Kerja di Singapore




Bagi teman-teman yang berkeinginan untuk bekerja di Singapura, berikut ada beberapa informasi terkait :
1. Cara pertama adalah dengan kuliah di Singapura. Setelah lulus dari universitas/politeknik, mereka akan diberi tawaran LPR (Landed Permanent Resident) dengan jangka waktu 1 tahun oleh pemerintah Singapura. Dengan LPR tersebut mereka diberi waktu untuk mendapatkan pekerjaan di Singapura. Setelah mendapatkan pekerjaan, LPR tersebut bisa diconvert langsung ke SPR (Singapore Permanent Resident).

2. Cara kedua adalah dengan single fighter. Sebagai single fighter, kita bisa meng-apply pekerjaan-pekerjaan via internet. Banyak fasilitas online yang disediakan bagi rekan-rekan untuk meng-apply pekerjaan, seberti JobsDB Singapore, JobStreeet Singapore, ST701, Monster Singapura, dll. Biasanya akan lebih mudah bagi foreigner apabila dia adalah seorang professional yang mempunyai pengalaman beberapa tahun di bidangnya, seperti SAP Consultant, Oracle Consultant, CISCO Consultant, dsb. Untuk meng-apply pekerjaan online, kita juga sebaiknya memperhatikan criteria dari penawaran employer. Jika mereka menginginkan foreigner untuk meng-apply, maka peluang untuk dipanggil lebih besar. Dan biasanya employer akan mempersiapkan visa kerja, perijinan, dsb dan mau melakukan tele interview. Akan lebih baik lagi, jika rekan-rekan stay di Singapura, karena biasanya employer akan lebih suka untuk melakukan interview face to face dibandingkan tele interview.

3. Cara ketiga adalah dengan memperoleh terlebih dahulu LPR (Land Permanent Resisdance). Dengan memperoleh LPR, biasanya employer akan lebih mempertimbangkan calon employee dibandingkan status foreigner. Hal ini dikarenakan peraturan pemerintah untuk mengutamakan warga citizen dan PR. Karenanya bagi foreigner akan lebih baik jika mempunyai pengalaman / expert di bidangnya. Sedangkan bagi fresh graduate akan lebih baik jika mempunyai LPR.

Untuk mendapatkan LPR, ada beberapa agen di Indonesia yang bisa dihubungi, antara lain OCSC, EduLink, dan Vita Services Agency. Agen ini menawarkan pengurusan dokumen untuk apply LPR di Singapore. Biayanya beragam untuk jasa servicenya, tapi rata-rata adalah s$1500 untuk pengurusan dokumen. Biaya ini bisa refund, jika apply LPR tidak diterima. Besarnya biaya refund, tergantung pada masing-masing agen. Dokumen-dokumen yang dibutuhkan sangat banyak antara lain ijazah dan transkrip nilai, sertifikat kelahiran, kartu keluarga, surat rekomendasi dari current employee (bagi yang sudah berpengalaman), passport, surat ganti nama (jika ada), dll.

Selain biaya jasa pengurusan dokumen, juga terdapat biaya form LPRnya sendiri. Harganya sekitar S$800 untuk fresh graduate dan S$1500 untuk non fresh graduate, dan biaya ini tidak bersifat refundable. Beberapa agen menawarkan juga jasa pengurusan hingga peserta mendapatkan SPR. Biaya ini sekitar $1500, dan biasanya tidak bersifat refundable. Syarat-syarat untuk mendapatkan LPR adalah umur masih dibawah 45 tahun dan minimal lulusan S1 dari universitas yang mempunyai akreditasi A. Bagi lulusan dari bidang IT, akuntansi, engineering akan mempunyai peluang yang lebih baik dibanding lulusan dari bidang lain. Waktu pengurusan LPR antara 3 – 6 bulan.

Bagi teman-teman yang mempunyai kesulitan pada biaya apply LPR atau biaya hidup stay di Singapore selama masa pencarian kerja di Singapore, ada satu konsultan yang bisa dihubungi. Konsultan ini akan membiayai semua kebutuhan apply LPR dan biaya hidup selama di Singapore, termasuk kamar, akomodasi, jasa internet, dan sebagainya. Nama consultant ini adalah IndoFlair. Setiap applier akan mempunyai analisa yang berbeda dari IndoFlair, tergantung pada pendidikan dan pengalaman kerja. Hanya perlu diperhatikan dengan seksama persyaratan timbal balik yang diminta konsultan ini, jangan sampai merugikan bagi teman-teman semua.

