada penganten wanita.

2. Pemberkatan pernikahan
Pernikahan dinyatakan resmi setelah selesai pemberkatan yang biasanya langsung disambung dengan catatan sipil oleh pemerintah.

3. Acara teapai
adalah acara untuk menghormati orang tua dan kerabat yang dituakan. Acara ini telah dimodernkan, di mana mempelai memakai busana international pada saat upacara dijalankan. Jika acara teapai dilakukan beberapa hari sebelum acara pernikahan, biasanya mempelai akan memakai baju tradisional China, yaitu cheong sam.

Saat acara, sebaiknya ada 1 orang yang membantu menyiapkan teh di atas baki. Si ‘pembantu’ ini akan menuangkan teh ke 2 cangkir dan menyerahkan kepada mempelai. Mempelai akan menyerahkan kepada 2 orang yang telah duduk di depan mempelai. Kedua orang tersebut bisa orang tua atau kerabat yang dituakan. Jika kedua orang tersebut dari keluarga pria, maka si ‘pembantu’ akan menyerahkan baki berisi 2 cangkir teh kepada mempelai pria, yang kemudian akan diberikan kepada mempelai wanita. Mempelai wanita akan menyerahkan cangkir tersebut kepada kedua orang tersebut. Sebelum menyerahkan cangkir, mempelai pria memberi hormat dengan membungkukkan badannya sebanyak 3 kali, kemudian baru memberikan cangkir teh tersebut. Setelah kedua orang tersebut meminum teh, maka cangkir diberikan kepada mempelai pria, dan sebagai tanda terima kasih, kedua orang tersebut memberikan angpao yang berisi uang atau perhiasan. Jika diberikan angpao maka angpao diletakkan diatas baki, jika diberikan perhiasan, maka langsung dikenakan kepada mempelai. Setelah itu kedua mempelai berterima kasih dengan menghormat/membungkuk sebanyak satu kali. Ada tradisi di mana mempelai memberikan souvenir sebagai ucapan terima kasih.

4. Acara makan keluarga

5. Acara resepsi
Acara resepsi dilakukan sebagai ucapan syukur atas kesuksesan acara pernikahan (resminya suatu pernikahan).

This entry was posted in Wedding Guide and tagged , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

4 Responses to Rumitnya dan Indahnya Suatu Pernikahan

  1. stella says:

    very nice helpful info sista….

    GBU^^

  2. Agus Ho says:

    Wah, your guidance very complete, Mel! 🙂

    I & my wife married in catholic church too.
    Pity, KPP (the one we had) got no examination to ensure the quality…

  3. Melisa says:

    thanks Stella and Agus ! 🙂

  4. Agus Ho says:

    you’re welcome, Pal! 🙂

    n.b: bisa kok menikah lagi secara katolik asal mendapat dispensasi dari Pope/Paus 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Notify me of followup comments via e-mail. You can also subscribe without commenting.