Kerja di Singapore




Bagi teman-teman yang berkeinginan untuk bekerja di Singapura, berikut ada beberapa informasi terkait :
1. Cara pertama adalah dengan kuliah di Singapura. Setelah lulus dari universitas/politeknik, mereka akan diberi tawaran LPR (Landed Permanent Resident) dengan jangka waktu 1 tahun oleh pemerintah Singapura. Dengan LPR tersebut mereka diberi waktu untuk mendapatkan pekerjaan di Singapura. Setelah mendapatkan pekerjaan, LPR tersebut bisa diconvert langsung ke SPR (Singapore Permanent Resident).

2. Cara kedua adalah dengan single fighter. Sebagai single fighter, kita bisa meng-apply pekerjaan-pekerjaan via internet. Banyak fasilitas online yang disediakan bagi rekan-rekan untuk meng-apply pekerjaan, seberti JobsDB Singapore, JobStreeet Singapore, ST701, Monster Singapura, dll. Biasanya akan lebih mudah bagi foreigner apabila dia adalah seorang professional yang mempunyai pengalaman beberapa tahun di bidangnya, seperti SAP Consultant, Oracle Consultant, CISCO Consultant, dsb. Untuk meng-apply pekerjaan online, kita juga sebaiknya memperhatikan criteria dari penawaran employer. Jika mereka menginginkan foreigner untuk meng-apply, maka peluang untuk dipanggil lebih besar. Dan biasanya employer akan mempersiapkan visa kerja, perijinan, dsb dan mau melakukan tele interview. Akan lebih baik lagi, jika rekan-rekan stay di Singapura, karena biasanya employer akan lebih suka untuk melakukan interview face to face dibandingkan tele interview.

3. Cara ketiga adalah dengan memperoleh terlebih dahulu LPR (Land Permanent Resisdance). Dengan memperoleh LPR, biasanya employer akan lebih mempertimbangkan calon employee dibandingkan status foreigner. Hal ini dikarenakan peraturan pemerintah untuk mengutamakan warga citizen dan PR. Karenanya bagi foreigner akan lebih baik jika mempunyai pengalaman / expert di bidangnya. Sedangkan bagi fresh graduate akan lebih baik jika mempunyai LPR.

Untuk mendapatkan LPR, ada beberapa agen di Indonesia yang bisa dihubungi, antara lain OCSC, EduLink, dan Vita Services Agency. Agen ini menawarkan pengurusan dokumen untuk apply LPR di Singapore. Biayanya beragam untuk jasa servicenya, tapi rata-rata adalah s$1500 untuk pengurusan dokumen. Biaya ini bisa refund, jika apply LPR tidak diterima. Besarnya biaya refund, tergantung pada masing-masing agen. Dokumen-dokumen yang dibutuhkan sangat banyak antara lain ijazah dan transkrip nilai, sertifikat kelahiran, kartu keluarga, surat rekomendasi dari current employee (bagi yang sudah berpengalaman), passport, surat ganti nama (jika ada), dll.

Selain biaya jasa pengurusan dokumen, juga terdapat biaya form LPRnya sendiri. Harganya sekitar S$800 untuk fresh graduate dan S$1500 untuk non fresh graduate, dan biaya ini tidak bersifat refundable. Beberapa agen menawarkan juga jasa pengurusan hingga peserta mendapatkan SPR. Biaya ini sekitar $1500, dan biasanya tidak bersifat refundable. Syarat-syarat untuk mendapatkan LPR adalah umur masih dibawah 45 tahun dan minimal lulusan S1 dari universitas yang mempunyai akreditasi A. Bagi lulusan dari bidang IT, akuntansi, engineering akan mempunyai peluang yang lebih baik dibanding lulusan dari bidang lain. Waktu pengurusan LPR antara 3 – 6 bulan.

Bagi teman-teman yang mempunyai kesulitan pada biaya apply LPR atau biaya hidup stay di Singapore selama masa pencarian kerja di Singapore, ada satu konsultan yang bisa dihubungi. Konsultan ini akan membiayai semua kebutuhan apply LPR dan biaya hidup selama di Singapore, termasuk kamar, akomodasi, jasa internet, dan sebagainya. Nama consultant ini adalah IndoFlair. Setiap applier akan mempunyai analisa yang berbeda dari IndoFlair, tergantung pada pendidikan dan pengalaman kerja. Hanya perlu diperhatikan dengan seksama persyaratan timbal balik yang diminta konsultan ini, jangan sampai merugikan bagi teman-teman semua.

LPR mempunyai masa berlaku, yaitu sekitar 1-2 tahun, tergantung perekonomian Singapura. Pada masa tersebut, applier harus bisa memperoleh pekerjaan di Singapura. Apabila masa berlaku habis dan applier belum mendapatkan pekerjaan, masa berlaku bisa diperpanjang dengan sebelumnya mengajukan permohonan perpanjangan masa berlaku. Jika tidak, maka LPR akan hangus. Dan untuk memperolehnya kembali, applier harus mengajukan dari awal.