LPR mempunyai masa berlaku, yaitu sekitar 1-2 tahun, tergantung perekonomian Singapura. Pada masa tersebut, applier harus bisa memperoleh pekerjaan di Singapura. Apabila masa berlaku habis dan applier belum mendapatkan pekerjaan, masa berlaku bisa diperpanjang dengan sebelumnya mengajukan permohonan perpanjangan masa berlaku. Jika tidak, maka LPR akan hangus. Dan untuk memperolehnya kembali, applier harus mengajukan dari awal.

Point penting untuk mendapatkan SPR (Singapore Permanent Residance) adalah dengan mendapatkan pekerjaan di Singapura atau membuka usaha di Singapura.

Untuk mendapatkan pekerjaan di Singapura, gampang-gampang susah. Kita bisa menyewa Job Agent. Biasanya agen yang menurus LPR juga menawarkan jasa Job Agent. Harga servicenya berkisar S$1500, untuk kira-kira 5-7 kali panggilan interview. Mereka akan memberikan tip membuat CV dengan benar sesuai standar Singapura, cara melakukan interview dengan benar, dan sebagainya.

Perlu diperhatikan juga, bahwa mendapatkan LPR tidak berarti adanya jaminan atau akan mempermudah untuk mendapatkan pekerjaan di Singapura. Umumnya perusahaan Singapura lebih suka dengan applier yang benar-benar SPR dibanding LPR. Karena rata-rata orang Indonesia setelah mendapatkan SPR akan keluar dari perusahaannya dan kembali ke Indonesia.

Satu lagi yang harus dilakukan untuk mendapatkan SPR setelah mendapatkan pekerjaan di Singapore yaitu melakukan medical check di Singapura. Mereka umumnya akan melakukan pengetesan apakah applicant mempunyai penyakit AIDS atau TBC.

Hak-hak para SPR adalah mereka berhak untuk membeli rumah sederhana (HDB), mendapat tunjangan hari tua (CPF) setelah usia 55 tahun, biaya pendidikan dan medical yang lebih murah dari foreigner, kemudahan untuk apply PR negara lain, dan lain-lain.

Jangan lupa lihat link berikut untuk mengetahui lebih jauh tentang :
* Find a Job in Singapore
*
Bagaimana Kontrak Kerja Yang Baik ?
* Immigrant Worker in Singapore
*
Education in Singapore
*
Bagaimana Menghadapi Headhunter

Link Lain :
1. Kerja di Brunei

This entry was posted in Work, Job and Career and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

669 Responses to Kerja di Singapore

  1. buntara says:

    Thanks infonya.., very help full..
    Sepertinya ga semudah yang dibayangkan. Pa lagi buat seorang fresh graduate.

    Ms. Melisa kerja di Singapore juga kah? kalo iya dulu apply sebagai fresh graduate atau udah experienced?

  2. melisa says:

    iya. sebagai yang udah experienced dan dengan cara single fighter.
    Jangan putus asa ! Pasti bisa kalo berkeyakinan !

  3. hendra says:

    gimana kt bisa daftar kuliah dsana?dan apa harus bisa bhs inggris..,sblumnya trims miss atas infonya >>slm knl

  4. buntara says:

    Background accounting, apalagi fresh graduate, foreigner lagi, katanya susah masuk ya. Saingannya terlalu berat. Apa bener gitu Ms Mel? Sempet nemu 1 perusahaan yang aku anggep reasonable buat alasan diatas, cuma gaji yang ditawarkan $S1,100 jauh dibanding kondisi yang yang sama untuk yang punya background Arsitek. 2 orang temen (arsitek) di sini keterima di Singapore dgn gaji $S1.900 – $S2.200
    Wow.. :0
    hehe.. :D
    fiuhh.. :(

    Ya walopun $S1.100 masih cukup buat ongkos hidup bulanan meski mepet.
    Apa sebaiknya musthi nyari experience dl di Indo ya? ato coba aja dl?
    Well.. no action nothing happen, gt kata pak Tung.
    Help me msMel..

    oya, salam kenal..
    :)

  5. Melisa says:

    buat Hendra yang ingin melanjutkan sekolah di Singapore, Hendra bisa menggunakan jasa dari agen pendidikan untuk pengurusan dan jasa konsultasinya. Di Jakarta, bisa menggunakan jasa EduLink yang terletak di Tanjung Duren, no telp yang bisa dihubungi adalah (021)5673818 atau jasa Vita Services di Surabaya, dengan no contact (031) 598 1717, 849 7373.

    Apabila ada kendala bahasa, sebaiknya sejak dini sudah mempersiapkan kemampuan berbahasa inggris jika memang mempunyai cita-cita melanjutkan pendidikan di luar negeri, misalnya mengambil kursus bahasa di Indonesia, atau mengambil kursus bahasa di luar negeri sebelum masuk ke sekolah di sana. Biasanya agen pendidikan akan memberikan saran-saran yang bisa Anda pilih.

