Migrasi ke Australia

australiaAustralia adalah benua terkecil di dunia, namun merupakan satu2nya negara yang sekaligus benua. Dengan ibu kota negara Canberra, negara Australia terbagi menjadi 6 wilayah, yaitu : Northern Territory, Western Australia, Queensland, South Australia, New South Wales and Victoria.

Perekonomian Australia termasuk salah satu yang terkuat di dunia, hal ini bisa terlihat dari tingkat inflasi dan suku bunga yang rendah, nilai tukar uang yang makin meningkat dan tingkat pengangguran yang rendah. Dari salah satu hasil survey menyatakan bahwa Australia menduduki peringkat ke 15 tertinggi di dunia untuk penghasilan per kapita pada tahun 2007.

australia3Australia juga dapat berbangga hati dengan sumber daya manusia yang dimilikinya, dengan menduduki peringkat ketiga tertinggi di dunia, setelah Norwegia dan Irlandia untuk Index pengembangan manusia.

Australia sangat terbuka terhadap migrasi dari negara lain, yang diperkirakan telah mencapai dari 200 negara dan jumlahnya terus meningkat per tahunnya. Bahasa Inggris adalah bahasa nasional di Australia, namun demikian banyak ditemui penggunaan bahasa lain selain Inggris dikarenakan dengan makin banyaknya penduduk migrasi, seperti Italia, Vietnam, Cantonese dan China.

Pendidikan di Australia juga merupakan salah satu yang terbaik di dunia, Australia merupakan negara berbahasa inggris nomor 3 yang dituju oleh pelajar asing. Banyak pelajar asing menuntut ilmu di negara yang berpenduduk asli orang Aborigin ini.

australia2Standar kehidupan di Australia juga merupakan salah satu yang tertinggi di dunia. Australia memperhatikan pelayanan kesehatan, pendidikan, lifestyle dan lingkungan. Lima kota di Australia termasuk dari 11 kota yang dinilai sangat baik sebagai tempat tinggal menurut Economist Intelligence Unit pada tahun 2005.

Dengan banyaknya kelebihan yang dimiliki Australia, maka tidak heran Australia menjadi tujuan banyak orang untuk berimigrasi, belajar, bekerja dan tinggal di sana. Emang daya tariknya tidak tertahankan.

Link Lain :
Australia Permanent Resident

This entry was posted in Seputar Visa and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

93 Responses to Migrasi ke Australia

  1. Beny Sartono says:

    Ok. Thanks. Bagaimana dgn foto copy dari company reference letters? Siapa yg akan melegalisirnya? Kan susah kalo minta legalisir ke company2 yg dulu. Apalagi ada beberapa company yg sekarang udah ga ada alias tutup.

  2. iwan santoso says:

    haloo semuanya salam kenal ya dr Brisbane . Issue yang hangat di Ausy kalau kalian yang udah dengar great debate PM Julia Gerad dan Tonny Abbot salah satu issuenya (ada 3 big issue) tp salah satunya imigrasi akan mengcut dulu atau sekarang yang 300.000 grated visa per year akan menjadi 170.000 grated visa per year. tapi jangan takut Kalau Jalanya Tuhan pasti ada jalan keluarnya. SemuanyGood Luck.Posisi saya adalah sudah PR dan progress untuk mengajukan citizen Ausy God Day Mate

  3. Ditdiet says:

    Hi Mel..

    Salam kenal.. aku mo nanya ni, beberapa bulan lagi aku dilamar orang australia dan dia mau nikahin aku di Oz… nah masalahnya i really have no idea about immigration… please let me know the 1st step yang harus aku kerjain.. mohon bantuannya yah..

  4. Melisa says:

    aku ga tau soal nikah ama orang Aussie, tapi aku nikah dengan orang USA. Mungkin masalah migrasi sama kale ya….kalo di US, untuk nikah di US, otomatis harus datang ke US, nah ini pake visa tunangan. Untuk dapat visa ini, partner Anda harus apply ke Visa Center Aussie. Setelah menikah, Anda harus apply ‘upgrade status’ menjadi PR.

  5. Alit says:

    Hi Melissa..