Point penting untuk mendapatkan SPR (Singapore Permanent Residance) adalah dengan mendapatkan pekerjaan di Singapura atau membuka usaha di Singapura.

Untuk mendapatkan pekerjaan di Singapura, gampang-gampang susah. Kita bisa menyewa Job Agent. Biasanya agen yang menurus LPR juga menawarkan jasa Job Agent. Harga servicenya berkisar S$1500, untuk kira-kira 5-7 kali panggilan interview. Mereka akan memberikan tip membuat CV dengan benar sesuai standar Singapura, cara melakukan interview dengan benar, dan sebagainya.

Perlu diperhatikan juga, bahwa mendapatkan LPR tidak berarti adanya jaminan atau akan mempermudah untuk mendapatkan pekerjaan di Singapura. Umumnya perusahaan Singapura lebih suka dengan applier yang benar-benar SPR dibanding LPR. Karena rata-rata orang Indonesia setelah mendapatkan SPR akan keluar dari perusahaannya dan kembali ke Indonesia.

Satu lagi yang harus dilakukan untuk mendapatkan SPR setelah mendapatkan pekerjaan di Singapore yaitu melakukan medical check di Singapura. Mereka umumnya akan melakukan pengetesan apakah applicant mempunyai penyakit AIDS atau TBC.

Hak-hak para SPR adalah mereka berhak untuk membeli rumah sederhana (HDB), mendapat tunjangan hari tua (CPF) setelah usia 55 tahun, biaya pendidikan dan medical yang lebih murah dari foreigner, kemudahan untuk apply PR negara lain, dan lain-lain.

Jangan lupa lihat link berikut untuk mengetahui lebih jauh tentang :
* Find a Job in Singapore
*
Bagaimana Kontrak Kerja Yang Baik ?
* Immigrant Worker in Singapore
*
Education in Singapore
*
Bagaimana Menghadapi Headhunter

Link Lain :
1. Kerja di Brunei

This entry was posted in Work, Job and Career and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

669 Responses to Kerja di Singapore

  1. Fanny says:

    @counterfeit : Btw, km orang Indo yang kerja di Sing ya? Wkt pertama kali masuk Sing, apply E-Pass or PR nih? And prosesnya gampang or susah nih? Kl bisa, please share donk sama kita, sptnya kamu lebih ber-pengalaman. Thx ya..

  2. counterfeit says:

    bener kan apa yang gue nyatakan diatas? gimana? target bulan ini udah tercapai?

    gue gak emosi, gue hanya memaparkan apa yang tidak diketahui banyak orang (dan ditutupi oleh sebagian besar agen).. dan.. sirik? please deh, gue gak perlu kenal sama loe atau jadi orang disekitar loe untuk tau cara kerja agen.. dan gue memang ga kenal sama loe. feels so important eh??

    tapi gue kenal sama orang yang jadi korban agen temennya sendiri, dikasi angin surga, diceritain yang bagus2, dibilangin “ehh loe punya chance gede lho di singapore”, dijanjiin job placement untuk sekian interview dengan sekian perusahaan gak jelas dari list di databasenya yang udah gak update lagi.. dan setelah itu si agen lepas tangan

    for you guys who read it, please note, Singapore is a land of opportunity ONLY for those who CAN afford it.. please don’t go if you are underqualified or without any relevant working experience despite your agent says you have the biggest possible chance.

    jangan dengan kualifikasi pas-pasan, loe nekat ke singapore, dengan loe apply LPR berarti loe kurang PD dengan kualifikasi loe sendiri dibandingkan local singaporean. harap diingat, selain bersaing dengan local (yang sudah pasti dinomor satukan), loe nantinya harus bersaing dengan malaysian (yang diuntungkan oleh status malaysianya), filipino & PRC (china mainland) yang rata2 bersedia dibayar jauh lebih murah daripada orang indonesia, belum lagi bule2 yang iseng2 cari kerja di SG.

    dan ingat, LPR hanya langkah pertama, langkah berikutnya adalah mencari pekerjaan, walaupun loe udah dapat LPR, tapi gak ada perusahaan yang bersedia hire loe, ya sama aja boong, LPR loe akan hangus kalau sampai waktu yang ditentukan loe ga bisa dapat kerjaan. btw agen bilang ga sih kalo LPR bisa hangus?? agen cerita ga sih kalo sekarang banyak perusahaan udah mem-black list pencari kerja asal indonesia yg pake LPR, karena dianggap bajing loncat yg cuma sekedar cari kerja untuk convert ke PR?

    org yg gw sebutin diatas sampe skrg kerja ilegal jadi food handler (tukang bungkus2 makanan) di SG, dibayar per jam dan sampe sekarang ga berani pulang indonesia krn malu..