    Semua pilihan yang ditawarkan tentunya punya plus dan minusnya. Misalnya dengan mengambil kursus bahasa di luar negeri sebelum masuk sekolah di sana, mempunyai nilai plus bagi siswa/i yaitu kesempatan untuk beradaptasi dengan budayanya, minusnya adalah membutuhkan budget yang lebih tinggi.
    Karenanya Hendra harus pintar-pintar memilih sesuai dengan yang diinginkan. Semoga sukses ..

  6. Melisa says:

    Buat Buntara, memang bagi fresh graduate dan foreigner agak susah, karena bagi employer lebih penting untuk menggunakan warga Singapore atau SPR, dibanding foreigner. Hal ini sesuai dengan peraturan pemerintah.

    Jadi masukan dari saya seh, kalo kamu keterima di perusahaan Singapore walau gaji kamu kecil, sebaiknya diterima aja. Karena untuk apply SPR ke pemerintah Singapore adalah kamu diterima sebagai karyawan di Singapore (tentunya jenis pekerjaannya disesuaikan dengan pendidikan kamu. Pemerintah juga akan mempertimbangkan jika kamu lulusan S1 tapi pekerjaan kamu di Singapura adalah OB, maka biasanya akan sulit).

    Walapun gaji kamu kecil, kamu bisa minta surat keterangan dari employer kamu sebagai salah satu syarat pengajuan SPR. Setelah SPR kamu keluar, kamu bisa apply job2 yang lebih baik dan tentunya gaji kamu juga akan lebih baik. Salam !

  7. Yudha says:

    Hi Melisa,

    Boleh dirimu kasih info consultant untuk SPRs in Singapore gak ? kami hub. SMC – katanya not longer to be consultancy – contact aku di uudha@yahoo.com – pls

    Thanks

  8. nia says:

    Hi melisa,
    aku dah pernah lihat website Indoflair, tapi ada syarat-syarat khusus salah satunya memiliki skill yang baik dan ada kemungkinan juga ga’ diterima. bisa ga’ sih kita register SPR melalui online ke Singapore agency langsung tapi sebelumnya udah mendapatkan employment pass yah??

  9. melisa says:

    Coba kamu hubungi agen berikut di Singapore :
    http://www.iel.com.sg/

    Agennya di Indonesia sering memberikan diskon hingga 50% secara periodik, jadi kalau dibandingkan dengan agen yang lain, agen ini yang paling murah yang bisa aku temukan (sewaktu melakukan survei di Indonesia).

    Kemudian, agen ini bisa memberikan hal-hal yang praktis sehingga kamu ga perlu buang uang terlalu banyak untuk mendapatkan LPR.

    Untuk mengurus hingga SPR, biasanya agen ini menganjurkan agar kamu mengurus sendiri. Karena hanya butuh kamu bekerja di Singapore dan medical check-up. Tapi jika kamu mau, agen ini juga bisa mengurus sampai pembuatan SPR, cuma menurut mereka akan buang2 uang, jika kamu bisa mengurus sendiri.

    Perusahaanku di Shenton Way, tapi aku sekarang proyek di Brunei.

  10. melisa says:

    Hi Nia..

    Jika kamu mau menggunakan jasa Indoflair, memang Indoflair akan meminta copy sertifikat pendidikan kamu (minimal S1) , CV dan passport kamu.

    Mereka akan menganalisa apakah qualitas kamu cukup diminati di Singapore. Hal ini dilakukan oleh Indoflair, karena Indoflair akan membayarkan semua biaya kamu selama di Singapore hingga mendapat pekerjaan dan dapat meng-apply SPR. Karenanya mereka cukup ketat dalam menganalisa kualitas applicant-nya.

    Jika menurut mereka, kamu kurang diminati maka mereka akan menolak aplikasi kamu, karena mereka tidak mau rugi menangung biaya tanpa kepastian kamu akan diterima kerja di Singapore.

    Untuk mendapatkan SPR, memang perlu employement pass jika kamu tidak punya LPR. Mengenai apply online atau tidak, aku kurang tahu. Tapi biasanya mereka perlu dokumen ketat untuk bukti, jadi kamu akan menggunakan jasa pos, atau scan dan email dokumen kamu.

  11. Yudha says:

    Hi Melisa,

    Thanks ya infonya – kalau ada pertanyaan lagi – saya akan posting ke ur diary.

  12. Leo says:

    Hi Melissa,
    Infonya membantu bgt. Satu2nya agent yg baru saya tahu buat Singapore LPR application cuman SMC. Apa bisa urus sendiri dan dateng langsung ke officenya mereka di Singapore?
    Thanks in advance replynya. Salam kenal.

