Kerja di Singapore




Bagi teman-teman yang berkeinginan untuk bekerja di Singapura, berikut ada beberapa informasi terkait :
1. Cara pertama adalah dengan kuliah di Singapura. Setelah lulus dari universitas/politeknik, mereka akan diberi tawaran LPR (Landed Permanent Resident) dengan jangka waktu 1 tahun oleh pemerintah Singapura. Dengan LPR tersebut mereka diberi waktu untuk mendapatkan pekerjaan di Singapura. Setelah mendapatkan pekerjaan, LPR tersebut bisa diconvert langsung ke SPR (Singapore Permanent Resident).

2. Cara kedua adalah dengan single fighter. Sebagai single fighter, kita bisa meng-apply pekerjaan-pekerjaan via internet. Banyak fasilitas online yang disediakan bagi rekan-rekan untuk meng-apply pekerjaan, seberti JobsDB Singapore, JobStreeet Singapore, ST701, Monster Singapura, dll. Biasanya akan lebih mudah bagi foreigner apabila dia adalah seorang professional yang mempunyai pengalaman beberapa tahun di bidangnya, seperti SAP Consultant, Oracle Consultant, CISCO Consultant, dsb. Untuk meng-apply pekerjaan online, kita juga sebaiknya memperhatikan criteria dari penawaran employer. Jika mereka menginginkan foreigner untuk meng-apply, maka peluang untuk dipanggil lebih besar. Dan biasanya employer akan mempersiapkan visa kerja, perijinan, dsb dan mau melakukan tele interview. Akan lebih baik lagi, jika rekan-rekan stay di Singapura, karena biasanya employer akan lebih suka untuk melakukan interview face to face dibandingkan tele interview.

3. Cara ketiga adalah dengan memperoleh terlebih dahulu LPR (Land Permanent Resisdance). Dengan memperoleh LPR, biasanya employer akan lebih mempertimbangkan calon employee dibandingkan status foreigner. Hal ini dikarenakan peraturan pemerintah untuk mengutamakan warga citizen dan PR. Karenanya bagi foreigner akan lebih baik jika mempunyai pengalaman / expert di bidangnya. Sedangkan bagi fresh graduate akan lebih baik jika mempunyai LPR.

Untuk mendapatkan LPR, ada beberapa agen di Indonesia yang bisa dihubungi, antara lain OCSC, EduLink, dan Vita Services Agency. Agen ini menawarkan pengurusan dokumen untuk apply LPR di Singapore. Biayanya beragam untuk jasa servicenya, tapi rata-rata adalah s$1500 untuk pengurusan dokumen. Biaya ini bisa refund, jika apply LPR tidak diterima. Besarnya biaya refund, tergantung pada masing-masing agen. Dokumen-dokumen yang dibutuhkan sangat banyak antara lain ijazah dan transkrip nilai, sertifikat kelahiran, kartu keluarga, surat rekomendasi dari current employee (bagi yang sudah berpengalaman), passport, surat ganti nama (jika ada), dll.

Selain biaya jasa pengurusan dokumen, juga terdapat biaya form LPRnya sendiri. Harganya sekitar S$800 untuk fresh graduate dan S$1500 untuk non fresh graduate, dan biaya ini tidak bersifat refundable. Beberapa agen menawarkan juga jasa pengurusan hingga peserta mendapatkan SPR. Biaya ini sekitar $1500, dan biasanya tidak bersifat refundable. Syarat-syarat untuk mendapatkan LPR adalah umur masih dibawah 45 tahun dan minimal lulusan S1 dari universitas yang mempunyai akreditasi A. Bagi lulusan dari bidang IT, akuntansi, engineering akan mempunyai peluang yang lebih baik dibanding lulusan dari bidang lain. Waktu pengurusan LPR antara 3 – 6 bulan.

Bagi teman-teman yang mempunyai kesulitan pada biaya apply LPR atau biaya hidup stay di Singapore selama masa pencarian kerja di Singapore, ada satu konsultan yang bisa dihubungi. Konsultan ini akan membiayai semua kebutuhan apply LPR dan biaya hidup selama di Singapore, termasuk kamar, akomodasi, jasa internet, dan sebagainya. Nama consultant ini adalah IndoFlair. Setiap applier akan mempunyai analisa yang berbeda dari IndoFlair, tergantung pada pendidikan dan pengalaman kerja. Hanya perlu diperhatikan dengan seksama persyaratan timbal balik yang diminta konsultan ini, jangan sampai merugikan bagi teman-teman semua.

LPR mempunyai masa berlaku, yaitu sekitar 1-2 tahun, tergantung perekonomian Singapura. Pada masa tersebut, applier harus bisa memperoleh pekerjaan di Singapura. Apabila masa berlaku habis dan applier belum mendapatkan pekerjaan, masa berlaku bisa diperpanjang dengan sebelumnya mengajukan permohonan perpanjangan masa berlaku. Jika tidak, maka LPR akan hangus. Dan untuk memperolehnya kembali, applier harus mengajukan dari awal.

