Bagaimana Mempromosikan Blog Anda ?

promosi blog3Semangat-semangat untuk membuat blog, giat-giat mencari ide, rajin-rajin meluangkan waktu untuk menuangkan ide, pendapat dan perasaan kita di blog. Kita habiskan sejumlah waktu dalam hari-hari kita untuk membuat tulisan kita lebih bagus, menyertakan gambar agar tampilannya menjadi lebih menarik, dan menggunakan beraneka widget.
Ada perasaan untuk membagi semua ide, pendapat dan sebagainya
kepada yang lain, ada keinginan untuk didengar. Tapi semua itu tidak ada gunanya jika orang-orang tidak tahu akan tulisan atau tuangan pikiran kita. Jadi bagaimana caranya agar orang lain tahu blog kita ?

Berikut hal-hal yang bisa Anda coba lakukan agar blog Anda mempunyai banyak pengunjung :

1. Anda aktif berpartisipasi dalam blog lain, misalnya dengan memberikan banyak komentar atau menge-post artikel di blog lain (beberapa blog mengijinkan Anda untuk berpartisipasi dalam mengirimkan artikel Anda). Jangan lupa menyertakan link ke blog Anda atau gunakan kata-kata(keyword) yang bisa di-link ke blog Anda.
Contoh Anda mempunya blog mengenai masakan.
promosi blogAnda dapat mengunjungi blog lain mengenai masakan dan memberikan komentar terhadap tulisan mereka dan menyertakan link ke blog Anda atau menggunakan kata-kata (keyword) yang bisa nge-link ke blog
Anda, sehingga Anda bisa mendapatkan lebih banyak kunjungan dari orang-orang.

2. Anda dapat menggunakan fasilitas Feeburner untuk blog Anda. Daftarkan diri Anda pada Feedburner. Feedburner adalah layanan untuk para pengguna blog. Feedburner menyediakan banyak fasilitas, salah satunya yang terkenal adalah pengiriman email kepada pembaca blog Anda yang sudah register. Email ini akan menginformasikan bahwa ada artikel baru dari blog A atau blog B. Fasilitas ini sangat membantu bagi para pembaca blog Anda.

3. Anda dapat me-register blog Anda ke technorati.com atau mybloglog.com. Mereka adalah komunitas blog yang mempunyai kualitas seperti search engine.

4. Yang paling penting adalah Anda harus rajin nge-post tulisan Anda minimal sekali dalam seminggu. Tujuannya adalah agar blog Anda tidak membosankan bagi pengunjung, karenanya melakukan update bagi blog Anda adalah penting. Tidak kalah penting, tulisan Anda tentunya harus yang berbobot dan memberi banyak informasi atau kegunaan bagi orang banyak, dan bukannya tulisan tentang rengekan, porno, SARA, dll.

promosi blog25. Tinggalkan jejak Anda dimanapun,di bawah nama Anda pada saat mengirimkan email sebagai tanda tangan Anda, di jejaring sosial seperti Facebook, Friendster, dll.

6. Gunakan tag. Pilih kata kunci (keyword) untuk tag Anda. Tag akan membantu search engine untuk lebih cepat mencari blog atau artikel Anda. Anda juga bisa menggunakan Auto Tags All Contents dengan memasukkan keyword yang paling sering dicari orang.

7. Anda bisa menggunakan fasilitas statistik untuk mengetahui artikel mana yang paling digemari oleh pengunjung. Dari hasil tersebut, Anda bisa memfokuskan pada perkembangan artikel di blog Anda.

8. Anda bisa mendaftarkan blog Anda di http://www.google.com/addurl. Blog Anda akan muncul di google search engine.

Measuring blog traffic
Blog traffic is measured to see the popularity of blog sites and individual pages or sections within a site.

Blog traffic can be analysed by viewing the traffic statistics found in the blog server log file, an automatically generated list of all the pages served. A hit is generated when any file is served. The page itself is considered a file, but images are also files, thus a page with 5 images could generate 6 hits (the 5 images and the page itself). A page view is generated when a visitor requests any page within the web site – a visitor will always generate at least one page view (the main page) but could generate many more.

Selamat mecoba..

Reference :
http://en.wikipedia.org/wiki/Blog_traffic

Join Bitfreedom on Facebook 

Link yang Lain :
Apakah Blog itu ?
Bagaimana membuat blog dengan Bitfreedom

This entry was posted in Technology and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

12 Responses to Bagaimana Mempromosikan Blog Anda ?

  1. Pingback: Apakah Blog itu ?

  2. Angelo says:

    That’s a great article. Putting the right keywords in your post title is important too. You want a keyword that has high search-to-competition ratio. I tend to use Google as my standard, so I install the Google Toolbar to see the PageRank of the other pages I am competing with. If the other pages have a PR of 6 or higher for that keyword, I probably want to be more specific. To find out what searches are popular, I can use: http://www.google.com/trends

  3. page says:

    i already try what u said about using google addurl, but the page are not exist, and i cant still find my blog on google search ,instead i can find yours , how come it happend? can mellisa explain to me, thx a lot

  4. Angelo says:

    The link has an extra period (.) at the end, go to http://www.google.com/addurl

  5. Setuju dengan pakdhe Angelo, tapi mempromosikan blog akan lebih bagus kalau kita mengombinasikan tehnik-tehnik promosi blog yang paling efektif.

  6. dede online says:

    Terima kasih atas tips2 yang sangat bermanfaat bagi kita2 yang masih culun,

  7. hidup sehat says:

    sip boss!!

    makasih buat tipsnya 🙂

    ada cara yang ampuh ga buat nge-boost posisi web kita di SERP google?

  8. batik madura says:

    yang paling bagus adalah promosikan di mesin pencari 😀

    karena kita bisa mendapatkan targetted visitor dari sana 🙂

  9. artikel yang bagus, semoga terus maju blog nya.

  10. Terima kasih banyak mas, sangat membantu artikelnya. Tapi bagaimana cara mempromosikan blog saya sedangkan sangat minim tempat untuk promosi, seperti di grup facebook, G+ dan sebagainya. Mohon pencerahannya. Ini blog saya niche “jantung”.

  11. Mantap betul dah artikelnya, lengkap. Semoga sukses yah gan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Notify me of followup comments via e-mail. You can also subscribe without commenting.