  13. melisa says:

    bisa urus sendiri. Malah kalau bisa urus sendiri sampai ke kantor imigrasinya, akan lebih baik dan lebih murah…hehehe…

  14. Yudha says:

    H Melisa,

    Sebagai pemegang SPRs – bagaimana jika validity Indonesia passport akan expire ? apakah renewal passport bisa diurus di Singapore ? dan apakah passport tersebut bisa diganti menjadi passport Singapore ? Saya liat Sing passport with the red cover.

    Thanks

  15. Melisa says:

    Kamu bisa mengurus penggantian/pembuatan paspor di kedutaan Indonesia di Singapore. Paspor kamu tidak bisa diganti menjadi paspor Singapore kecuali kamu Singapore citizen.

  16. Mia says:

    Hi Mel,

    Saya lulusan Accounting-Auditing dari Indo. Saya sudah di Spore sekitar 1 minggu untuk cari kerja. Saya ke sini karena ada panggilan interview (bermodalkan visa turis), namun tidak ada kelanjutan atas interview tersebut.

    Pagi ini ada company yang telp dan langsung nolak ketika tau saya tidak mempunyai status PR Singapore.

    Langkah apa yang harus saya lakukan? bagaimana saya “mempersenjatai” diri saya? Saya sudah memiliki sertifikat CPA Indonesia dengan 4 tahun pengalaman kerja di bidang yang sama. Bagaimana saya bisa memperoleh pekerjaan dengan cepat?

    Saya juga pernah dihubungi oleh job agency dan mereka meminta bayaran di muka 3600 S$, apakah cara seperti itu wajar di sini? Mohon informasinya, karena saya masih awam ..

  17. melisa says:

    Hi, menurut saya kamu sudah cukup baik dalam bidang kamu. Kamu sudah memiliki sertifikasi dan pengalaman di bidang yang sama selama 4 tahun.

    Apakah kamu sudah cukup banyak meng-apply ? Karena mungkin dari 20-30 perusahaan yang kamu apply, yang menanggapi hanya 1, apalagi kamu belum punya PR. Selain itu juga, jangan lupa berdoa.

    Kalau saya, saya akan menolak memberikan uang 3600$ di awal. Apakah ada jaminan dari mereka bahwa mereka akan memberikan pekerjaan dan pekerjaan itu sesuai dengan keinginan kamu baik bidang, perusahaan maupun salary ? Apakah jika mereka gagal, mereka akan mengembalikan uang tersebut ?
    Saya rasa tidak. Mereka mungkin akan memberikan kamu beberapa perusahaan untuk dicoba dan tip supaya kamu bisa sukses di interview. Tapi mereka tidak menjamin suatu pekerjaan untuk kamu, juga mereka mempunyai batasan jumlah perusahaan yang diberikan.

  18. irwansyah says:

    hai melisa
    aku mo nanya neh. berapa biaya pembuatan permit
    thanks ya

  19. melisa says:

    hmm..biasanya seh diurusin ama company-nya. Kita tinggal ambil. Kurang lebih sekitar 60-70$.

  20. dian says:

    hai melisa..mau tanya. kalo mau apply SPR, perlu sertakan kartu keluarga juga ga? soalnya km bilang untuk apply LPR perlu kartu keluarga. kalo SPR gimana? ohiya, kalo aku baca di web gov.sg, untuk apply SPR harus sertakan surat referensi dari company sebelumnya untuk yg sdh pny pengalaman kerja. apa di dlm surat ref itu memang hrs dicantumin salary terakhir di company lama (last drawn basic salary)? karena setau aku ref letter dr company lama ga ada yg cantumin last drawn basic salary. pls advice. thx..

  21. melisa says:

    hmmm, maksudnya kamu udah punya LPR dan udah dapat kerja terus sekarang kamu mau apply SPR ?
    Kalo begitu seh, kayanya ga perlu kartu keluarga lagi. Tapi kalo kamu belum punya LPR, sudah dapat kerja dan mau apply SPR, sepertinya perlu kartu keluarga.
    Jika kamu punya surat referensi dari perusahaan tanpa menyebutkan salary kamu ga masalah. Kamu bisa menyertakan slip salary kamu.

  22. dessy says:

    hi mel..
    bln april lalu saya pernah coba untuk ngurus LPR via satu agent di jakarta. Tahap pertama adalah penelusuran apakah saya punya peluang untuk mendapatkan LPR itu atau tidak. Jawaban dari sana adalah OK. Ttp sampai saat ini tdk saya lanjutkan krn setelah dipikir2 apakah dlm wkt 1 thn itu saya bisa mendapatkan pekerjaan di singapore? bila msh blm dpt krj, byk biaya yg hrs dikeluarkan nanti bgmn? selain itu bahasa inggris saya sangat kurang, saya bisa bahasa mandarin sedikit dan sebenarnya sangat ingin bekerja di singapore. Menurut pendapat anda bagaimana? Thanks.