Point penting untuk mendapatkan SPR (Singapore Permanent Residance) adalah dengan mendapatkan pekerjaan di Singapura atau membuka usaha di Singapura.

Untuk mendapatkan pekerjaan di Singapura, gampang-gampang susah. Kita bisa menyewa Job Agent. Biasanya agen yang menurus LPR juga menawarkan jasa Job Agent. Harga servicenya berkisar S$1500, untuk kira-kira 5-7 kali panggilan interview. Mereka akan memberikan tip membuat CV dengan benar sesuai standar Singapura, cara melakukan interview dengan benar, dan sebagainya.

Perlu diperhatikan juga, bahwa mendapatkan LPR tidak berarti adanya jaminan atau akan mempermudah untuk mendapatkan pekerjaan di Singapura. Umumnya perusahaan Singapura lebih suka dengan applier yang benar-benar SPR dibanding LPR. Karena rata-rata orang Indonesia setelah mendapatkan SPR akan keluar dari perusahaannya dan kembali ke Indonesia.

Satu lagi yang harus dilakukan untuk mendapatkan SPR setelah mendapatkan pekerjaan di Singapore yaitu melakukan medical check di Singapura. Mereka umumnya akan melakukan pengetesan apakah applicant mempunyai penyakit AIDS atau TBC.

Hak-hak para SPR adalah mereka berhak untuk membeli rumah sederhana (HDB), mendapat tunjangan hari tua (CPF) setelah usia 55 tahun, biaya pendidikan dan medical yang lebih murah dari foreigner, kemudahan untuk apply PR negara lain, dan lain-lain.

Jangan lupa lihat link berikut untuk mengetahui lebih jauh tentang :
* Find a Job in Singapore
*
Bagaimana Kontrak Kerja Yang Baik ?
* Immigrant Worker in Singapore
*
Education in Singapore
*
Bagaimana Menghadapi Headhunter

Link Lain :
1. Kerja di Brunei

This entry was posted in Work, Job and Career and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

667 Responses to Kerja di Singapore

  1. adri_josh says:

    Hmm klo blh tau, election nya kapan yah?

  2. cendol says:

    to Novi :

    ya bener pass juga lagi susah ..yg plg susah S Pass, Q pass saya kurang tau , tapi kalo P sh ga susah ..tapi PR nya susah banget , ada beberapa kawan lamar PR dari P pass di tolak juga…kamu tau bedanya S,Q, P kan?

    general election harus sebelum febuary 2012 .Temen temen juga bisa open link di bawah ini :

    http://www.petitiononline.com/Employed/petition.html

    untuk liat betapa orang singapore menolak kehadiran pekerja asing ..mereka tanda tangan petisi online tahun ini and selebihnya bisa di baca di link tersebut

    anyway saya tetep doakan good luck buat yg cari kerja dising …kerja sh bisa aja cuma lebih sulit prosesnya di banding dulu …
    hopefully helpful ya info ini

  3. Novi says:

    @Cendol
    “to Novi :

    ya bener pass juga lagi susah ..yg plg susah S Pass, Q pass saya kurang tau , tapi kalo P sh ga susah ..tapi PR nya susah banget , ada beberapa kawan lamar PR dari P pass di tolak juga…kamu tau bedanya S,Q, P kan?”

    kaga tau nih bedanya? apa ya? ==a

  4. cendol says:

    To novi :
    Tipe pass kerja di singapore terbagi dalam 4 kategori :

    1. work permit ( gaji dibawah 1800 sgd) . harus dari approved source country , sayangnya indo ga termasuk . Untuk orang indo kalo mau dapet pass ini hanya untuk pekerjaan pembantu rumah tangga ( domestic worker) atau pasangan dari citizen singapore atau PR singapore , boleh apply di bawah sponsor pasangan.

    2. S pass ( mid skill level ) ( gaji 1800-2500) . tidak ada source country , jadi dari negara mana aja boleh , cuma ada quota 25% total workforce company . Nah pass tipe ini yg orang singaporean lagi protes amat keras buat di tutup atau di limited banget ..karena merebut lahan fresh graduate mereka sendiri .

    3. Employment Pass ( tidak ada quota and source country)
    3a. Qpass ( 2500-3500)
    3b. P2-p1(3500-7000)

    Q pass juga di minta di babat oleh singaporean karena mereka anggap mereka bisa ngerjain yg q pass kerjain …P adalah high skill level …

    untuk lengkapnya bisa di liat di website ministry of manpower singapore

  5. surya says:

    Hi,

    Mau tanya, untuk pemegang spass/epass, perlu kerja brp taun baru bisa convert ke PR ya?

    Trus, misalnya once dapet PR, bisakah off kerja dulu di sg (misalnya 2 taun kuliah diluar), kemudian kembali lagi ke sg buat kerja, apakah PR nya bisa diperpanjang kl kasusnya seperti ini (karena yg saya dengar, PR diperbarui setiap 5 taun) ?

    Last, apakah benar election itu awal taun ini ?