    @fanny, kalo lewat visa kerja (EPass/SPass), gak perlu repot ngurus sendiri, karena nantinya akan diuruskan oleh perusahaan tempat loe kerja (memang peraturannya diwajibkan begitu).. loe cukup serahkan transkrip nilai dalam bahasa inggris, medical check up, & dokumen tambahan dll yg diminta.. ntar loe tinggal terima aja.

    untuk dapat pass gak perlu keluar duit sama sekali, biaya administrasi pengurusan pass SGD 10, dibayarkan oleh perusahaan.. ntar kalo udah dapat pass & loe udah kerja minimal 6 bulan dgn pass itu, loe bisa apply PR kalo loe mau.. kalo ga mau juga gapapa, biasanya sih, orang2 cuma renew passnya aja kalo uda habis masa berlakunya (2 – 5 tahun). jadi bisa tetap kerja di SG tanpa perlu bayar CPF

    yang apply ke PR itu rata2 hanya ngejar benefit PR (biaya sekolah anak & biaya medical yg murah dibanding tarif untuk orang asing).

    ada satu lagi kerugian punya PR, gaji loe bisa ditekan serendah mungkin oleh perusahaan karena perusahaan gak harus memenuhi persyaratan membayar loe sebesar minimum gaji 1800 (spass) atau 2500 (epass)..

    gue kenal orang yang setelah convert ke PR, malah gajinya diturunkan, alasan perusahaan adalah, karena dia PR, perusahaan harus turut membayarkan tunjangan CPF untuk orang tersebut (selain dari yg dipotong dr gaji)

    kalo pemegang Epass ga perlu bayar levy.. kalo Spass harus bayar levy 50 SGD per bulan.

    all the best deh buat yg mau ke singapore..

  3. henny says:

    @counterfeit, g minta alamat email lu donk, thx :)

  4. Fanny says:

    @counterfeit : thank’s ya atas info nya. Jadi lebih jelas sekarang. Btw, lo kerja di bidang apa ya di Sing?

  5. ai says:

    hi mel……
    aku pernah interview di singapore dengan visa turis….1 bln disingapore untuk nunggu hasil diterima atau ngak nya aku di perusahaan itu… tp ternyata saya kurang beruntung karna setelah interview saya tidak dipanggil lagi….kepingin untuk mencoba lagi tapi 1 bulan disana waktu itu menghabiskan banyak uang juga…. ada gak ya panggilan kerja, interview, dan keputusan hasil diterima atau ngak nya melalui agen di jakarta?? tp saya pernah ingin mencoba lewat agen dan mereka minta hampir 90jt… memang sih biaya 90jt itu termasuk persiapan kerja disingapore…seperti kursus bahasa inggris, dan jika kerja di spore 2 bln kita tidak digaji…bagi saya itu sangat merugikan….
    ada gak agen yang baik dan tidak merugikan yang ada di jakarta??? karna saya ingin mencoba terus untuk bisa kerja di spore.. terima kasih….

  6. Kuy says:

    Wahhhhh, dahsyat jg sharingnya counterfeit..

    Not to mention, she’s using the word counterfeit as her nick…

    Tp emg bnr, LPR t lg dibuka seluas2na sm Sing Govt. Toh kalian dah bayar, urusan cari kerjana
    kan itu tergantung individu masing2…

    Bnr bgt kt counterfeit, kita harus melek tetek bengeknya kl mo kerja di Sg…

    Sg kekna enak buat liburan aj de.. Haha..

    Iya, buad counterfeit, bagi2 email na dunk?

    Thanks…

    Salam hangat terdahsyat…

    `Kuyi

  7. bulus says:

    boleh juga tuh sharingnya counterfeit.. jadi orang2 bisa tau dari sisi lain.. ga cuma denger yg enak2nya aja..

    memang betul kesempatan jadi PR terbuka lebar, tapi tentunya orang2 yang diberikan kesempatan itu harus punya “sesuatu” yang lebih.. you must be a very damn good one..

    ibaratnya perusahaan, ngapain dia mau ngundang orang yg gak punya pengalaman/pengetahuan untuk jadi karyawannya.. yang ada malah jadi beban.

    buat AI yang diatas, jangan mau dibegoin… gila aja, bayar 90 juta plus 2 bulan kerja tanpa digaji.. ??

    brengsek banget….kerja aja belum udah diporotin duluan… keterlaluan banget jumlahnya… minta ditampol tuh orang.

    uda sering banget gw denger kasus orang yg ditipu sama agent kek gitu.. tp ga sampe setragis itu sih yang sampai kerja serabutan.. rata2 akhirnya pulang indo setelah LPRnya hangus..

    ada juga yang ngambil paket job placement sama agent, bayar sampe belasan juta.. trus dari agent itu di-arrange 6 interview yang akhirnya ga ada satupun yang diterima.. banyak yang curiga sih jangan2 orang yang meng-interview itu juga orang suruhannya agent itu.

    kalo ada yg pengen tau baca aja di milis komunitas indo-sing.

  8. melisa says:

    Kalau menurut aku seh ya, aku prefer single fighter, interview sendiri, dll. Browsing via internet, cari pekerjaan, diinterview, kalo diterima, udah diurusin semua keimigrasiannya oleh perusahaan. Kita ga keluar biaya apa pun, termasuk medical check-up, dll. Enak kan ?