  23. melisa says:

    Kalo boleh tau, apa profesi dan skill anda ? Apabila anda yakin dengan skill anda, anda harus yakin pada diri sendiri bahwa anda dibutuhkan di Singapore. Anda bisa mengecek trend skill dan job di Singapore di website-website job. Jika skill anda banyak dicari di sana, yakinlah bahwa anda juga dibutuhkan. Masalah biaya yang dikeluarkan, memang harus ada risk yang diambil :)
    Setelah mendapat pekerjaan, biaya itu akan tertutup semua bukan ? dan setelahnya semuanya menjadi milik anda, dan selain itu juga anda mendapatkan keuntungan lain, seperti international experience and network, lingkungan hidup yang aman, memperlancar bahasa anda ;p, dll.

  24. Feby says:

    Hi! Salam kenal, thanks banget buat infonya, very helpful. G juga berencana buat cr kerja di Spore. Kmrn apply EPEC tp ditolak hiks:( Jadi kayaknya harus langsung aja apply job deh. G lulusan S1 Accounting, pengalaman kerja 9 thn di bidang yg sama. Bahasa Inggris cukup ok lah, mandarin udah 6 taun bljr jadi kalau buat ngobrol masih ok, kecuali kalau ngomongin kerjaan itu yg ga bisa hehehe…. Kalo menurut loe chance g untuk dpt gawe di Spore dgn pengalaman g seberapa besar?

  25. friska says:

    hi melisa,
    aq baca2 pengalaman kamu koq kayanya enak ya.. hehe.. aq dah setaunan ini cari2 kerja di singapore, selama ini coba apply2 via internet. tapi koq susah banget yah.. rata2 emang required singaporean PR.. btw kalo untuk ngurusin LPR di indo bisa info dmn? soalnya aq dah coba kontak SMC tapi ga ada jawaban terus.. emang caranya enakan urus LPR dulu disini ya, baru kesana aja cari kerja disana?

  26. melisa says:

    hmm..tergantung pada kualifikasi anda. Saya pikir kalo dengan pengalaman yang cukup lama, anda bisa apply posisi senior. Hanya saja untuk posisi senior juga tuntutannya banyak. Misalnya anda mempunyai professional accounting qualification (CIMA, ACCA, or ICA), accounting certification (CPA), tau tentang standar2 akuntansi internasional, hukum pajak Singapore, bisa menggunakan komputer dan akrab dengan accounting software, seperti SAP, Accpac, Oracle, dll. Semakin baik qualifikasi anda, maka saingan anda juga akan berkurang. ;)

    Hmm..kalo dilihat emang pusing ya, tapi ga pa2..coba aja…sambil mencoba meng-apply, jangan lupa untuk terus meningkatkan kualitas anda.

  27. melisa says:

    Hi Friska, dari komentar Yudha di atas, sepertinya SMC udah ga jadi konsultan lagi.

    Wah, jangan anggap tinggal di luar menyenangkan, semuanya sama lah. Penuh perjuangan.

    Kalo aku seh tipe orang yang pelit, jadi ga mau keluar banyak uang dulu sebelum tau hasilnya. Itu seh tergantung masing2 orang.

    Waktu pertama baru lulus, aku juga apply2 ke Singapore, tapi ga ada yang manggil tuh ;p
    Tapi setelah punya pengalaman, dan coba apply2, ternyata tiap 10 yang aku apply, setidaknya ada 1 yang menjawab..hehehehehe

  28. Yudha says:

    Hi Melisa

    Saya sdh email ke EduLink Colsultant tapi gak ada respon, teman2 bisa coba hub. Indoflair, saya sudah email ke Indoflair lebih dari sekali saya keep email sampai mereka bosan terima email saya kali yee… ( Gak peduli ) sampai saya dapat jawabannya – yang jawab namanya Darvin – waktu itu saya tanya tentang LPR so jawabnya – LPR application cost S$1500 (govt fee) + S$500 processing fee, we will help you consolidate your documents needed for the application ”

    Sebenarnya – saya tidak terlalu excite untuk apply sendiri karena my husband ( Dutch ) my apply untuk ” Employment Pass ” so saya bisa nebeng keren nantinya karena kalau my husband dah dapat saya nya gak sulit karena kami ” married couple ” kami dah consulted dengan RIKVIN CONSULTANCY -

  29. friska says:

    hi lagi..
    aku di indo udah kerja 2 taunan sih, cukup qualified ga tuh? terus aku denger2 dari temen juga, ktnya mending ke singapore aja ke SMC sana, apply sendiri si LPRnya, itu katanya lebih gampang n murah, ya at least ga usah keluarin uang untuk biaya agent. tp, apa iya lebih gampang kalo gitu? udah desperate deh kirim lamaran via internet udah ada kali ratusan, ga ada satupun yang dipanggil.. huaaaa…

  30. melisa says:

    Buat Yudha, EduLink sering buka iklan tiap 2 minggu sekali di Kompas. Mereka sering mengadakan seminar tentang Singapore LPR di Ciputra Hotel. Semoga membantu.