    Aku sekarang lagi study postgrad setahun, dan ingin urus working visa karna aku dapat kesempatang kerja sebagai guru Bahasa Indonesia di sekolah, Perth. Cuma sayangnya saya gak bisa apply temporary residence visa karna saya hanya kuliah disini selama setahun dan untuk dapatkan temporary residence visa harus kuliah at laest 2 tahun. Visa apa yang cocok untuk saya jika hanya punya 1 tahun masa study di Aus..??? do need your suggestion..thanks

  6. Lucy says:

    Haiii Mel..
    Senang bgt aku bisa nemuin blog Melisa ini… Aku baca di atas Mel merit dengan orang USA ya…Aku saat ini juga sedang menjalin hubungan dengan satu pria dari USA..dan kami punya rencana untuk menikah juga..Aku pengen tau aja pengalaman Mel…Soalnya aku bingung juga mau tanya-tanya and sharing ke siapa..:) Btw, Mel Katholik juga ya? Ok , segini dlu deh Mel..tapi aku harap aku bisa nanya2 lebih banyak nanti ke Mel ya.. Thanks alot bgt untuk bantuan dan sharenya yaa…GBU.

  7. Melisa says:

    @Alit : waduh, saya juga kurang paham. Tapi kalo bisa, sebelum visa study habis, kamu cepat apply visa kerja dengan bantuan dari tempat yang mau hire kamu untuk support dokumen. Harusnya seh bisa ya, asal visa study kamu belum habis. Jadi kamu ga perlu apply temporary untuk tunggu visa kerja.

  8. Melisa says:

    @Lucy : iya, boleh kok tanya2. apa kamu sekarang di Indo. iya, saya Katolik.

  9. Lucy says:

    Iya Mel, Aku di Indo, di Jakarta, tapi bulan depan mau pindah ke Lampung:) Klo Mel dmana? udah di USA? Apa ga papa aku tanya2 ttg hal yg personal di sini, mis : ttg proses merit scr agama & catatan sipil.. Many thanks b4, Mel..

  10. Melisa says:

    @Lucy : iya, gpp.

  11. Irshan Eka says:

    @Melisa : kalau saya mau tinggal dan bekerja di australia gmana yaa?
    rencananya ingin menetap di australia gtu?

    mohon bantuannya..
    thanks…

  12. ferdy says:

    hai mel,
    salam kenal ya,aku mau tanya nih..aku kan baru pulang dari ausie bulan kemaren..trus aku punya niat untuk pindah ke ausi bersama anak istriku,bagaimana ya mel..kira kira bisa ngak ya..trus persyaratannya apa aja..di indonesia sumpek banget dan susah untuk maju..melissa kan tau sendiri kan pemerintahannya gi mana?tolong kasih penjelasan ya mel..makasih banyak dan salam untuk keluarga.

  13. ferdy says:

    hi melisa,
    mo tanya lagi nih,kalo kita ngak punya saudara atau keluarga di ausie,apakah bisa kita mau pindah secara individu..dan mau bekerja di ausie..karena waktu aku di brisbane ada yang nawarin aku kerja tp harus bayar sekian puluh juta,tp aku takut aja ke tipu..tolong ya mel penjelasannya

  14. Melisa says:

    @Ferdy : sebaiknya seh kalo membayar di muka, lebih baik dihindari, takut kena pahitnya. Tetapi jika yang menawarkan pekerjaan, mau terima dengan potong gaji setelah Anda bekerja di sana, itu baru ok untuk dipertimbangkan lebih lanjut.

  15. Melisa says:

    @Eka : caranya dengan mendapatkan pekerjaan di Aussie atau sekolah di sana.

  16. Ruben says:

    Hi Melisa,

    Salam kenal ya.. saya tertarik untk bekerja & tinggal di Aussie. Saya baca saudaranya Melisa ada yg kuliah sambil kerja buat byr uang kuliah & kehidupan sehari2nya sendiri.. Bisa kasik info dan kiat2nya untuk bs studi & bertahan hidup di sana dengan cara bekerja sendiri? yah supaya ngga merepotkan org tua lagi (syukur2 jd berkat buat org tua 🙂 )
    ok tlg kiat2nya ya Mel
    Boleh tau alamat email kamu?

    Thx before

  17. werner otto jahn says:

    Hi melisa bagaimana persyaratan migrasi ke ausi . dengan semua keluaga saya dah P.R di ausi

  18. melisa says:

    HI Ruben, biaya tetap dibutuhkan untuk belajar di Australia, tapi Anda bisa berhemat dan menghasilkan sedikit uang untuk jajan, kecuali Anda mendapatkan scholarship. Untuk tempat tinggal, banyak yang menawarkan yang murah untuk student. Anda harus pintar mencari mailing list student, dll. Untuk buku, banyak tempat yang menjual buku pelajaran bekas (dengan kualitas bagus), Anda bisa menjual atau menukar textbook yang sudah Anda tidak gunakan. Untuk makan, pilihannya fast food atau masak sendiri. Untuk furniture, Anda bisa ke craiglist. Untuk bekerja, Anda harus perhatikan visa Anda, apakah visa Anda visa pelajar atau bisa untuk bekerja. Anda bisa bekerja di kampus.

