Bagaimana mendapatkan pekerjaan di Australia?




Australia menyambut lebar warga negara asing yang memili keahlian dan kualifikasi yang tinggi. Walaupun demikian untuk mendapatkan pekerjaan di Australia bagi warga negara asing tetap merupakan sebuah tantangan. Adalah penting untuk memahami kenyataan dan mengerti bahwa Anda mungkin tidak akan dapat langsung menemukan ‘pekerjaan impian’ Anda segera.

Tidak pernah mudah untuk mencari pekerjaan dari luar negeri. Berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda persiapkan atau lakukan berkenaan dengan pencarian pekerjaan di pasar tenaga kerja Australia.

Yang perlu dilakukan :
- Tingkatkan kemampuan berbahasa Inggris Anda
- Kunjungi berbagai situs kerja Australia untuk mengenal lebih lanjut bagaimana peluang pekerjaan di bidang Anda.
- Daftar visa permanent residence. Ini sangat penting. Perusahaan biasanya akan menanyakan status imigrasi dan visa Anda.
- Mulai melamar pekerjaan dari luar negeri, dalam waktu 1-12 minggu sebelum Anda mengunjungi Australia.
- Kirim aplikasi sebanyak mungkin ke agen tenaga kerja atau perusahaan yang potensial untuk mendapatkan pekerjaan. Informasikan kepada mereka bahwa Anda berada di pasar tenaga kerja.
- Siapkan CV Anda dalam style Australia, tulis surat lamaran secara singkat dan jelas. Tuliskan bahwa Anda memiliki visa (atau sedang proses penerimaan visa)
- Beri alamat post Australia, email Australia atau nomor telepon Australia di CV Anda jika memungkinkan.
- Kunjungi Australia (setelah visa Anda disetujui) untuk menghadiri wawancara, karena hanya sedikit sekali perusahaan Australia yang mau melakukan wawancara jarak jauh.
- Buat kesan yang positif saat wawancara, fleksibel dan siapkan foto kopi visa dan referensi

Jangan dilakukan :
- Jangan mendaftar atau mengunjungi Australia untuk wawancara lebih dari 1 – 12 minggu dari tanggal mulai. Mereka tidak akan tertarik.
- Jangan harap semuan berjalan selancar mungkin sesuai keinginan Anda. Bersikap sefleksibel mungkin dan mau menyesuaikan diri dengan keadaan lokal.
- Jangan berharap mendapatkan pekerjaan di level yang sama atau lebih tinggi dari yang Anda miliki sekarang di negara Anda. Anda mungkin tidak tahu keadaan lokal Australia dan mungkin perlu sedikit melangkah mundur sebelum mendaki nantinya. Beri waktu 1 tahun.
- Jangan mengharapkan gaji yang sama atau lebih. Biaya hidup dan pajak penghasilan lebih rendah di Australia dibanding negara maju lainnya. Perhatikan penghasilan bersih dari pada penghasilan kotor.
- Jangan berharap mendapatkan tawaran pekerjaan dalam minggu pertama. Secara rata-rata, ini memerlukan waktu 1-8 minggu untuk warga negara Australia mendapatkan pekerjaan.
- Jangan negosiasi secara berlebihan pada perusahaan pertama Anda. Bersikap fleksibel dan memahami bahwa hukum dan kontrak tenaga kerja mungkin berbeda di Australia

This entry was posted in Work, Job and Career and tagged , . Bookmark the permalink.

7 Responses to Bagaimana mendapatkan pekerjaan di Australia?

  1. novi poespita dewi says:

    try

  2. darsih says:

    saya berencana bekerja di australia tahun dpn. saya sekarang bkrja di bank swasta. apa yg perlu saya persiapkan mulai sekarang.thanks

  3. sulianto says:

    bahasa inggris saya tidak bagus atau lancar…saya membutuhkan pekerjaan yang baik…thanks

  4. ady says:

    hi.. saya mencari pekerjaan di australia, ada yg dapat membantu saya… terima kasih

  5. magdailena says:

    saya mau mencari pekerjaan di australia….ada gak ya….yang mau bantu saya….???

  6. andi bashar says:

    I’m looking for job in aussie….

  7. iwan says:

    haloo semuanya mencari pekerjaan di aus ada bebarapa peluang dr yg di perkebunan sampai dengan di kantoran .
    1. mgkn saya sarankan adalh apply visa working holiday kl ngak salah 2 tahun.
    2.untuk yg mau kerja apa saja banyak di perkebunan kira 1 jam 15 dollar dapet..
    3.Ukt di kantoran coba di agent dan website dan pray.
    FYI i am a Australian Citizen,got a permanet job and good life and happy family. I wish you brother and sister could get what they wish. Amin GBU

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Notify me of followup comments via e-mail. You can also subscribe without commenting.