    Tapi yah itu, balik lagi ke skill yang kita punya. Kalo kita punya good skill dan skill itu good demand di Singapore, kita pasti dicari dan di-tele interview. Perusahaan juga ga keberatan. Kalo saya pribadi saya ga tertarik untuk datang ke Singapore, interview tanpa tau hasilnya gimana. Saya lebih suka tele-interview. Emang ada beberapa perusahaan lebih suka interview tatap muka, tapi ada juga beberapa perusahaan ga keberatan tele-interview.

    Sebetulnya seperti yang sudah disampaikan sebelum2nya, semua kembali ke pribadi masing2. Saya seh lebih suka single fighter.

    One thing you should know : Singaporean is good in making money. Be wise with your money! (baca artikel saya yang lain, seperti kontrak kerja yang baik, dll supaya teman juga bisa menghindari hal2 yang kurang baik)

    Satu yang menjadi pertimbangan saya untuk memutuskan jadi single fighter. Jika kita apply LPR, untuk convert ke PR, kita harus dapat pekerjaan. Kalau dalam waktu tertentu tidak dapat pekerjaan, LPR kita hangus. Kalau begitu apa bedanya dengan single fighter ? Karena status LPR jg kebanyakan tidak diakui oleh perusahaan Singapore. Sama aja kan usaha yang kita berikan? Sama2 harus cari kerja, sama2 harus interview, sepertinya ga ada perbedaan sama sekali :P Malah kalau tidak dapat pekerjaan dalam kurun tertentu, LPR kita hangus, uang kita melayang. Jadi seperti yang saya sampaikan sebelumnya, apply job via internet, sambil terus memperkaya dan memperdalam pengalaman dan pengetahuan di Indonesia. Nanti juga dapat.

  9. fiehin168 says:

    hai mel..
    salam kenal..
    bole tanya, sewaktu jadi single fighter, kamu brp lama sampai dapat panggilan? trus waktu itu working exp kamu uda brp tahun?

    saya lulusan teknik industri unpar..pengalaman kerja +/- 1.5 thn di bagian puchasing pabrik garment. menurut mel, lebih baik single fighter/apply lpr? mengenai prospek nya bgmn? karena setahu saya lulusan teknik industri katanya kurang diminati di spore

    thx

  10. Fenny says:

    Aloo Mel,
    Thanks bgt buat info2 nya..berguna bgt buat saya loh!

    Akhirnya…
    setelah interview kemarin di daerah Macpherson rd, saya diterima untuk kerja disana per Oktober besok.
    Companynya minta relevant documents untuk apply S Pass saya.

    Saya sudah kirim dokumen2 (application form + copy Passport + ijazah) via pos ke alamat company disana.
    dan sekarang sedang di proses submit oleh company disana.
    (mungkin 1-2 minggu selesai)

    saya mo tanya:
    1. Selama proses SPass, apakah kita boleh tetap masih di Indonesia/ harus ada disana?

    2. Medical Check-up yg dimaksud diatas, biasanya kapan akan diminta yach? Apa diminta belakangan setelah di approved application nya?
    (karena company disana kok ga ada bicara mengenai ini)

    Medical Check-Up mesti disana atau boleh dari Indo? nanti tinggal kirim hasil copy ke sana.. bisa begitu?

    @ Counterfeit
    min S$1800 (spass) apa benar sekarang udah berubah menjadi S$2100/month??
    (tp saya lihat di MOM kok masih tetap S$1800 yach..)

  11. fiehin168 says:

    hai mel
    salam kenal
    bole tanya, sewaktu jadi single fighter, kamu brp lama sampai dapat panggilan? trus waktu itu working exp kamu uda brp tahun?

    saya lulusan teknik industri unpar..pengalaman kerja +/- 1.5 thn di bagian puchasing pabrik garment. menurut mel, lebih baik single fighter/apply lpr? mengenai prospek nya bgmn? karena setahu saya lulusan teknik industri katanya kurang diminati di spore

    thx

  12. melisa says:

    @ Fenny,
    1. bisa
    2. medical check up dilakukan setelah kamu menerima surat pemberitahuan tentang rujukan rumah sakit dimana kamu harus check up. Medical check up dilakukan di Sing

  13. melisa says:

    Pengalaman saya 7 tahun, sebelumnya kerja di Astra Group 5 tahun dan 2 tahun di tempat lain. Pengalaman di bidang IT. Sewaktu lulus, saya coba single fighter, tapi ga ada satu pun jawaban.

    Setelah 7 tahun dan mulai merasa ingin mencoba di tempat lain, saya mulai mencoba apply job di Sing lagi dan dalam waktu 2-3 bulan, saya mendapat 1 job.