  31. melisa says:

    But Friska, coba CV kamu diupdate dan disesuaikan dengan budaya Singapore. Kamu bisa browse di internet cara buat CV yang baik. Tonjolkan achievement dan skill kamu yang unik. Pada bagian pengalaman, dahulukan yang ingin kamu tonjolkan, misalnya ‘Managed a team of 10 people’.

  32. friska says:

    ok2 deh i’ll try..
    thx ya 4 the info..

  33. Feby says:

    Hallo Mel. thank u buat responnya, memang kudu usaha yah kalo mau berhasil. Makanya sekarang g lagi giat belajar lagi nih hehehehe…. moga2 dibukain jalan ma Babeh di atas……. Bantu doa yah…..Thanks!

  34. Ria Fidianti says:

    Hi Melisa,
    Saya S2 lulusan Universitas Negeri dan pengalama 8 thn di beberapa PMA. Saya sudah coba beberapa bln ini usaha apply job ke Singapore via Monster.com. Tapi kayanya sulit karena masalah PR itu. Finally Saya tau ttg Edulink dan saya contact mrk. Respon mereka utk bantu sangat baik. Akhirnya, Saya dpt info kalo sistem di iel (Edulink) itu ada register fee IDR. 600rb (katanya lg discount), kita menyerahkan CV dan copy2 ijazah. Lalu mereka telusuri dan nanti ada bayar lagi SGD 2900 untuk pengurusan izin, dll which is akan dikembalikan semua (IDR 600rb dan 2900, dipotong SGD 500 jadi cuma SGD 2400) apabila belum berhasil dapat kerja dalam wkt 6 bulan. Lalu kalo ada interview semua beban (transport, accomodation,meal) dikita. Saya hitung2 lumayan mahal juga. dan belum tentu sesuai dengan Salary yang didapat (belum tentu balik modal dalam 1 bulan gaji). dan sistem kerja juga kontrak (kalo ini sebenarnya tdk terlalu masalah). Hanya if only (amit2) diputus ditengah kontrak kan menyesakkan dada jg, dan sampai sebatas mana tg. jwb agency apabila terjadi hal seperti ini.
    Tapi, saya pernah baca salah satu blog org kita yang kerja disana yang kasih tips, kalo semua itu bisa diupayakan (cari kerja) sendiri (seperti yg sudah saya lakukan) dan kalo ada panggilan kerja, interview bisa dilakukan via telepon apabila berlanjut kita bisa nego ke perusahaan yang memanggil untuk mensponsori biaya2 termasuk pengurusan izin kerja.
    So, intinya saya bingung mau pake agent yang lumayan mahal itu atau upaya sendiri tapi gak jelas hasilnya, mengingat saya pasti kalah di bagian requirement : “Only for PR holders or Singaporeans”. Need advice dong Mel.

  35. melisa says:

    well, semuanya itu ada kelebihan dan kekurangan masing2. Kalo kita udah punya LPR, kita bisa coba2 untuk apply job yang ada tulisan Singapore citizen or SPR. Masalahnya ada beberapa perusahaan yang benar2 mau SPR dan bukan LPR.

    Saya juga usaha sendiri, dan interview dilakukan via phone, offering of employment juga dikirim via email, dan nanti surat-suratnya diurusin. Tapi emang, saya selalu kirim job yang tidak ada meminta SPR atau Singaporean.

    Kalau diperhatikan baik-baik iklan tenaga kerja di internet, biasanya untuk yang non-SPR akan lebih dibutuhkan skill khusus, dibandingkan yang SPR, requirementnya ga terlalu banyak. :)

  36. anton says:

    hai melisa
    saya juga sedang coba2 cari pekerjaan di singapore
    dan sudah mencoba apply via jobsdb, monster dan lainnya
    saya sudah dari background finance and experience more than 6 years
    tapi memang tidak punya keahlian cfa atau cpa
    apa masih mungkin dapat pekerjaan disana?
    coz selama ini belum pernah ditelp atau diemel oleh company2 di sg…
    biasanya yang menjadi kriteria dari company sg itu apa ya?