  19. indri says:

    hai mel,

    salam kenal yah,..namaku indri,.. saya pengen pindah ke australia, tapi bingung nih mulai dr mn? boleh minta sarannya enggak,.
    Kalau untuk mendapatkan PR itu bagaimana langkah2nya?

    terimakasih sebelumnya

  20. Sylvia says:

    Hi, salam kenal
    boleh tanya apa kalo mau jadi sponsor buat tunangan saya untuk pindah ke Australia apakah saya perlu berada di Australia dulu dan bekerja?
    Sy PR sana tapi sudah setahun lebih tinggal di luar Australia dan tidak bekerja di Australia.?
    Thanks

  21. tonibaik says:

    namasayatoniyangbaikhatidanimut,kalauakundaktertariktuh.. tapiakulebihcenderungPRdisurgasiapayangmauayo?!nantiaktunjukanuntukbisamenjadikenyataan: gakusahkerjagakusahstudygakusahpikirkanrumahselaubebasdalamkesenanganselam-lamanya… ckckkkk gosurgafirdaus!

  22. siendy says:

    hi melisa salam kenal sy siendy..
    sy baru married,n berencana untuk tinggal di perth..kebetulan kakanya suami sudah jd WN disana.. sy mau tanya,bagaimana caranya biar sy n suami bs jd citizen jg..?apa ada pengaruh untuk kemudahan dapat pr kalo ada kaka kandung yg sudah citizen disana..?
    sy jg sempat baca kalau kita bisa kerja disana tp dengan visa turis,apa benar..?
    kira2 kalau untuk ambil sekolah/kejuruan,di bidang apa yg bisa sy ambil supaya dapat kemudahan dalam dapat pr..
    thx before..

  23. irwan yogiyana says:

    ho Melisa,
    nama saya Irwan, gimana saya bisa ke Aussie, cari PR dulu atau cari kerja dulu disana? caranya gimana ya?tx

  24. melisa says:

    Itu tergantung dengan situasi Anda. Jika keahlian dan pengalaman kerja Anda dibutuhkan di Australia, Anda dapat mencoba melamar pekerjaan melalui internet. Jika Anda diterima, perusahaan akan menyediakan visa kerja untuk Anda. Biasanya biaya visa ditanggung oleh perusahaan. 🙂 Tapi jika Anda merasa itu bukan situasi Anda, Anda dapat mencoba apply PR. Setelah dapat, Anda bisa terbang ke Ausie, dan melamar pekerjaan setelah tiba di Ausie. Anda akan lebih mudah menemukan pekerjaan jika secara fisik Anda di sana. Semoga beruntung !

  25. rwpm international says:

    hi mel…aku mau bantu dikit bagi yg mau jd pr….ini siih bisa jd salah satu jalan keluar untuk yg mau jd PR, kbetulan aku bekerja di property international….ini lg ada program….beli aprtement di melbourne bisa dapat pr…..hanya ada 10 unit…untuk yg belum ada pekerjaan nanti akan di sediakan oleh yg punya property….masih byk lg yg bisa dijelaskan ….untuk info silakan hub aja…(021) 32943188…mudah2an jalan ini bisa cocok ya 🙂 thanks

  26. Dini says:

    Hi Melisa,
    Saya Dini yang bersuamikan warga Australi, dalam waktu dekat akan pindah ke ausie beserta anak. Kira-kira kudu mempersiapkan dokumen apa aja?trus kaya KTP, SIM ato Passport jika masa berlakunya habis ketika kita di Australia, gimana cara mengurusnya? Thanks banget atas infonya.

  27. dbob says:

    hai bagaimana gue bisa go and work in aussie

  28. silvie kurnia kistanti says:

    Hii mbak kasi info dunk aq kpingin bgt kerja di aussie what should i do?

  29. rosyanti says:

    Hi,salam knl. Pengalamn sy skrg sy sdh nikah dgn cwo Aussie.qt tdk bs apply visa apapun d Aussie,hrs d negara asal. dan prosesnya lumyn sulit utk skrg ini.Krn tiap 6 Bln prosedur dari government utk immigrant berubah,Krn meningkatnya jumlh imigrant yg msuk.

  30. lou says:

    Hi Mel, saya mau bertanya, anak sy ada yg tinggal di Ausie, citizen dan sdh berkeluarga.
    Apa dia bisa sponsori adeknya yg tinggal di Indo yg juga sdh berkeluarga utk PR di
    Ausie? Jika bisa bagaimana cara2nya? karena kita sama sekali tidak mengerti mengurusnya.
    Terima kasih banyak buat penjelesannya.