  14. counterfeit says:

    @fanny: nggak kok.. masih tetap 1800.. kemarin tanggal 18 ini temen gw baru keluar passnya..

    medical checkup harus di RS singapore,.. RS indo ga diakui.. kalo mau murah katanya sih bisa di klinik2 yg ada di stasiun MRT.. tp gw juga ga tau dimana itu..

    yang sering didatangi orang indo itu di raffles hospital di bugis. disebelah exit MRT bugis, begitu keluar udah langsung keliatan.

    tes HIV sama rontgen $40.. bayarnya ga bisa cash, cuma bisa pake NETS (debit bCAnya sono) atau cash card (flazz bCAnya sono)

    datangnya pagian, soalnya biasa antri smpe 2 jam..

  15. counterfeit says:

    tambahan: cash card bisa dibeli di 7 eleven.

  16. fiehin168 says:

    wah pengalaman saya belum ada apa2 nya dunk huehuehue..
    thx bwt info nya

  17. *~ Fenny says:

    thanks lagi buat info nya..

    all, tetap semangat yach…good luck !! :D

    Rencananya, kl udah keluar surat approval spass br akan kesana untuk medical check up dll..
    Beruntung company disana ownernya baik sekali.. :)
    mereka selalu info via email ke saya untuk status proses spass nya.
    Semoga lancar2 aja… :) amin..
    sepertinya selama menunggu baiknya kita mesti tetep keep in touch dgn mereka disana.

    mo tanya,
    Biasanya bisa berapa lama yach sampai keluar status approval nya??
    bener bisa sampai 2 bulan gitu?? wihh… lama amat …. >_<

    @counterfeit
    udah lama tinggal di spore?
    sepertinya sudah banyak pengalaman.. :)

    thanks

  18. Fanny says:

    @Counterfeit & all :
    hi..mau tanya donk. Hr ini saya dpt email dr agency (memang saya apply job di agency itu via inet). Mereka menawarkan untuk melakukan tele interview. Dan mereka akan urus EPASS saya. Tp sy dikenakan service charge dgn potongan 1 month salary (kl sudah trima kerja). Tp sebelumnya sy diminta deposit S$500 s/d medical checkup. Tp kl s/d medical check up gagal, deposit S$ langsung di refund ke saya.
    Saya mau tanya, apa memang kl melalui agency outsourcing di singapore prosesnya gitu ya. Agency dlm hal ini agency pencari kerja/ outsourcing, bkn agency utk urus PR or permit lain yahh..
    Bener ga sih nih? Krn saya takut nya ini penipuan.

    Please comment nya ya..
    Thank’s

  19. friska says:

    @fanny
    maap ga bisa ikutan jawab, malah cuman mau tanya.. hehe..
    boleh tau agency yg km pake itu apa? ada contact nya? soalnya apply2 sendiri lewat inet udah bnyk, tp tetep ga ada yg manggil.. boleh juga kl misanya ada agency gitu.. kl boleh tolong share yah, thanks banget in advance :)

  20. Fanny says:

    @Friska : gue juga apply dr jobsdb.com. And kebanyakan setau gue di sing emang melalui agency. Sorry nih gue ga bisa sebut dulu agency nya. Krn belum goal juga..nanti yah kl dah succes br gue kasih tau. Sorry..bgts..

  21. friska says:

    @fanny
    ok gpp, gw tungguin deh.. kl dah goal kasih tau ya.. soalnya lg nyari2 juga agency nih.. thanks :)
    gud lak ya :)

  22. lia says:

    halo mell apa kabar salam kenal ya

    gw mau tanya dong , gw baru aja married dan suami gw PR singapore , nah waktu gw pindah kesing apa yang harus gw apply?
    – dependent past ato long term vist pas?
    – bedanya apa ya?
    – apa kalo dah dapet salah satunya gw bisa cari kerja?
    – atau baiknya gw langsung apply Pr aja?
    _ gw sendiri S1 acoounting pengalalaman kerja 5 taun tapi di laen bidang sama sekolah.
    – sementara ini gw tinggal di sg pake social vist pass aja yang cuma 30 hari..

    sory nanyanya banyak banget , pls answer ya.. binun banget nich, secara suami gw sibuk banget kerjanya dan tiap hari pulang malem, kasian kalo ditanya tanya lagi… ^_^
    thanks a lot …

  23. Kuy says:

    Benerr, LPR max 2thn,
    and ga smua company di Sing aware sm LPR…

    Jd klo dah dpt LPR, jgn choosy soal job dh..
    LPR itu kl kata agen resmina sono, sebenerna
    udah PR, cm krg satu syarat aja, employed.

    Kl dah employed, tinggal urus convert2na ke ICA.

    Soal agen, hrsnya seh agen tu udah dibayar sama
    perusahaan ya, jd mending lebih teliti and cermat lg aja. Takutna malah jd rugi.

    Salam..