  37. melisa says:

    kesempatan pastinya ada, hanya mungkin ga sebesar orang yang mempunyai skill khusus.
    Bayangkan begini saja, perusahaan Indonesia membutuhkan tenaga kerja keuangan. Bagi perusahaan itu lebih mudah memilih orang dari Indonesia atau dari luar ? Tentunya lebih mudah dari Indonesia (dalam negeri) bukan ? Apabila dari Indonesia tidak ada, baru dia mendatangkan orang dari luar (tentunya skill yang dibutuhkan benar2 khusus, sehingga perlu didatangkan dari luar karena di Indonesia tidak ada orang seperti itu).

    Begitu juga dengan perusahaan Singapore, ia akan mencari dulu di dalam negeri, kalau tidak ada baru keluar. Masalahnya, kalau pengalaman anda ‘umum’, maka persaingannya akan banyak sekali. Yang melamar bukan hanya dari Indonesia, tapi juga Malaysia, Filipina, Thailand, Vietnam, bahkan China. Jadi itu yang menyebabkan anda harus memberi/menonjolkan kelebihan anda pada CV.
    Good luck..

  38. suheri says:

    halo melisa, gw Suheri. friends call me Herry. mo tanya nih, sebenernya di singapore itu menerima kerjaan di bidang apa aja?? masalahnya gw itu kerja sebagai finance, tepatnya Credit Control di perusahaan pertanian, dan juga mengerti ttg marketing action dan marketing development. kira2 ada ga ya lowongan buat gw di sana?? rencana sih tahun depan mau ke singapore. thanks ya untuk jawabannya

  39. sam says:

    hi melisa. nanya suggest u donk.

    saya lulusan Industrial Engineering dari salah satu uni swasta di Indo.

    lulus lgsg kerja bagian Puchasing selama 8 bulan.. berhenti karena mau ke China belajar bahasa 1.5 tahun.. 2 bulan terakhir di China sempet kerja sebagai Marketing Event.. n again.. terpaksa berhenti gara2 kebentur kesulitan mengurus visa kerja gara2 Olympic.. foreigner2 smua banyak yg ngalami permasalahan serupa..

    n skrg di Indo deh ud 2 weeks..

    mo nanya kl cari kerja di SG chance saya gmn ya?

    single fighter dengan sedikit riwayat saya gitu kuat ga yah?
    IndoFlair?

    kl emg msti pake agent yg di recommend mana kira2?
    SMC di SG?
    IEL? http://www.iel.com.sg/contact.html

    ato yg mana?

    tolong suggestnya yah.. kebetulan emg mau ke SG next week.. jadi pengen sekalian lgsg dateng hubungin agent situ kl emg suggest yg terbaik menurut Melisa adalah dengan hubungin agent di SG..

    thanks..

  40. Nicholas says:

    Hi mel,
    aku mau nanya nih, kalo semisalnya kita belum punya LPR, berarti kesempatan melamar kerja itu kecilkan, bisa ngak sih kita apply LPR tapi sementara kita ngak tinggal disingapore dulu, kita baru kesana kalau sudah ada panggilan untuk interview semisalnya.

    Pengalaman kerjaku seh sebenernya belum banya, baru setengah tahun, itupun dua tahun lalu, dikerenakan aku pergi ke china untuk belajar lagi (belajar bahasa saja sih) dan baru balik ke indo satu-dua bulan ini. kira2 kesempatan dapet kerjaku ada ngak yah?

    thanks yah udah mao meluangkan waktu untuk menjawabnya

  41. Kie says:

    Hi Mel,
    saya tertarik untuk kerja di Sg nih..
    Saya lulus tahun lalu, dan sekarang sedang magang.

    Mungkin jalur yg saya pilih adalah single fighter ya?
    Saya pernah dengar biaya ikut agen pencari kerja disana antara 30-80 juta rupiah.
    (saya pikir dengan biaya begini besar, lebih baik saya melanjutkan S2 ajya)

    Kalo sekiranya mengurus visa sendiri, mksdnya
    dengan cara datang ke KEDUBES SG di JKT gmn? Apakah susah ato gmn?

    Ditunggu replynya ya.. Thanks!

  42. melisa says:

    hmm..yang gue tau pasti seh kebanyakan IT and Finance/Accounting, untuk bidang lain ada juga kale…

    Coba aja, siapa tau dapat….yang pasti banyak perusahaan perwakilan di sana, jadi kalo Credit Control seh kemungkinan ada. Aku kurang tau..tapi seharusnya ada..