  31. Achong Harry says:

    Hai Mell
    Klo yg pemula mo nyari kerjaan di Ausie gimana, bisa nggak ya?? makasih

  32. Achong Harry says:

    tlng klo bisa email prosedurnya ke achongharry@ymail.com ya…makasih

  33. yanti says:

    Hai ros,pengalaman km Sama dgn yg lg sy hadapi skrg.sy lg siapin dokumen utk msukin partner migrasi visa,kepengen sih share utk mslh ini Sama yg pengalaman.soalnya yg bikin sy binggung informasi yg sy dpt dari imigrasi d Canberra wkt sy Dan suami ksana jwbannya berbeda dgn embassy dsini.bnr2 bikin sy pusing

  34. yanti arnold says:

    hi rose..,pengalaman kamu sama dgn yg sdg sy alami skrg.kondisi sy skrg di jakarta sedang mau apply partner migrasi visa,sedikit membunggungkan sebenarnya.klo km gk keberatan boleh kah kita share untuk mslh ini.cheers yanti

  35. Clara says:

    Hi, Mel, seneng bisa kenal dan berbagi disini. saya menikah dengan orang Palestina, dia pengen banget kerja di australia. Dia seorang perawat, kalo mau pindah dan kerja disana gimana caranya ya. saya masih sangat awam, suami sudah coba ngelamar via internet tapi belum ada panggilan, mohon infonya ya cantiq. Terima kasih banyak. Semoga tambah sukses dan sehat selalu.

  36. melisa says:

    HI Clara, karena kalian berdua bukan penduduk Australia atau sedang berada di sana, akan sulit untuk mendapatkan pekerjaan, kecuali kalian mempunyai skill yang benar2 dibutuhkan Australia. Walau demikian jangan patah semangat, kalian tetap dapat apply pekerjaan di Australia yang sesuai dengan skill kalian (dan menerima orang asing sebagai pelamar), selain itu tetap tingkatkan skill kalian agar menjadi orang yang dibutuhkan di Australia. Good luck!

  37. harwin says:

    saya mau tanya, saya oz graduate thn 2000 akhir, sudah 12 tahun di indo, and now i am planning to move to oz, what visa which is best suit for my condition? i am 34 yrs old . waiting to hear your feed back

  38. Mint lim says:

    Hi melisa,
    Mau nanya nih … Kalo mau apply visa sekolah di Aussie kira2 ribet ga ya ? Bs kt apply di Internet ga ? Dan segaligus cr sekolah di Internet jg. Thx b4

  39. Mint Lim says:

    Hi Melisa,
    Numpang nanya yah, kalo mau apply visa study ribet ga ya ? atau lebih gampang saya suruh agent yg ngurusin aja ??? soalnya saya rencn mau cr kerja dsana jg ….atau bs apply visa n sklhnya lwt internet ?
    thx b4

  40. melisa says:

    @Harwin : coba usahakan dapat kerja, nanti Anda bisa dapat visa kerja

  41. budiana says:

    salam kenal bu melisa,saya berumur 35 sama dengan istri saya dan memiliki seorang anak berusia 4 tahun. Istri saya seorang phd di bidang mechanical engineering. istri saya berencana melamar pekerjaan sebagai lecture level c di sebuah universitas di perth south australia. kami bingung harus mengajukan visa seperti apa keimigrasi. berapa uang yang harus saya siapkan untuk dapat pindah ke australia. karena kami dengar sulit sekali kalau bawa keluarga ke australia.

  42. Nasita says:

    Hei hallo mau tanya soal visa ELICOS aussie. kira-kira persyaratan visa ELICOS apa saja ya ? kan biaya idup d aussie mahal banget ya bisa gk skalian bekerja tapi dengan visa ELICOS juga?

    untuk biaya kursus inggris, sewa, makan, dan akomodasi kira2 berapa ya?

  43. Nasita says:

    Persyaratan untuk apply visa ELICOS apa saja ya? Kalau nanti setelah dapat visa ELICOS bisa untuk bekerja gk ya? denger2 bisa tapi jangka waktunya cuman 20jam perminggu. Tapi ada yang bilang gk bisa. boleh bagi2 info soal ini.

    Mau tau dong cost living, makan, akomodasi perbulanny berapa? dan di kota apa ya bagusnya yang sesuai dengan budget anak kuliahan. hehehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Notify me of followup comments via e-mail. You can also subscribe without commenting.