    `KuYi

  24. rita says:

    Lowongan Kerja Australia
    (SIUP No.1416/13-1.824.51)

    ITC (International Learning Center) sebagai salah satu lembaga pendidikan bahasa untuk kalangan pekerja luar negeri sekaligus PJTKI yang berpusat di Jakarta bekerja sama dengan agensi ketenagakerjaan di Australia membuka peluang kerja ke Australia dengan ketentuan sebagai berikut :

    Detail Syarat Penerimaan
    1. Pria/Wanita, usia 20-40 tahun
    2. Sehat jasmani/rohani (Tidak mengidap penyakit jantung, paru, TBC, HIV dan jenis penyakit kronis lainnya)
    3. KTP yang masih berlaku
    4. Kartu Keluarga
    5. Akte Kelahiran
    6. Ijazah terakhir dan transkrip nilai bagi lulusan S1/S2
    7. Ijazah dan transkrip yang diterjemahkan ke Bhs.Inggris dan dilegalisir
    8. Surat Izin Keluarga yang ditandatangi Kelurahan setempat
    9. Passport yang masih berlaku
    10. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)
    11. Kartu Pencari Kerja dari Depnaker Setempat (Kartu Kuning)
    12. Pasfoto 3 x 4 = 10 lembar, 4 x 6 = 10 lembar, foto postcard seluruh tubuh = 1 lembar. Foto memakai jas + dasi dan berlatar biru.
    13. Sertifikat keahlian (jika ada)

    Gaji
    1. Gaji perbulan minimal AUD 3.500 (Rp. 28 juta) kurs Rp.8.100. Gaji per bulan bervariasi tergantung pekerjaan.
    2. Potongan AUD 500-700 selama 10 bulan. Besar potongan tergantung kurs yang berlaku saat pemotongan.
    3. Uang lembur AUD 35 s/d 43 per jam (tergantung pekerjaan) ditambah fasilitas mess.
    4. Kontrak kerja : 2 tahun (bisa perpanjang)

    Biaya dan Lama Proses
    1. Total biaya Rp.55.5, dengan DP Rp.15 juta. Biaya ini digunakan untuk keperluan CTKI selama proses pemberangkan, termasuk : biaya pendidikan, medical check up, asrama, makan 2x, training B.Inggris, ujian IELTS, dll. Sisa biaya dibebankan pada pemotongan gaji tiap bulannya.
    2. Proses berkisar 4 hingga 7 bulan, mulai dari mendaftar hingga berangkat (3 bulan pertama untuk pemantapan B.Inggris).
    3. Menggunakan visa kerja resmi.

    Bidang Pekerjaan:
    1. Manufaktur
    2. Hotel dan Restoran
    3. Peternakan sapi
    4. Perkebunan

    Bidang pekerjaan yang diperoleh tergantung pada kualifikasi nilai IELTS, tingkat pendidikan dan pengalaman kerja Anda (jika ada).

    Kuota Penerimaan
    Kesempatan ini bersifat terbatas dan diutamakan yang memiliki skill komunikasi dan pengalaman kerja, namun ITC tetap bertanggungjawab sepenuhnya terhadap CTKI yang mengikuti program kerja ke Australia ini dengan menggunakan Visa Kerja. Untuk itu mohon tidak ada rasa khawatir.

    Pendaftaran dan Contact Person
    Silahkan kirim data-data berikut melalui email:
    1. KTP
    2. Ijazah terakhir
    3. Passport (jika ada), bagian depan dan belakang saja.

    Data yang masuk akan diproses terlebih dahulu dan akan diberitahu kemudian mengenai jadwal pendaftaran dan pendidikan.
    CP : ITC Sponsor : Rita (081375363874, No SMS), workoverseas11@yahoo.com
    (Surat Tugas No. 039/ ITC / ST/VII/2009)

  25. Kiddo says:

    setelah sekian lama menunggu LPR akhirnya diterima ^___^ gua pake agen SMC Indonesia ^_^ satu2nya agen yang dipercaya sama pemerintah Singapore untuk menangani urusan LPR and ect ;-)
    ke ke ke…

  26. meg says:

    halow…mw nany dong..tw soal info kalo jadi makeup artist di singapura biasany bayarannya perbulan juga ya???atw mgg???
    ngurus ijin kerja kesana susah ga??

    salam kenal..
    THX ^^

  27. Reza says:

    Hi.. mel

    Saya lulusan D3 keuangan perbankan 2007 mpunya pengalaman kerja selama 1tahun., dan skr saya berminat u/ melamar pekerjaan di singapura.. apakah sebaiknya u/ mendapatkan LPR melaui agen di Indonesia ato langsung ke singapura?
    karena Ayah saya lebih dulu bekerja di singapura tepatnya di ST (singapore technology)..
    ataw bagaimana sebaiknya?

    mohon bantuanya yaaa…

    thx = )

  28. cincin says:

    hai mel…
    mau tanya donkz….
    ada ga seh agent2 gt yg setipe sama indoflair itu? apa SMC itu juga agent yg setipe2 sama indoflair?
    Jadi dia seakan – akan ngasih pinjem dana dulu?
    Trus klo misalkan iya, sama indoflair lbh OK yg mana??
    thx bfore yah….^^

  29. melisa says:

    @Reza, kalo ayah km msh di Sing n kerja, n udah dapat PR, napa ga minta ayah km untuk buatin ijin msk km ke Sing. Orang yg punya PR, bs mengajak keluarganya. Karena km ‘cm’ lulusan D3, km ga bs apply LPR. Krn persyaratan apply LPR harus min S1(klo blm berubah menjadi S2)

  30. melisa says:

    @Lia, suami km yg udah PR Singapore, bisa mengajukan surat untuk membawa keluarganya ke Sing. Jd km ga perlu apply PR lg.