  6. chairul anwar sinaga says:

    Bagus banget infonya

  7. Priscylia says:

    Ada new rule dari goverment berlaku mulai 1 july

    sekarang s-pass minimum gaji $ 2000 dan Ep Q pass minimum $ 2800

  8. richardo says:

    wah, terima kasih yah buat sharingnya…skrg saya tau deh buat LPR….
    ternyata berat juga yah…
    apalagi kalo biayanya buat pembuatan LPR dan apalagi saya cuma diploma 1… :(
    sedih deh….jadi ga bisa deh kerja di singapore….

  9. yong xing "dheart" says:

    Wah… susah juga nih.. aku pengen kerja di singapore karena liat teman-temanku yang pendapatannya jauh lebih gede dari aku saat ini. teman kuliah seangkatanku ada sekitar 3-5 orang yang udah kerja di singapore

    ada hint gimana tulis CV-nya? soalnya aku sudah apply di sekitar 7-8 perusahaan, beberapa lowongannya sudah penuh dan sisanya tapi masih tdk ada tanggapan.

    Kualifikasi saya S1-Informatika dari sebuah institut swasta surabaya, pernah ngambil training cisco sampe lv 3 aja, tapi blm certified sih.. saya bingung mau mendalami apa untuk saat ini karena lulusan IT yang paling banyak dibutuhkan adalah android,iphone, java dan .net developer.

  10. Lucky Putra says:

    Dear Rekan2 semua,,
    Mohon pencerahannya,, Saya seorang lulusan S!-Sistem Komputer di STIKOM Bali. Pengalaman kerja saya sekarang sudah 1 Tahun di PT. Telkomsel Sebagai Team Leader Back End Support (Technical & Helpdesk Support) Area BaliNusra. Saya ingin sekali bekerja di Singapore,, Mohon bantuannya jika ada yang punya informasi yang lengkap untuk proses dan mungkin lembaga yang bisa membantu untuk kita bisa di Hired di Singapore kirim ke email saya di : AgustinusLUPutra@telkomsel.co.id…. Di Tunggu ya Info nya :-) Thanks

  11. ISMAIL says:

    Kapan yach bsa krja d singapore,tmn yg janji kerja di perusahaan cisco trnyata ga tr bukti..

  12. nikma says:

    Thanks buat cendol & novi,
    info ini sangat membantu, skrg ini saya dapat penawaran kerja di HKC Marine di s’pore.
    saya lulusan Spd.Bahasa ingris dan sudah memiliki pengalaman kerja selama 10 thn (Administration, Procurement and current as a secretary).
    skrg sedang proses pengurusan S-pass oleh pihak perusahaan, yang ingin saya tanyakan berapa lama proses pengurusan S-pass dan berapa lama masa aktif S-pass tersebut?
    apakah akan ada kemungkinan penolakan dari pemerintah s’pore untuk S-pass yang d apply tersebut?
    persyaratan apa saja yg d perlukan dalam pengurusan S-pass tersebut?
    mereka akan hire saya start project running di bulan may thn ini.

    Thanks a lot for the kinds response, any way thanks in advance.

    warm regards;
    nikma manik

  13. WIA says:

    Ms. Nikma>>Nice to Know You :)
    Klu kerja part time khusus utk Saturday-Sunday apakah harus punya work permit jg yee? Sy lulusan sastra inggris & tinggal di batam & punya plan utk apply sbg part timer?

    Mohon info nya yaa mb or email jg bs, thx a lot

  14. RUTH says:

    SAYA ADA TAWARAN KERJA DI SINGAPORE, TETAPI KATANYA PERLU SETOR DEPOSIT SEKIAN JUTA DI KEDUBES UNTUK JAMINAN, SETELAH DI SING, DALAM TEMPO SEKIAN HARI UANG TERSEBUT DIKEMBALIKAN SETELAH BERURUSAN DENGAN COMPANY PENGUNDANG… APA BENAR ADA PERATURAN DEMIKIAN?

  15. ARIFIN says:

    SY INGIN CARI KERJA DISINGAPORE JIKA ADA KESEMPATAN HUB SY 089685092343/08121150366

  16. ARIFIN says:

    SY CHINA DARI SUKABUMI JAWABARAT INGIN CARI KERJA DISINGAPORE JIKA ADA LOWONGAN BERI TAHU SY 089685092343 /08121150366

  17. venika agnes says:

    hai Mel, saya baru lulus kuliah dan ingin mencoba bekerja di Singapur, td saya coba kirim CV via email ke LnLServices@bitfreedom.com yang Melisa sarankan ttp gagal dengan alasan alamat email yang dituju tidak dikenal.

    trus, saya kurang mengerti bagaimana cara mengirim CV ke IndoFlair, bisa minta linknya langsung? supaya saya bisa langsung kirim hehe,, kalo kantor resmi agen IndoFlair di Jakarta ga ada ya? Biar saya bisa berbicara tatap muka langsung dengan agennya jadi bisa tanya2 lebih banyak.

    terima kasih banyak atas masukannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Notify me of followup comments via e-mail. You can also subscribe without commenting.