  43. melisa says:

    wah, keputusan tetap harus dipikirkan sendiri dengan baik ya…

    Cuma suggest saya seh, dengan pengalaman kamu lebih baik seh memang via agent, soalnya agak susah kalo single fighter. Kamu mau melamar bidang apa nanti ? Harus diperhatikan juga demand singapore gimana ? Jangan sampe udah ikut agent, tapi tetep susah dapat kerja. Sayang…Karena bagi agent mah, dia akan ngobral janji supaya kamu ambil ama dia dan dia dapat uang. Tapi kamu sendiri juga harus bener2 survey demand singapore gimana ?

    Kalo Indoflair, hmm…kalo kamu merasa susah dapat kerja dalam 6 bulan, dan kamu ga ada modal neh, memang lebih baik pakai Indoflair. Tapi kalo punya modal, sayang menggunakan jasa Indoflair, karena yang harus dibayar balik sangat tinggi (menurut saya).

    Agen antara SMC dan IEL..hmm kalo SMC aku ga tau, tapi kalo IEL, aku pernah kontak, dan respon mereka cukup baik.

    Pikirkan baik2, survey, tanya pendapat orang tua dan orang yang lebih pengalaman, doa, putuskan…tapi inget..perjuangan itu tetap ada.

  44. melisa says:

    Hi Nich…kalo kamu apply LPR dan dapat, kamu masih bisa kok stay di Indonesia dan baru ke Singapore kalo dapat panggilan.

    Peluang kerja, harus disurvey tuh…antara demand dan skill kamu, semoga berhasil ya…

  45. melisa says:

    Kie, untuk apply visa kerja di kedutaan singapore di Indonesia adalah tidak mungkin jika tidak ada perusahaan yang menerima kamu sebagai karyawan. Karena salah satu syarat untuk mendapat visa kerja adalah adanya surat keterangan dari perusahaan Singapore kalo kamu adalah karyawannya dan kamu memerlukan visa kerja Singapore.

  46. Nicholas says:

    Thanks atas jawabannya mel,

    kalo boleh bertanya lagi, apa aku bisa mengapply LPR dari jakarta? atau harus mengapplynya lewat singapore? LPR bisa apply sendiri atau lewat agent lebih mudah?

  47. Margareth says:

    hi, salam kenal..blog melisa ini amat sangat bermanfaat deh buat yang mau apply LPR. Mel, saya mau tanya beberapa hal,
    1. saya s1 dari maranatha, s2 dari ui. dua-duanya psikologi. sekarang udah 2.5 tahun kerja di bidang psikologi, menurut melisa gimana ya chance-nya tuk dapetin LPR?

    2. kalau melisa jadi saya, apakah melisa akan tetap maju apply pr atau gimana?

    3. ada yang bilang lebih baik apply LPR dari sg langsung, ada juga yang bilang lebih baik dari agent di indo karena kalo via agent mereka pasti akan berusaha lebih supaya mereka dapet fee-nya. menurut melisa gimana?

    thanks ya tuk infonya.

  48. Melisa says:

    LPR bisa di-apply dari Jakarta, dan bisa di-apply sendiri. Tapi tentunya, kalau lewat agent lebih mudah, namun juga lebih mahal.

  49. melisa says:

    hmm..aku kurang tau ya kalau bidang psikologi.
    Kalau saya jadi kamu, saya akan cek dulu, permintaan Singapura bagaimana terhadap kebutuhan psikolog dan peluang-peluangnya…karena psikolog itu kan pasti dibutuhkannya seorang yang ahli. Kalo emang ada kebutuhannya, saya pasti maju. Tapi juga saya akan berpikir, kalo saya single fighter bisa, saya ga perlu apply LPR.

    Apply LPR dari Indonesia bisa. Semuanya juga pasti berusaha supaya kamu dapat LPR, agar persentase keberhasilan mereka tinggi.

  50. Kie says:

    Thanks dah direply ya Mel..
    Aku seh jebolan Bussines Administration neh..

    Nah, apply visa kan berarti butuh sponsor/harus ada
    perusahaan yg nerima kita. Kalo kita misalnya apply dulu lewat, mis: JobsDB, trus bisa ga seh kita minta
    perusaahaan ybs, buat jadi sponsor kita?

    Ato mungkin, kita apply LPR dulu di JKT?
    ( nah, klo utk ini gmn caranya ya? Datang ke Kedubes Sg di Indo kah??? Mohon petunjuknya nihh. Hehe..)

    Umm, untuk survey job diSg, bukannya bs kliatan
    dr lowongan2 yg ada di JobsDB misalnya..

    Lalu, ( maap banyak pertanyaan nih )
    soal modal, bisa dibilang ga approximately-nya
    butuh berapa seh klo single fighter itu??

    Thanks a bunch ya…

    `Kie

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Notify me of followup comments via e-mail. You can also subscribe without commenting.