  31. Fanny says:

    @Melisa & All: ternyata harus sering bersabar & berdoa ya. Benar2 sulit cari kerja di Sing. Sudah terpanggil interview aja sudah beruntunggg bgts. So…utk teman-teman yang dapat panggilan interview di sing. datenggg deh.bela2in. oks??

  32. sinarta says:

    misi mau tanya klo g angkatan 2004 ga kuliah,pengalaman sales doang mau kerja di singapore ceritanya..kerja kasar juga boleh

  33. Kiddo says:

    @Sinarta : klo ga ada background S1 susah mereka lbh prefer singaporean (banyak singaporean ga kuliah gara2 mahal)…

  34. Rusly says:

    lisa, saya sudah pengalaman lebih 8 thn di bidang accounting,saat ini saya masih bekerja di PT SOHO sebagai cost accounting ,background SI Akunting ,lulusan UKRIDA dan umur saat ini 38 thn ,sdh berkeluarga 2 anak, Apakah peluang saya masih besar utk dpt job di singapore? thx

  35. meg says:

    hai all….
    ada yg pny info soal kerjaan jad mekup artist di singapura atw australia ga???
    blh bagi infony??
    THX be4..

  36. Kiddo says:

    @Rusly : Coba kirim cv melalui internet aja banyak kok kalo hoki tinggi ya bisa aja dapet panggilan :D oh ya kalo peluang tergantung skill kita ^____^

    @Meg : Dulu g pernah liat dr forum sebelah ada yang nyari kerja jadi make up artist di sg banyak yg bilang susah soalnya orang singapura make up artistnya juga banyak… :p kaga tau si tp coba search aja d internet…

  37. Rusly says:

    hai kiddo, saya mau tanya lagi , saya blm apply LPR, tentunya peluang untuk dapt job di sing lebih kecil dong, dripada yang punya PR lebih diprioritaskan, saya sdh banyak lamar job di sing via internet tapi tidak satupun dipanggil, apakah krn blm punya LPR,tolong info agency mana yang dpt dipercaya ..Thx

  38. Kiddo says:

    Betul PR n Singaporean prioritas utama ^___^ tp jangan berkecil hati karena banyak juga yg modal nekad k singapore keterima kerja selama kita memiliki skill and hoki :P

    Kalo tanya agency sih SMC-Indonesia :D dia adanya di klapa gading and satu2nya agen yg diakui pemerintah Sg ^____^ search aja d yahoo buat detailnya…. yg pasti kl buat bung Rusly rada mahal kira2S$2000-an karena sudah bekerja…

  39. Rusly says:

    hai kiddo, apa pernah dengar edulink yang berada di tanjung duren, agen ini menawarkan PR + Job ,dgn kesempatan yang diberikan 5 x intrview dan juga agen indoflair yang saya baca dari websitenya , apakah ini bisa dipercaya?…thx

  40. Kuy says:

    @ Kiddo :
    Nunggu LPR diapproved brp bulan nih?

    Thx…

    `Kuy

  41. Wandy says:

    Hi Mel..Met kenal
    Saya mau tanya…
    Saya sudah bekerja selama hampir 4 tahun di perusahaan telekomunikasi (sampai saat ini).
    Position sebagai call centre staff ngurusin helpdesk support internet & data services untuk corporate.
    Sebelumnya kerja di Konsultan Investasi Luar Negeri untuk Pemerintah Sulawesi Selatan selama 1.5 tahun
    Sertifikat Bahasa Inggris dan Customer Care ada.
    MS Office juga bisa.
    Tapi cuma tamatan STM.
    Sempat kuliah juga namun cuma 1 semester.
    Apa masih bisa apply job di Spore?
    Atau ga bisa lagi krn bukan D3/S1?
    Mohon bantuannya soalnya pengen bgt kerja di Singapore…

    Sekarang lagi apply job di website headhunter dan ada juga yg masuk kualifikasi saya.
    Mereka ga minta SPR/PR dan welcome to foreigners.
    Untuk Qualification STM apakah sama dengan O Levels atau A Level?
    Soalnya di bagian “Qualification” kerjaan yg saya lamar itu ada tanda check list (bukan tanda silang) yg artinya qualified kalo ga salah ya? :-)
    Mohon pencerahannya…

    Btw apa perbedaan kerja di Brunei dengan Singapore?
    Looking forward to your next message
    Big thanks , Mel :-)

    PS : Sorry for too many questions I asked…

  42. melisa says:

    @Rusly, dengan pengalaman kamu, saya rasa kemungkinan kamu dapat pekerjaan di Singapore ada. Coba aja apply di website jobsdb, monster sg, jobstreet, dll. Rasanya seh ga usah pake agency, doa aja, nanti kamu pasti dapat. Tunjukkan pengalaman dan skill km di CV km.

    @Kiddo : rata2 proses approval LPR 6 bulan

  43. melisa says:

    Perbedaan kerja di Sing ama di Brunei:
    di Sing, persaingan tinggi, work pressure tinggi, abis kerja banyak hiburan/mall, banyak kendaraan umum – MRT, taxi, dr gov sing ada tax

    di Brunei, persaingan rendah, work pressure ga gitu tinggi, minim hiburan, ga ada kendaraan umum (cuma bis antar kota), dr gov brunei tidak ada tax

  44. Kiddo says:

    @ Kuy : thx God ^__^ 3 bulan kurang dikit hi8…

    @ Wandy : Stm ya.. biasanya sg minimum requirementnya S1 tapi ya balik lagi d Hoki kita masing2 coba aja apply online…

  45. Wandy says:

    @ Kiddo :
    Terima kasih :-)
    Yap..Insya Allah bisa..
    Soalnya kemaren sempat ke Spore
    Gila!
    Ga mau balik ke Indonesia… :-)
    Disiplin , bersih, friendly people, everything looks very good managed
    Pengen Indonesia kayak gitu :-)
    Ntar coba-coba lagi apply terus en berdoa
    BTW dah lama di Spore?

    @ Mel : abis dari Brunei mau ke mana lagi?:-)
    Enak banget yak bisa kemana2 :-)

  46. Wandy says:

    @ Kiddo :
    Terima kasih :-)
    Yap..Insya Allah bisa..
    Soalnya kemaren sempat ke Spore
    Gila!
    Ga mau balik ke Indonesia… :-)
    Disiplin , bersih, friendly people, everything looks very good managed
    Pengen Indonesia kayak gitu :-)
    Ntar coba-coba lagi apply terus en berdoa
    BTW dah lama di Spore?

    @ Mel : abis dari Brunei mau ke mana lagi?:-)
    Enak banget yak bisa kemana2 :-)
    Trend kerjaan di Brunei yang paling banyak dicari untuk Engineer aja?

  47. Kiddo says:

    @Wandy – hi8 di sg emang gitu disiplin, bersih and ect ^___^ soalnya negara kecil :p bali aja lebih gede :-P
    Saya di Sg sudah 9bulanan :p

    @melissa – iya rata2 6 bulan tapi saya 3 bulan kurang ^___^ hoki :p thx god..

  48. *~ Fenny says:

    Hi,
    @ Kiddo boleh tau skrg kerja didaerah mana?

    Mel, boleh share dikit yach..
    saya uda jalan bulan ke 2 di spore, udah keterima kerja dr jkt lgs ke sini untuk proses spass. semua udah beres n mulai kerja,
    tapi masalahnya, tenyata job skrg ini kurang cocok dengan saya.
    bidang saya Graphic Design, dan sedang kerjaan saya diminta untuk operate digital printing(mesin besar) dan web kadang jd receptionist jg hehe.. =( serba semeraut ga jelas.
    kecewa juga sih akhirnya. di company ini selama saya kerja sering bgt keluar masuk staff baru.

    Dan akhirnya saya harus cari kerja baru lagi secepatnya.
    akhir bulan ini company akan cancel spass saya, apakah saya pasti dapat 30 hari visa turis setelah itu yach?
    saya rencana mo pergunakan 30 hr itu untuk apply2 lagi. kl ga dpt terpaksa back to jkt dech.

    untuk yg lain, hati2 jg kl apply, pastikan kerjaannya pas buat kalian yach :)
    dan boleh di tanya apakah benar ada masa percobaan 3 bulan.

    good luck buat kita semua ! ^O^

  49. Kiddo says:

    Boon Keng sist..
    saya juga kerja sbg graphic designer merangkap operate digital print (ga besar2 bgt sih 60inchi) plus receptionist :) in house emang gitu sih ^__^
    Setau saya setelah Spass dicabut sist dikasih 30 hari deh soalnya temen saya orang Filiphine pas diberhentikan dia dapet 30 hari stay d sg :D
    btw kerja dimana sist??

  50. *~ Fenny says:

    @kiddo, wah bidang kita sama yach. Saya kerja di Macperhson rd. (innoprint)
    kiddo tgl di daerah mana?
    gpp sih kl ada yg mo ngajarin, masalahnya saya kan juga blm pernah tau mesin ini sebelumnya. Dan dr awal masuk ga ada org yg sempet ajarin hehe..mrk semua sibuk bgt, kejar target.
    selain itu saya jg diminta bisa web. waduh..berat dech kayanya hehe..
    saya org 1st yg di hired dr Indo. all are malaysian.
    Mrk ga ada waktu untuk tunggu saya belajar lagi, makanya berakhirlah sampai akhir bulan ini..hiks..
    Kiddo bagi2 info donk kl ada job..hehe…
    ini email saya:cresentia_1402@yahoo.com
    thanks yach..

    sukses buat kerjaannya bro..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Notify me of followup comments via e-mail. You can also subscribe without commenting.